7 Rekomendasi Tempat Wisata Murah dan Gratis di Kabupaten Badung Bali

tempat wisata murah dan gratis di kabupaten badung

Bagi yang pernah berkunjung ke balu mungkin sudah mengetahui nama daerah yang satu ini. Bagi yang belum pernah berkunjung ataupun yang belum tahu, badung merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi bali. Sebelum memiliki nama badung, dulunya kabupaten ini bernama nambangan, hingga akhirnya pada akhir abad ke 18 diganti oleh i gusti ngurah made pamecutan. Luas wilayah kabupaten badung yakni sekitar 418,6 km² dan memiliki jumlah populasi kurang lebih sebanyak 549.251 jiwa dengan angka kepadatan 1.310/km2. Kabupaten badung menjadi salah satu daerah terpadat yang ada di provinsi bali.

Seperti yang kita ketahui, saat hari libur panjang bali menjadi tempat terfavorit untuk liburan tak terkecuali dengan kabupaten badung. Kabupaten ini memiliki sederet destinasi wisata yang terkenal, tak hanya dalam negeri bahkan sudah ke mancanegara. Bahkan jika sobat datang ke daerah ini sobat akan mendapati banyak wisatawan asing yang berkeluyuran di pinggir jalan. Wisata-wisata di daerah ini sangat mengasikan dan memukau. Tak hanya wisata alamnya saja, ada juga wisata budaya dan sejarah yang menjadi destinasi wisata andalan di kabupaten ini. Berikut ini rekomendasi tempat wisata yang murah dan gratis di kabupaten badung yang wajib untuk dikunjungi.

7 Rekomendasi Tempat Wisata Murah dan Gratis di Kabupaten Badung Bali


1. Pantai Pandawa
wisata pantai pandawa

Meskipun pantai ini terhalang oleh tebing karang yang tinggi akan tetapi pantai ini merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh banyak wisatawan. Banyak wisatawan yang terpikat dengan pesona keindahan pantai ini. Hal inilah yang membuat tempat ini menjadi populer di kalangan wisatawan. Lokasi pantai pandawa sendiri berada di Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Banyak kegiatan seru yang dapat sobat dan keluarga lakukan ketika berada di pantai ini, seperti bermain air dan pasir, berfoto-foto hingga mencoba salah satu kegiatan yang cukup populer di tempat ini yaitu kano. Untuk harga tiket masuk ke tempat ini yaitu sekitar Rp. 8000/orangnya.

2. Jembatan Tukad Gantung

Pada dasarnya jembatan merupakan sebuah tempat untuk menyebrang dari daerah satu ke daerah lain. Awalnya jembatan ini tidak dibuka sebagai objek wisata, akan tetapi banyaknya pengunjung yang datang ke jembatan ini maka kini jembatan ini dibuka sebagai objek wisata. Jembatan Tukad Gantung menghubungkan 3 kabupaten dan menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto. Pasalnya jembatan ini menghadirkan pemandangan pulau bali dari atas jembatan. Untuk bisa menikmati wisata yang satu ini sobat tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Jembatan Tukad Gantung terletak di Jalan Catur, Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung.

3. Air Terjun Nungnung

Tempat wisata berikutnya yang menjadi rekomendasi ialah Air Terjun Nungnung. Seperti yang kita ketahui provinsi bali terkenal dengan pantai-pantainya yang menawan dan indah. Akan tetapi terdapat juga beberapa wisata alternatif yang dapat sobat coba salahg satunya adalah air terjun ini. Air Terjun Nungnung terletak di Belok/Sidan, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung dan memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan aliran air yang deras.

Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini karena tertarik dengan pesona keindahan air terjun nangnung yang masih terjaga dan masih sangat alami. Tempat ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat membuat pengunjung semakin nyaman. Harga tiket masuk ke tempat ini yakni Rp. 7500/orang.

4. Bumi Perkemahan Blahkiuh

Bagi sobat yang suka dengan kegiatan outdoor maka tempat wisata yang satu ini menjadi rekomendasi paling utama untuk dikunjungi. Tempat ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai sehingga membuat pengunjung tidak lagi ragu saat akan datang ke tempat ini. Untuk merasakan sensasi liburan yang menyenangkan, sobat bisa mengajak banyak teman sembari mendirikan tenda dan menikmati keindahan alam sekitar bumi perkemahan ini. Suasana damai dan tenang yang dihadrikan tempat ini dapat membuat rasa penat dan stress hilang dengan sendirinya. Lokasi Bumi Perkemahan Blahkiuh berada di lahkiuh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung.

5. Pura Taman Ayun Mengwi

Cukup membayar Rp. 10.000 saja sobat sudah bisa menikmati tempat ini dengan leluasa. Pura Taman Ayun Mengwi terletak di Jalan Ayodya No.10, Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Daya tarik tempat ini terdapat pada desain bangunannya yang menggunakan arsitektur khas Bali tempo dulu. Pura yang satu ini masih sering digunakan untuk kegiatan keagamaan dan pertunjukan seni. Saat berada di tempat ini sobat akan merasakan suasana sejuk dan dingin karena tempat ini dikelilingi oleh pepohonan dan bunga-bunga. Tak hanya itu terdapat juga sebuah kolam yang mengelilingi tempat ini yang menjadikan tempat ini terlihat semakin indah.

6. Sangeh Bali Monkey Forest
Sangeh Bali Monkey Forest

Sangeh Bali Monkey Forest merupakan sebuah taman hutan yang menjadi tempat tinggal ratusan monyet ekor panjang. Para monyet yang terdapat di tempat ini sudah jinak dan tahu akan kehadiran wisatawan. Namun pengunjung juga harus hati-hati dengan bawaaaan barangnya agar tidak hilang dibawa oleh para monyet. Alasan lain pengunjung datang ke tempat ini adalah untuk melihat keunikan dari pohon sule. Masyarakat bali menyebut pohon sule dengan sebutan pohon lanang wadon. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini membawa keluarganya, hal tersebut dikarenakan tempat ini menjadi destinasi wisata keluarga terbaik yang ada di kabupaten badung.

7. Desa Wisata Petang

Desa Wisata Petang menjadi tempat wisata terakhir yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Hawa sejuk dan dingin akan sobat rasakan saat berada di tempat ini karena tempat wisata yang satu ini berada di ketinggian 800 meter diatas permukaan laut. Suasana segar dan asri menjadi daya tarik utama dari wisata yang satu ini. Pengunjung bisa menyusuri sungai sembari berfoto-foto di desa ini. Selain disuguhkan dengan pemandangan pesawahan yang luas, wisatawan juga akan dibuat takjub dengan keindahan sungai ayung yang sering digunakan untuk olahraga rafting. Lokasi Desa Wisata Petang berada di Petang, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung.

Komentar