8 Destinasi Wisata di Banten Terbaik Cocok untuk Liburan Keluarga

8 Destinasi Wisata di Banten Terbaik Cocok untuk Liburan Keluarga

Banten merupakan salah satu provinsi di tatar pasundan, dan terletak di wilayah paling barat oulau indonesia. Sebelumnya provinsi banten merupakan bagian dari provinsi jawa barat, akan tetapi pada tahun 2000 terjadi pemekaran wilayah. Ibukota provinsi banten sekaligus pusat utama kota provinsi ini adalah serang. Luas wilayah provinsi banten yakni sekitar 9.663 km² dengan angka kepadatan penduduk mencapai 13 juta jiwa lebih pada tahun 2020. Banten menjadi penghubung antara pulau jawa dan sumatra.

Provinsi banten terkenal akan potensi lautnya, dengan begitu banyak sekali pelabuhan yang ada di provinsi ini. Salah satu pelabuhan yang sedang berkembang dan dalam tahap pembangunan adalah pelabuhan The Port Of Banten di wilayah Anyer. Suku asli penduduk dari provinsi ini adalah suku baduy, suku baduy merupakan suku asli sunda banten. Tempat tinggal Suku baduy sendiri berada di kawasan cagar budaya pengunungan kendeng dengan luas wilayah 5.101,85 hektare di daerah Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

Selain memiliki potensi akan lautnya, banten juga memiliki banyak sekali tempat wisata populer terutama di pantainya. Akan tetapi banten juga memiliki objek wisata menarik lainya yang wajib untuk dikunjungi. Tempat-tempat wisata tersebut di kategorikan sebagai tempat wisata terbaik yang ada di banten. selain itu sobat juga bisa mengajak pacar, saudara, maupun keluarga untuk berlibur di tempat-tempat tersebut. Di bawah ini ada beberapa destinasi wisata terbaik yang ada di banten yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Sobat bisa simak dengan tenang dan juga nyaman.

8 Destinasi Wisata di Banten Terbaik Cocok untuk Liburan Keluarga

1. Pantai Anyer
8 Destinasi Wisata di Banten Terbaik Cocok untuk Liburan Keluarga

Seperti yang sudah dikatakan kalau banten terkenal akan potensi dan wisata alam lautnya, salah satu pantai yang terkenal di provinsi banten adalah pantai anyer. Pantai ini berlokasi di Jalan Raya Anyer, Sindanglaya, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Pantai anyer merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit di banten. Untuk memasuki pantai ini tidak memerlukan uang yang besar, sobat hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000 saja, dengan begitu sobat sudah bisa menikmati pantai ini.

Pantai anyer juga banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan, baik lokal maupun asing, apalagi jika di hari libur, pantai ini selalu dipadati oleh banyak orang. Tempat ini cocok digunakan untuk liburan bersama keluarga. Alasan banyak orang berkunjung ke pantai ini adalah karena pantai anyer memiliki pasir yang bersih putih serta halus. Banyak aktifitas yang bisa sobat lakukan di pantai ini seperti berenang, berselancar, menyelam, bermain pasir, dan berolahraga air. Gimana ? apakah sobat tertarik untuk mengunjungi pantai yang satu ini.

2. Pantai Tanjung Lesung

Keindahan dan ketenaran pantai tanjung lesung juga tidak kalah jauh jika dibandingkan dengan pantai anyer. Pantai tajung lesung juga memiliki keindahan yang mempesona. Air lautnya yang jernih di tambah dengan pasir putih pantainya yang bersih membuat sobat menjadi betah dan ingin menghabiskan banyak waktu di pantai ini. Pantai Tanjung Lesung terletak di desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Berbeda dengan pantai anyer, untuk memasuki pantai ini sobat harus mengeluarkan uang yang cukup lumayan, yaitu sekitar Rp. 25.000 untuk hari biasa dan Rp. 40.000 untuk hari libur.

Untuk mencapai pantai ini sobat memerlukan waktu sekitar 3 jam lebih jika dari jakarta. Jika sobat ingin berkunjung ke pantai ini, diharaokan juga sobat berkunjung ketika sedang tidak musim hujan. Karena jika sobat berkunjung ke pantai saat musim hujan, ombak-ombak di pantai ini lumayan cukup besar. Maka dengan begitu sobat harus berhati-hati apabila berkunjung ke pantai ini di waktu musim hujan. Alasan banyak orang berkunjung ke pantai ini adalah karena memiliki daya tariknya tersendiri, salah satu yang menjadi saya tarik pantai ini adalah hamparan pasir putihnya yang panjang.

3. Kampung Baduy
8 Destinasi Wisata di Banten Terbaik Cocok untuk Liburan Keluarga

Kampung baduy sendiri berlokasi di lebak banten. Tempat ini menjadi salah satu tempat tinggal suku baduy. Suku Baduy merupakan penduduk asli dari provinsi banten. Kampung baduy ini adalah salah satu destinasi yang wajib banget untuk di kunjungi. Di tempat ini kita bisa berinteraksi langsung dengan penduduk kampung ini sembari sedikit bertanya-tanya, dengan begitu selain berwisata kita juga tentunya bisa belajar tentang bagaimana cara penduduk kampung baduy bertahan hidup, bagaimana cara mereka mempertahankan adatnya, dan tentunya bagaimana pola kehidupan masyarakat baduy. Suku baduy sendiri terbagi menjadi 2 macam ada yang menolak dunia luar dan ada yang lebih terbuka pada dunia luar.

4. Pantai Sawarna
8 Destinasi Wisata di Banten Terbaik Cocok untuk Liburan Keluarga

Selain pantai anyer dan pantai tanjung lesung, banten juga memiliki pantai indah lainya yaitu pantai sawarna. Lokasi pantai sawarna berada di desa sawarna, desa sawarna sendiri merupakan desa yang berada di pesisir pantai. Keindahan pantai ini tidak main-main, apalagi jika di lihat pada saat matahri terbit maupun terbenam. Untuk memasuki pantai ini juga cukup murah, sama halnya untuk memasuki pantai anyer sobat hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000 saja setiap orangnya. Pantai sawarna memiliki 7 pantai yang berbeda yang dimana setiap pantainya memiliki keunikan yang berbeda.

Banyak wisatawan asing yang berkunjung ke pantai ini untuk bermain selancar. Hal ini dikarenakan ombak di pantai ini cukup lumayan besar sehingga sangat cocok untuk digunakan berselancar. Selain itu juga terdapat banyak penginapan di sekitar pantai apabila sobat berniat menghabiskan banyak waktu di pantai ini. Fasilitas di pantai ini juga sudah terbilang memadai jika di bandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya.

5. Danau Tasikardi

Danau tasikardi merupakan objek wisata yang terletak di desa masrgasana, kecamatan kramatwatu, kota serang, provinsi banten. Danau tasikardi di ambil dari kata bhasa sunda kuno yang berarti "Danau Butan". Danau ini memiliki luas kurang lebih sekitar 5 hektare dengan bagian dasar danau dilapisi oleh ubin batu bata. Danau ini memiliki sejarah yang cukup panjang dan merupakan situs peninggalan kesultanan banten. Meskipun danau ini termasuk danau buatan, akan tetapi memiliki pemandangan yang cukup eksotis.

Hal-hal yang bisa sobat lakukan ketika berada di tempat ini diantaranya yaitu berkemah, memancing, bermain perahu, serta melakukan kunjungan ke tengah pulau yang dimana merupakan peninggalan sultan banten. Tentunya wisata danau ini sangatlah cocok untuk liburan keluarga. Suasana yang damai dan tenang tentunya membuat momen sobat dengan keluarga menjadi lebih bermakna.

6. Pulau Sangiang

Salah satu destinasi wisata di banten yang tidak boleh anda lewatkan adalah pulau sangiang. Pulau sangiang memiliki pantai yang cantik dan menawan disertai dengan pasir pantainya yang putih dan juga bersih, sehingga sobat harus benar-benar untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Lokasi pulau sangiang berada di selat sunda, diantara pulau jawa dan sumatra. Untuk memasuki tempat wisata ini, sobat harus mengeluarkan lumayan banyak uang yakni Rp. 100.000 karena pulau sangiang merupakan destinasi wisata yang dikembangkan oleh swasta. Maka tak heran jika uang yang harus dikeluarkan juga lumayan cukup banyak.

Agar bisa sampai di pulau sangiang, sobat harus menyewa sebuah perahu yang dimana kapasitas dari perahu tersebut hanya untuk 15 orang saja. Jadi sobat harus mengajak anggota keluarga sebanyak 15 orang agar sobat dan keluarga bisa menikmati pulau ini dengan seksama. Titik awal sobat dengan keluarga ketika menaiki perahu berada di pantai anyer. Dari pantai anyer sampai pulau sangiang membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Selama diperjalanan tentunya sobat akan menikmati keindahan laut yang menjulang luas.

Setelah sampai di pulau sangiang, banyak hal yang bisa sobat dan keluarga lakukan, diantaranya bersepeda, berkemah, menyelam, memancing, berjemur di bawah sinar matahari, hingga melihat sisa-sisa sejarah di masa lalu. Tentunya selain wisata alam, sobat juga bisa menikmati wisata bahari, wisata budaya, dan wisata ilmiah sehingga sobat akan mendapatkan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

7. Air Terjun Cihear

Salah satu objek wisata yang tidak kalah keren dengan wisata lainya adalah air terjun cihear. Sebenarnya ada banyak sekali air terjun di provinsi banten ini, akan tetapi air terjun cihear adalah air terjun yang cukup lumayan dikenal oleh banyak orang. Memang namanya tidak seterkenal pantai anyer, akan tetapi objek wisata ini cukup indah dan menarik seperti halnya pantai anyer. Air terjun ini berlokasi di antara Desa Cigobang dan Desa Ciladaeun Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, tepatnya berada di gunung leutik.

Sobat bersama keluarga akan dihadirkan dengan panorama indah dari air terjun ini. Selama perjalanan menuju air terjun cihear, sobat juga bisa menikmati berbagai keindahan alam dengan pemandangan yang indah.

8. Pemandian Air Panas Cisolong

Setelah melakukan perjalanan yang jauh, mungkin tubuh memerlukan istirahat dan tentunya juga badan terasa gerah. Maka tidak ada salahnya sobat untuk mengunjungi pemandian air panas yang satu ini. Pemandangan air panas cisolong berlokasi di desa sukamanah, kecamatan batu hejo, pandeglang. Tempat pemandian yang satu ini juga merupakan salah satu tempat terfavorit yang ada di banten. Pemandian ini selalu ramai di kunjungi oleh banyak orang khususnya pada hari libur.

Wisata pemandian air panas sendiri sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga, apalagi jika sedang melakukan perjalanan jauh yang tentunya badan akan terasa gerah. Dengan berendam di air panas badan akan kembali fit dan segar.

Belum ada Komentar untuk "8 Destinasi Wisata di Banten Terbaik Cocok untuk Liburan Keluarga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel