7 Cara Menjadi Programmer Profesional yang Handal dan Terpercaya

cara menjadi programmer profesional

Bangnanda.com - Di era serba digital saat ini, programmer merupakan pekerjaan yang sangat diinginkan oleh banyak orang. Menjadi programmer tentunya memiliki banyak sekali keuntungan, salah satunya adalah bisa dikerjakan dimana saja, dan tetap santai, selain itu gaji seorang programmer juga terbilang cukup tinggi apalagi jika teman-teman memilih untuk menjadi programmer luar negeri. tentunya gaji yang akan didapatkanpun lebih tinggi lagi dibandingkan dengan gaji programmer yang ada di indonesia. Namun jalan untuk menjadi seorang programmer tentunya tidaklah mudah, ada tahapan-tahapannya tersendiri dan beberapa hal yang harus dipelajari.

Untuk bisa menjadi seorang programmer teman-teman bisa melalui jalur otodidak dengan cara melihat tutorial-tutorial video, membaca buku-buku mengenai dunia programmer, ataupun mengikuti ecourse-ecourse berbayar. Selain melalui jalur otodidak, teman-teman juga bisa melalui jalur perkuliahan dengan mengambil jurusan seputar programmer seperti Teknik Informatika, ataupun manajemen informatika. Kedua cara diatas merupakan tahap awal dalam perencanaan untuk menjadi seorang programmer, karena pada tahapan selanjutnya teman-teman akan melalui jalan sebenarnya untuk menjadi seorang programmer. Berikut ini cara menjadi programmer profesional yang handal dan terpercaya.

7 Cara Menjadi Programmer Profesional yang Handal dan Terpercaya


1. Memahami Istilah-istilah Dalam Dunia Programming

Jalan awal untuk menjadi seorang prgrammer ialah memahami istilah-istilah dalam dunia programming. Ada banyak sekali istilah-istilah yang harus teman-teman pahami dalam dunia programming, seperti variabel, debugging, tipe data, maintenance, flowchart, algoritma, user interface, user experience, dan istilah-istilah lainnya. Mungkin dari teman-teman ada yang bertanya, mengapa harus memahami istilah-istilah tersebut ? ya alasanya adalah karena istilah-istilah di atas pasti akan sering teman-teman dengar ketika baru terjun dalam dunia programming. Sehingga apabila teman-teman mempelajarinya sekarang jadi teman-teman tidak akan asing lagi dengan istilah-istilah di atas.

2. Pilih Salah Satu Bahasa Programmer

Bagi teman-teman yang masih pemula dan baru mendengar dunia programmer, jika teman-teman ingin menjadi seorang programmer cobalah untuk memilih satu bahasa pemrograman terlebih dahulu. Cobalah fokus dan kuasai satu bahasa pemrograman yang teman-teman pilih, hal tersebut dikarenakan agar teman-teman tidak pusing dan terbebani oleh sekian banyaknya bahasa pemrograman. Jika teman-teman sudah menguasai satu bahasa pemrograman yang dpilih, teman-teman tidak akan merasa sulit lagi saat akan mencoba bahasa pemrograman baru. Karena hampri semua bahasa pemrograman memiliki istilah-istilah yang sama dan penulisan yang cukup mirip.

3. Saatnya Memulai Coding

Setelah teman-teman menentukan bahasa pemrograman apa yang pertama kali akan dikuasai, langkah selanjutnya yang wajib teman-teman lakukan adalah memulai coding. Dengan memulai teman-teman sudah berada satu langkah menuju programmer profesional. Ada banyak sekali metode belajar pemrograman saat ini diantaranya mengikuti bootcamp, mengikuti kursus offline maupun online, kursus berbayar, dan secara otodidak melalui buku cetak, ebook, video tutorial.

4. Membuat Program Sederhana

Jika teman-teman sudah menguasai dasar-dasar dari sebuah bahasa pemrograman, maka cobalah untuk membuat beberapa program sederhana. Hal ini wajib teman-teman lakukan agar teman-teman terbiasa di masa depan nanti. Jika teman-teman tidak memprktekannya maka ilmu yang teman-teman pelajari tidak berarti apa-apa. Beberapa program sederhana yang bisa teman-teman buat diantaranya yaitu aplikasi kalkulator, konversi uang, konversi suhu, pemesanan makanan, membuat bangun datar dengan segala arah, dan lain-lain.

5. Bergabung Dengan Komunitas dan Forum

Mengapa teman-teman diwajibkan untuk bergabung dengan komunitas dan forum ? Alasan yang paling utama dari pertanyaan diatas adalah agar teman-teman bisa sharing ilmu dan bertanya jawab dengan programmer-programmer lainnya. Jadi apabila teman-teman sedang mengerjakan sebuah program dan mengalami kendala eror maka teman-teman bisa menenyakan bagian mana yang eror pada program yang sedang teman-teman buat. Hal ini juga secara langsung akan membuat wawasan dan pengetahuan teman-teman akan bertambah. Cobalah untuk bergabung dengan forum-forum progrramer baik yang ada di indonesia maupun di luar negeri.

6. Cari Project Via Situs Online

Saat ini ada banyak sekali situs-situs online untuk melatih kemempuan para programmer awam, hal ini tentunya menjadi keuntungan bagi teman-teman yang baru mengenal istilah prkodingan. Jika teman merasa kemempuan yang teman miliki sudah cukup untuk berindustri di dunia programming maka cobalah untuk mengerjakan projek-projek atau mengembangkan sebuah aplikasi dari situs-situs online. Hal ini wajib teman-teman lakukan agar skill, ilmu, dan pengalaman programming yang teman-teman miliki sekarang semakin terasah dan semakin matang. Jika teman-teman hanya berdiam diri saja, maka kemempuan yang teman-teman miliki tidak akan terasah dan ilmu programming teman-teman tidak akan bertambah.

7. Belajar Tanpa Henti

Jika ingin menjadi seorang programmer profesional, handal dan terpercaya, teman-teman tidak boleh untuk berhenti belajar. Teman-teman tidak boleh berpuas diri dengan kemempuan teman-teman sekarang. Karena jika teman-teman berpuas diri dengan kemempuan sekarang dan berleha-leha maka calon-calon programmer siap menyalip kemampuan teman bahkan melebihi kemempuan teman saat ini. Perlu teman-teman ketahui, bahwa setiap tahunnya dunia It selalu update dan pastinya ada hal-hal baru yang wajib untuk dipahami. Maka dari itu janganlah berhenti belajar dan selalu belajarlah akan hal-hal baru.

Komentar