8 Tempat Wisata di Yogjakarta yang Paling Hits dan Terkenal Selain Candi Borobudur

8 Tempat Wisata di Yogjakarta yang Paling Hits dan Terkenal Selain Candi Borobudur

Daerah Istimewa Yogjakarta merupakan provinsi di indonesia yang berada di pulau jawa, tepatnya di bagian selatan pulau jawa. provinsi ini berbatasan langsung dengan samudra hindia karena berdekatan dengan lautan, dan dibagian daratan provinsi ini berbatasan dengan jawa tengah. Provinsi yang diresmikan pada tahun 1950 ini memiliki luas sebesar 3.133,15 km persegi. dengan jumlah penduduk mencapai 3,6 juta jiwa lebih. Kota Yogjakarta menjadi ibukota sekaligus pusat pemerintahan provinsi ini. Seperti yang diketahui, kota yogjakarta merupakan salah satu kota terbesar di indonesia.

Selain menjadi salah satu kota terbesar di indonesia, kota yogjakarta juga menyimpan banyak tempat wisata yang indah dan cukup terkenal, salah satunya candi borobudur. Kepopuleran candi borobudur bahkan samapi terdengar di telinga wisatawan asing. Banyka sekali wisatawan asing yang berdatangan ke yogjakarta untuk melihat candi borobudur sekaligus untuk berlibur. Maka tidak sedikit orang asing yang berkeliaran di yogjakarta.

Candi borobudur sendiri sudah menjadi ikonik bagi masyarakat kota yogjakarta. Selain itu candi borobudur juga sudah diakui dunia dan masuk dalam 7 keajaiban dunia. Akan tetapi perlu sobat ketahui, yogjakarta juga memiliki tempat-tempat wisata lainya yang tidak kalah menarik dan populer. Ada sekitar puluhan bahkan ratusan tempat wisata yang tersebar di provinsi ini. Jika sobat merasa bosan dengan borobudur dan ingin melihat hal baru lainya, mungkin sobat perlu mencatat di bawah ini beberapa tempat wisata di yogjakarta yang paling hits dan terkenal selain candi borobudur.

8 Tempat Wisata di Yogjakarta yang Paling Hits dan Terkenal Selain Candi Borobudur


1. Kaliadem

Kaliadem merupakan salah satu tempat berfoto terbaik di yogjakarta. Tempat ini seringkali di datango oleh anak-anak muda maupun pelajar, adapun orang dewasa dan remaja. Tempat wisata ini merupakan sebuah kawasan hutan pinus dengan luas 35 hektare dan berada pada ketinggian 1100 meter diatas permukaan laut. Wisata kaliadem terletak di desa kapuharjo, cangkringan, sleman. Tempat ini berjarak kurang lebih sekitar 25 sampai 30 km dari kota yogjakarta.

Kawasan kaliadem dikenal dengan keindahan alamnya yang indah serta keeksotisan alamnya yang masih terjaga dengan baik. Selain itu udara di kawasan ini sangat sejuk dan juga bersih. Salah satu alasan kenapa tempat ini cukup terkenal adalah pemandangan gunung merapi yang terlihat cukup jelas. Sobat bisa berfoto dengan latar belakang gunung merapi di tempat ini. Selain itu juga sobat bisa belajar banyak tentang sejarah letusan gunung merapi.

2. Pantai Nguluran

Pantai nguluran merupakan salah satu pantai yang terkenal dan banyak di datangi orang di yogjakarta. pantai ini berlokasi di girikarto, kecamatan panggang, kabupaten gunung kidul, yogjakarta. pantai ini memiliki banyak tempat spot foto yang indah atau di kenal dengan instagramable, diantara banyaknya spot foto di tempat ini salah satu yang paling mencolok dan menjadi tempat terfavorit pengunjung  adalah teras kacanya.

Jika di kaliadem terkenal dengan latar belakang gunung merapinya, maka di pantai nguluran foto sobat akan berlatar belakang lautan yang luas. Tarif yang harus sobat keluarkan untuk memasuki teras kaca adalah Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000 saja setiap orangnay dengan durasi yang ditentukan. Daya tarik tempat wisata ini bukan hanya dari teras kacanya saja, ada juga beberapa tempat menarik lainya yang bisa sobat datangi dan nikmari, beberapa diantaranya Glass boat, jogja swing, becak terbang, giant chair, giant teras, dan fly gliding. Perlu sobat ketahui juga tarif untuk memasuki dan menikmati tempa-tempat tersebut berbeda setiap tempatnya.

3. Museum Ullen Sentalu

Jika sobat ingin mengenal sejarah dan tertarik akan beberapa karya seni, mungkin museum ullen sentalu bisa menjadi destinasi yang perlu sobat kunjungi. Museum ini terletak di kecamatan pakem, kabupaten sleman, yogjakarta. Perlu sobat ketahui, nama Ullen Sentalu sendiri merupakan sebuah singkatan “Ulating blencong sejatine tataraning lumaku”. Museum Ullen Sentalu sendiri bukan tergolong wisata baru.

Di tempat ini sobat bisa melihat dan menemukan berbagai karya seni dari seniman-seniman jogja di masa lalu, selain itu juga sobat bisa belajar sejarah tentang kerajaan mataram dan peritiwa-peristiwa yang terjadi di masa lalu. Perlu sobat ketahui, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya kutipan tersebut merupakan sebuah kutipan milik bung karno.

4. Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo adalah wisata yang sedang hits dan naik daun di yogjakarta. Seperti namanya mangrove, hutan ini berupa kawasan mangrove atu bakau yang terletak di desa pasir mendit temon. Pada awalnya tempat wisata ini merupakan kawasan yang biasa saja, akan tetapi berkat kesadaran dari beberapa warga tentang potensi wisata mangrove, kemudian mereka sepakat untuk mengelola kawasan magrove ini menjadi tempat wisata yang cukup terkenal sekarang ini.

Di tempat ini sobat bisa mengelilingi hutan mangrove sembari berfoto dan menikmati keindahan sekitar. Untuk memasuki dan menikmati tempat wisata ini pun cukup murah, sobat hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 5.000 saja setiap orangnya. Jika sobat ingin menikmati keindahan lebih tempat ini, maka cobalah datang ke tempat ini saat waktu petang hari, karena di kala itu sobat akan melihat keindahan senja di kawasan mangrove ini.

5. Taman Pelangi

Tempat wisata hist dan terkenal lainya berada di utara jogjakarta tepatnya di Jalan. Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Selain alun-alun gunung kidul dan malioboro, ada juga tempat ramai lainya yang banyak dikunjungi oleh orang-orang yakni taman pelangi. Untuk memasuki tempat ini, sobat cukup sediakan uang sekitar Rp. 15.000 pada hari biasa danRp. 20.000 pada saat libur. Tempat ini menjadi sasaran bagi para wisatawan lokal.

Jika sobat ingin melihat dan menikmati keindahan tempat ini, maka cobalah datang pada malam hari. Karena di waktu ittu tempat ini akan di penuhi dan dihiasi oleh lampion-lampion yang menyala yang menerangi jalanan. Selain itu, tempat ini juga dipenuhi oleh orang-orang yang pergi dengan pasanganya, karena tempat ini menawarkan romantisme yang cukup kuat. Nah bagi sobat yang ingin mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk membawa pasanganya pula agar kesanya lebih bermakna.

6. Tebing Breksi

Tebing breksi merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di kabupaten sleman, tepatnya di Gunung Sari, Sambirejo, Kecamatan Prambanan. awal tempat ini menjadi populer dan terkenal pada tahun 2016 silam bahkan sekarang pun tak sedikit pengunjung yang berdatangan untuk melihat tempat ini. Tebing breksi sendiri terbentuk sekitar jutaan tahun yang lalu.

Di tempat ini sobat bisa melihat dan menikmati tebing yang terukir serta relief-relief yang menghias tebing-tebing tersebut. Selain itu, sobat bisa menikmati keindahan tebing breksi di 3 waktu yang berbeda, yakni pagi hari di kala matahari terbit, di sore hari dikala matahari terbenam, dan di malam hari di kala di terangi oleh lampu. Ketiga waktu tersebut merupakan waktu yang tepat untuk melihat dan menikmati keindahan tebing ini.

7. Kalibiru Kulon Progo
8 Tempat Wisata di Yogjakarta yang Paling Hits dan Terkenal Selain Candi Borobudur

Kalibiru Kulon Progo berlokasi di bagian barat yogjakarta, tepatnya di daerah kabupaten kulon progo. Kalibiru sendiri merupakan sebuah wisata alam yang bertemakan hutan yang berada pada ketinggian 450 meter diatas permukaan laut. Hutan di tempat ini juga masih terjaga kelestarianya karena dikelola langsung oleh masyarakat yang ada di daerah tersebut, berkat masyarakat itu juga hutan ini dijadikan objek wisata alam yang indah dan menarik.

Jika sobat suka melihat pemandangan-pemandangan dari atas ketinggian, maka tempat yang satu ini cocok banget untuk sobat. Sobat bisa melihat kawasan hutan serta pegunungan dan perbukitan yang terpampang luas di depan mata. Selain itu juga, di tempat ini sobat bisa melakukan hal-hal lainya seperti flying fox dan trakking.

8. Kebun Teh Nglinggo

Berfoto sembari menikmati keindahan kebun teh merupakan momen yang cukup menyenangkan di dalam hidup apalagi di temani oleh orang tercinta kita, maka susana yang dihadirkan pun akan terasa romantis. Di jogjakarta sendiri ada sebuah kebun teh yang cukup populer dan lumayan terkenal yaitu kebun teh nglinggo. Kebun teh ini berlokasi di daerah Samigaluh, Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kulon Progo.

Hawa sejuk dan hamparan hijau perkebunan teh menjadikan tujuan utama orang untuk berwisata ke tempat ini. Selain itu juga, di tempat ini kita bisa melihat beberapa puncak gunung dengan jelas. Bagi sobat yang ingin melihat matahari terbit di perkebunan ini, sobat bisa bermalam di penginapan yang di sediakan. 

Belum ada Komentar untuk "8 Tempat Wisata di Yogjakarta yang Paling Hits dan Terkenal Selain Candi Borobudur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel