Simak Tempat Wisata Terhits dan Terbaru di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan

tempat wisata di kabupaten banjar kalimantan selatan

Bangnanda.com - Nama banjar sendiri sudah sangat tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia, karena ada banyak sekali nama kota, kabupaten, dan kecamatan yang memiliki nama banjar. Namun untuk kali ini yang akan dibahas ialah kabupaten banjar yang terletak di provinsi kalimantan selatan. Kabupaten ini memiliki luas sekitar 4.668 km² dan jumlah penduduk sebanyak 555.611 jiwa dengan kepadatan penduduk sekitar 119 jiwa/km2. Suku banjar merupakan penduduk asli dari kabupaten ini dan menjadi penduduk paling banyak. Kabupaten banjar masuk kedalam calon wilayah metropolitan Banjar Bakula.calon wilayah metropolitan Banjar Bakula.

Seperti yang diketahui, pulau kalimantan menjadi salah satu pulau di indonesia yang sering banget dikunjungi oleh wisatawan, hal tersebut lantaran pesona alam yang terdapat di pulau ini tidak ada duanya. Ada banyak sekali berbagai jenis wisata yang dapat sobat temukan saat berkunjung ke pulau ini. Salah satu daerah yang memiliki pesona alam yang indah di pulau kalimantan ialah kabupaten banjar.

Di kabupaten banjar, sobat akan menemukan keseruan dan kesenangan yang sulit untuk dilupakan. Banyak wisatawan yang menjadikan kabupaten ini sebagai tempat pelabuhan, bahkan ada juga yang terpukau dengan pesona yang dimiliki oleh kabupaten ini. Berlibur ke kabupaten ini tidak akan membuat sobat menyesal. Hal tersebut lantaran sobat akan mendapati berbagai jenis wisata yang indah dan memanjakan mata di kabupaten ini. Berikut ini beberapa tempat wisata terhits dan terbaru di kabupaten banjar yang wajib untuk dikunjungi.

Simak Tempat Wisata Terhits dan Terbaru di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan


1. Waduk Riam Kanan

Keindahan yang tersaji di Waduk Riam Kanan dikatakan mampu menghipnotis mata para pengunjungnya untuk semakin berlama-lama saat berada di waduk ini. Waduk ini juga merupakan salah satu cagar alam yang ada di pulau kalimantan. Tempat ini tidak pernah sepi akan pengunjung, selalu saja ada pengunjung setiap harinya yang datang ke waduk ini.

Sobat akan menemukan banyak sekali spot foto cantik dan ciamik yang terdapat di Waduk Riam Kanan. Selain itu sobat juga bisa bertegur sapa dengan penduduk sekitar yang cukup ramah. Salah satu keunggulan lainnya dari waduk ini ialah lokasinya yang mudah diakses. Waduk Riam Kanan terletak di Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.

2. Alun – Alun Ratu Zalecha

Baik di kota manapun, alun-alun menjadi salah satu tempat terbaik untuk menongkrong di sore dan malam hari. Alun – Alun Ratu Zalecha merupakan tempat yang cukup terkenal di kabupaten bajjar dan disegani oleh warga sekitar. Banyak warga sekitar maupun luar kota datang ke alun-alun ini untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya. Sobat bisa menikmati suasana dari alun-alun ini sembari memakan jajanan kuliner yang ada disekitar alun-alun ini. Tempat ini juga cocok dijadikan sebagai tempat bersantai dan menenangkan pikiran. Lokasi dari Alun – Alun Ratu Zalecha berada di Jalan Ahmad Yani, Keraton, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar.

3. Hutan Kota Pinus Mentaos I

Pulau kalimantan dikenal memiliki wilayah hutan yang cukup luas, beberapa diantaranya ada yang dijadikan sebagai objek wisata salah satunya yaitu Hutan Kota Pinus Mentaos I yang terletak di Jalan Suriansyah Ujung, Mentaos, Kecamatan Banjarbaru Utara, Kabupaten Banjar. Wisata yang satu ini berbeda dengan wisata pinus seperti biasanya, di tempat ini ada banyak sekali spot foto yang instagramable.

Keindahan hutan ini bertambah karena dihiasi dengan berbagai payung warna-warni yang digantung dengan rapi di antara pohon pinus. Saat akan berkunjung ke tempat ini pastikan untuk mengajak orang tercinta, seperti keluarga atau pasangan karena suasana yang dihadirkan tempat ini sangat roamtis.

4. Bangku Kasmaran Lamunan

Bagi sobat yang suka melihat pemandangan indah dari ketinggian, maka tempat ini menjadi paling rekomended untuk dikunjungi. Tempat wisata yang satu ini cukup populer di kalangan anak muda, banyak pengunjung yang datang ke tempat ini karena penasaran dengan keindahan yang disajikan dari tempat ini, selain itu ada juga yang datang ke tempat ini untuk berfoto karena ada banyak sekali spot foto indah di tempat ini. Saking populernya tempat ini, ada pengunjung yang rela mengantri untuk bisa masuk dan menikmati wisata yang satu ini. Lokasi dari Bangku Kasmaran Lamunan berada di Bukit Batubini, Kandangan, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar.

5. Hutan Raya Sultan Adam mandiangin

Untuk dapat menikmati wisata yang satu ini sobat cukup membayar harga tiket masuk sekitar Rp. 5.000 saja. Suasana tenang dan damai akan sobat dapatkan saat berjalan-jalan di hutan sekitar. Jika sobat suka melakukan aktifitas luar ruangan salah satunya berkemah, maka di hutan ini sobat bisa melakukan kegiatan tersebut tanpa ribet membawa alat-alat kemah. Hal tersebut karena sudah disediakan oleh pihak tempat berkemah. Lokasi dari Hutan Raya Sultan Adam mandiangin berada di Mandi Angin Barat, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar. Selain berkemah, sobat juga bisa melakukan aktifitas seru lainnya saat berada di hutan ini seperti bersantai, berfoto, dan kegiatan seru lainnya.

6. Masjid Agung Al Karomah

Masjid Agung Al Karomah menjadi destinasi wisata terakhir yang rekomended untuk dikunjungi. Wisata religi yang satu ini terletak di Jalan A. Yani No.km, Pesayangan, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar. Setelah lelah menghabiskan waktu dengan menjelajahi wilayah banjar, alangkah baiknya sobat beristirahat sejenak sembari beribadah di masjid ini. Masjid ini terkenal karena memiliki gaya arsitekturnya yang apik. Perpaduan antara warna kuning dan biru membuat masjid ini terlihat begitu indah. Banyak pedagang yang bisa sobat temukan si sekitaran masjid ini.

Komentar