7 Tempat Wisata Terbaru di Padang Sumatera Barat yang Lagi Hits

tempat wisata di padang sumatera barat

Kota padang merupakan kota terbesar di pantai barat pulau sumatera sekaligus menjadi ibukota dari provinsi sumatera barat. Padang juga dikenal sebagai pintu gerbang barat indonesia dari samudra hindia. Kota padang memiliki wilayah yang cukup luas, yakni sekitar 695 km² dan dikelilingi olej perbukitan yang memiliki ketinggian sekitar 1853 meter diatas permukaan laut. Berdasarkan data badan pusat statistik tahun 2021, jumlah populasi di kota padang yakni sebanyak 909.040 jiwa dan memiliki angka kepadatan penduduk sekitar 1.310,50/km2. Kota padang terbagi menjadi 11 kecamatan dan 104 kelurahan.

Nama padang sendiri sudah terdengar tidak asing lagi di telinga masyarakat indonesia, satu hal yang menjadikan kota ini dikenal oleh masyarakat indonesia adalah karena masakanya yang memiliki cita rasa sedikit kepedas-pedasan. Banyak orang asli padang yang pergi keluar pulau dengan mendirikan rumah makan, yang bisa kita kenal dengan rumah makan padang. Bagi sobat yang sering mampir ke rumah makan padang, mungkin sobat penasaran akan tempat yang bernama padang tersebut dan menjadi tertarik untuk mengunjunginya.

Perlu sobat ketahui bahwa berlibur di kota padang merupakan pilihan yang tepat, selain bisa mencicipi hidangnya langsung di kota tersebut, sobat juga akan dibuat terpana dengan keindahan kota ini. Banyak sekali destinasi wisata indah dan menarik yang wajib sobat kunjungi saat berada di kota ini. Berikut ini deretan tempat wisata terbaru di padang yang lagi hits dan sayang untuk dilewatkan.

7 Tempat Wisata Terbaru di Padang Sumatera Barat yang Lagi Hits


1. Pantai Pasumpahan

Salah satu tempat wisata yang ramai menjadi perbincangan setiap tahunya ialah Pantai Pasumpahan. Wisata bahari yang satu in digadang-gadang sebagai pulau maldives indonesia. Pantai Pasumpahan terletak di Jalan Sungai Pisang, Teluk Kabung Selatan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Kombinasi air laut yang jernih dengan pasir pantainya yang bersih menjadikan daya tarik akan tempat ini. Bagi sobat yang penat dengan suasana perkotaan, berkunjung ke tempat ini merupakan pilihan yang tepat. Selain menikmati keindahan pantai yang satu ini sobat juga bisa bertegur sapa dengan penduduk lokal yang tinggal di sekitar pantai.

2. Pantai Air Manis

Wisata selanjutnya yang tidak kalah populer adalah Pantai Air Manis. Bahkan tempat wisata ini menjadi perbincangan warganet di media sosial. Pantai Air Manis terletak di Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Salah satu yang menjadikan pantai ini terkenal adalah sejarah malin kundang yang dikutuk oleh ibunya menjadi batu. Sobat juga bisa menjumpai batu yang dipercaya sebagai malin kundang yang dikutuk oleh ibunya. Selain terkenal akan kisah legendanya, pantai ini ramai dikunjungi karena memiliki panorama alam yang indah serta fasilitas yang lengkap yang memudahkan para pengunjungnya.

3. Kota Tua Padang

Wisata kota tua tak hanya terdapat di jakarta saja, di padang pun terdapat wisata tersebut yang menawarkan suasana vintage tak kalah indah. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Banyak bangunan gaya tempo dulu yang bisa sobat temui saat berjalan-jalan di tempat ini. Kota tua padang menjadi lokasi hunting foto terbaik di kota padang, bahkan tempat ini sering kali dijadikan sesi foto pre wedding. Tempat wisata yang satu ini menjadi wilayah cagar budaya yang harus terus dijaga dan dilestarikan.

4. Air Terjun Sarasah

Di kota padang terdapat sebuah wisata air terjun yang cukup ramai dikunjungi oleh para pengunjung, terlebih di hari libur. Salah satu wisata air terjun yang cukup populer dan ternama di kota ini adalah Air Terjun Sarasah. Air terjun ini berlokasi di Jalan Koto Baru, Indarung, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Masyarakat kota padang menyebut tempat ini dengan sebutan Sarasah Barasok, sarasah berarti air terjun, sedangkan barasok memiliki makna berasap. Jika digabungkan maka memiliki airti air terjun berasap.

Alasan warga sekitar menyebut dengan sebutan tersebut karena jika air terjun ini dilihat dari kejauhan akan tampak seperti berasap. Hal tersebut dikarenakan debit aliran air yang mengucur begitu keras dan setinggi 20 meter. Banyak keindahan alam yang tersaji di air terjun ini. Bagi sobat yang suka dengan petualangan maka wisata yang satu ini sangat cocok dan menjadi rekomendasi paling utama.

5. Pulau Sikuai

Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk menenangkan diri karena sobat akan disajikan dengan panorama alam yang asri dan alami sekaligus menciptakan suasana yang tenang dan damai. Bagi sobat yang sudah memiliki pasangan atau memiliki rencana bulan madu tetapi belum memiliki tujuan, maka pulau sikuai menjadi tempat yang paling cocok. Luas pulau sikuai hanya sekitar 44,4 hektar akan tetapi hanya 2,4 hektar saja yang digunakan sebagai destinasi wisata. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Teluk Kabung Selatan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

6. Jembatan Siti Nurbaya

Nama siti nurbaya sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat indonesia. Ia merupakan seorang tokoh fenomenal di indonesia yang kisahnya sudah menyebar ke penjuru negeri membuat namanya diabadikan menjadi sebuah jembatan. Jembatan Siti Nurbaya terletak di Jalan Kampung Batu, Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk menikmati wisata ini, banyak orang-orang yang datang ke jembatan ini untuk berfoto sekaligus menikmati kuliner yang ada di sekitarnya yang menjajakan aneka macam makanan. Salah satu makanan yang wajib sobat coba saat berkunjung ke jembatan ini yaitu roti bakarnya.

7. Museum Adityawarman

Berwisata di kota padang akan kurang rasanya jika sobat melewatkan Museum Adityawarman begitu saja. Museum yang terletak di Jalan Diponegoro Nomor 10, Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang merupakan salah satu wisata sejarah dan edukasi yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Museum yang dibangun 1974 ini menyimpan banyak sekali benda bersejarah yang sampai saat ini masih terjaga kelestariannya. bagi sobat yang menyukai sejarah sobat harus banget untuk berkunjung ke museum ini.

Komentar