5 Tempat Wisata di Kabupaten Dharmasraya Paling Hits dan Terbaru Yang Tidak Boleh Terlewatkan

5 Tempat Wisata di Kabupaten Dharmasraya Paling Hits dan Terbaru Yang Tidak Boleh Terlewatkan

Bangnanda.com - Kabupaten Dhamasraya terletak di ujung tenggara provinsi sumatera barat dan memiliki luas sekitar 2.961 km². Dulunya kabupaten ini pernah menjadi ibukota dan pusat pemerintahan dari kerajaan melayu. Saat ini jumlah populasi dharmasraya yaitu sebanyak 220 ribu lebih jiwa dengan kepadatan 77 jiwa/km2. Selain itu kabupaten dharmasraya juga dulunya merupakan bagian dari kabupaten sijunjung. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Bungo, Kabupaten Kerinci, Kabupaten Tebo, Kabupaten Bungo, Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Jambi, dan Riau.

Selain kota padang, saat berkunjung ke sumatera barat jangan lupa juga untuk berkunjung ke dharmasraya. Kota padang memang terkenal akan wisatanya dan juga makanannya yang enak-enak, namun di dharmasraya juga terdapat hal yang serupa yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Kabupaten Dharmasraya menyimpan beragama pesona wisata yang memiliki panorama indah dan memukau. Tiap-Tiap tempat wisata di dharmasraya selalu memiliki ciri khasnya tersendiri dan juga keseruan yang ditawarkan berbeda-beda. Tanpa basa basi lagi berikut ini deretan tempat wisata di kabupaten dharmasraya paling hits dan terbaru yang tidak boleh terlewatkan.

5 Tempat Wisata di Kabupaten Dharmasraya Paling Hits dan Terbaru Yang Tidak Boleh Terlewatkan

1. Air Terjun Timbulun

Meskipun sangat sulit untuk dijangkau namun wisata air terjun cukup menarik dan juga ramai diperbincangkan oleh banyak orang. Salah satu air terjun yang cukup terkenal di dharmasraya yaitu Air Terjun Timbulun yang terletak di Jorong Kubang Panjang Kenagarian IV Koto, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya. Air terjun Timbulun bukanlah air terjun yang besar melainkan air terjun yang mini dan juga modern. Meskipun sudah ada sentuhan modern namun keindahan air terjun ini masih terjaga dengan baik. Bagi sobat yang suka dengan wisata air maka sobat wajib banget untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini bersama dengan keluarga.

2. Embung Kotoranah

Mungkin sobat akan sedikit terkejut dengan fakta yang satu ini, dulunya Embung Kotoranah merupakan daerah rawa yang tidak terawat, namun berkat campur tangan dari pemerintah sekitar dan juga warga-warga sekitarnya tempat ini disulap dari yang tadinya rawa yang tidak terawat menjadi salah satu wisata andalan dan favorit di dharmasraya. Lokasi dari Embung Kotoranah berada di Koto Ranah, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya. Selain digunakan sebagai tempat penampung air hujan, di tempat ini sobat juga bisa melakukan berbagai kegiatan seru yang menantang seperti menaiki balon udara.

3. Bukit Tambun

Tempat wisata berikutnya yang paling hits di dharmasraya yaitu Bukit Tambun. Bukit Tambun terletak di Sungai Kambut, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya. Tempat wisata yang satu ini cocok dikunjungi oleh sobat yang suka menjelajah dan berpetualang. Bukit Tambun juga sering dijadikan lokasi paralayang karena bukitnya cukup bersahabat. Jika sobat memiliki nyali yang cukup besar sobat bisa mencoba untuk melakukan aktifitas paralayang di bukit ini. Namun jika sobat merasa takut maka sobat cukup menikmati keindahan bukit yang satu ini sembari melihat orang-orang yang bermain paralayang.

4. Danau Hijau

Alasan mengapa danau ini disebut danau hijau adalah karena air pada danau ini berwarna hijau, hal tersebut dikarenakan akibat aktivitas plankton. Perlu sobat ketahui danau yang indah dan mempesona ini dulunya merupakan bekas galian tambang. Dulunya tempat wisata yang satu ini memang tidak terawat namun saat ini danau ini menjadi salah satu tempat wisata favorit dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal. Untuk lokasinya sendiri, danau hijau terletak di Sitiung IV, Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya.

5. Ngalau Cigak

Ngalau Cigak merupakan sebuah dataran tinggi yang menyajikan panorama indah dan bisa membuat jkedua bola mata terpukau. Namun untuk bisa melihat momen indah tersebut sobat harus datang ke tempat ini saat cuaca ceraah. Di tempat ini sobat akan disajikan dengan pemandangan sawah, lahan hijau, sungai, dan juga danau. Namun untuk bisa melihat semua pemandangan tersebut sobat membutuhkan sedikit perjuangan yang panjang dan lama. Jika sobat seorang pemula dalam hal mendakai maka perjalanan untuk bisa sampai ke puncak tempat ini sekitar 2 jam lebih, namun jika sobat sudah sering mendaki maka tempat ini bisa di capai dalam waktu 2 jam kurang. Lokasi Ngalau Cigak berada di Kampung Surau, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya.

Komentar