Inilah Tempat Wisata Terhits dan Paling Populer di Kabupaten Banyuasin

objek wisata terhits di banyuasin

Bangnanda.com - Banyuasin merupakan salah satu kabupaten di provinsi sumatera selatan dengan luas wilayah sekitar 11.833 km². Dulunya banyuasin merupakan bagian dari Kabupaten Musi Banyuasin sebelum akhirnya dimekarkan pada tahun 2002 melalui UU No. 6 Tahun 2002. Nama banyusin sendiri berasal dari sebuah sungai yang berada di daerah tersebut yang memiliki nama sungai banyuasin. Banyuasin sendiri terdiri dari dua kata, kata banyu merupakan istilah Bahasa Melayu Palembang yang merupakan perkataan pinjaman dari bahasa Jawa dan memiliki arti air sedangkan untuk kata sing sendiri merujuk pada kualitas air sungai tersebut yang masin rasanya.

Selain terkenal sebagai salah satu daerah penghasil sumber daya alam minyak bumi, gas, batubara dan mineral terbesar, banyuasin juga terkenal sebagai daerah yang kaya akan wisatanya. Banyak sekali wisata indah dan menarik yang bisa sobat temukan saat berkunjung ke kabupaten ini. Tentunya hal tersebut menjadi sebuah pertimbangan bagi sobat yang suka berwisata ke luar pulau. Berkunjung ke banyuasin tidak akan membuat sobat kecewa, lantaran sobat akan disuguhkan dengan keindahan alamnya yang mempesona. Bagi sobat yang penasaran dengan wisata apa saja yang ada di banyuasin, bisa sobat simak dibawah ini tempat wisata terhits dan paling populer di kabupaten banyuasin.

Inilah Tempat Wisata Terhits dan Paling Populer di Kabupaten Banyuasin


1. Taman Nasional Sembilang

Siapa sangka di kabupaten banyuasin terdapat sebuah taman nasional yang bernama Taman Nasional Sembilang. Taman nasional merupakan sebuah tempat dimana sebagian kekayaan alam indonesia berada. Untuk bisa sampai ke taman nasional ini sobat harus menggunakan kendaraan air karena lokasinya yang berada di perairan atau lebih tepatnya berada di Tanah Pilih, Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin.

Taman nasional ini memiliki luas sekitar 2051 kilometer persegi yang terdiri dari hutan rawa air tawar, hutan rawa gambut, dan hutan riparian. Di tempat ini sobat bisa menemukan berbagai habitat dari tumbuhan dan hewan, dengan begitu sobat juga bisa sedikit belajar mengenai habitat para hewan dan tumbuhan tersebut.

2. Danau Biru Banyuasin

Di banyuasing terdapat sebuah danau indah yang menawan yang bernama Danau Biru Banyuasin. Danau ini terletak di Air Batu, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin dan menjadi salah satu wisata terfavorit di kabupaten ini. Panorama alam yang dihadirkan danau ini tidak main-main, sobat akan dibuat terpukau dengan keindahan dari danau ini. Saat berada di danau ini sobat tidak akan merasa panas lantaran lokasinya di penuhi oleh pohon-pohon rindang. Di danau ini terdapat juga sebuah bukit-bukit kapur yang biasa digunakan untuk berfoto oleh para pengunjung danau ini. Saat akan mengunjungi danau ini pastikan pada saat cuaca cerah.

3. Kampung Nelayan Sungsang

Wisata yang satu ini cukup unik lantaran sobat bisa mengamati bagaimana kehidupan waga sekitar. Tak hanya itu, sobat juga bisa berinteraksi langsung dengan warga sekitar yang tentunya sangat ramah. Kampung Nelayan Sungsang sendiri berada di Desa Sungsang, Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin. Bagi sobat yang sedang mencari oleh-oleh untuk dibawah pulang, mungkin datang ke kampung ini merupakan pilihan yang tepat.

Di tempat ini sobat akan melihat aktifitas warga sekitar yang dimana tiap paginya mereka menjajakan dan lelang ikan, udang dan hasil laut. Tak hanya mengamati aktifitas warga sekitar saja, di tempat ini sobat juga bisa melakukan hal seru seperti memancing, melihat sunset dan melihat sunrise.

4. Pulau Ekor Tikus

Pulau yang satu ini memiliki nama yang cukup unik yakni Pulau Ekor Tikus, hal tersebut lantaran bentuknya yang mirip dengan ekor hewan tikus. Namun siapa sangka keindahan yang terdapat di pulau ini tidak main-main, beberapa orang bahkan menyamakan tempat ini dengan raja ampat yang ada di papua. Sobat bisa mengajak keluarga, pasangan ataupun kawan saat akan datang ke pulau yang satu ini. Pulau ekor tikus sendiri terletak di kawasan wilayah Desa Sungsang, Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin. Pulau ini menjadi tempat tinggal para udang dan ikan. Di pulau ini juga terdapat sebuah hutan bakau yang bisa sobat telusuri dan nikmati keindahannya.

5. Danau Air Batu

Perlu sobat ketahui, kabupaten banyuasin memiliki banyak sekali wisata danau yang indah dan terkenal. Selain danau biru banyuasin ada juga Danau populer lainnya yang jadi wisata andalan di kabupaten ini, yakni danau Danau Air Batu yang terletak di Air Batu, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin. Danau ini pernah ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh danau terindah di Indonesia, hal tersebut tentunya menjadi kebanggan tersenditi bagi masyarakat kabupaten banyuasin. Hal unik lainnya dari danau ini ialah dulunya merupakan tanah bekas tambang yang akhirnya digenangi air. Cukup dengan membayar Rp. 5.000 maka sobat sudah bisa menikmati keindahan danau yang satu ini.

Komentar