5 Rekomendasi Tempat Wisata di Demak Jawa Tengah Terbaru dan Paling Hits

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Demak Jawa Tengah Terbaru dan Paling Hits

Bangnanda.com - Demak merupakan salah satu kabupetan yang terletak di provinsi jawa tengah. Kabupaten ini memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 995,3 km² dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa, Kabupaten Jepara, Kabupaten Kudus, Kabupaten Grobogan, Kota Semarang, dan Kabupaten Semarang. Nama Demak sendiri diambil dari kata bahasa arab yaitu Dhima dan memiliki arti rawa. Hal tersebut lantaran tanah di demak tadinya tanah bekas rawa. Mimin yakin, pastinya sebagian besar dari sobat pernah mendengar nama demak. Hal tersebut dikerenakan demak merupakan salah satu kerajaan atau kesultanan yang lumayan terkenal di indonesia dan bisa sobat jumpai di buku-buku sejarah.

Selain terkenal karena menjadi pusat pemerintahan kerajaan Demak di masa lalu, Demak juga dikenal oleh banyak orang lantaran memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga ketika musim liburan. Mulai dari wisata alam hingga budaya bisa sobat temukan saat berkunjung ke demak. Demak sendiri berada di pesisis pantai sehingga memiliki banyak sekali wisata yang berhubungan dengan laut yang terntunya sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja. Saat memtuskan untuk liburan di demak, jangan lupa ada beberapa tempat yang wajib sobat dan keluarga kunjungi. Berikut ini rekomendasi tempat wisata di demak jawa tengah terbaru dan paling hits.

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Demak Jawa Tengah Terbaru dan Paling Hits

1. Hutan Mangrove Morosari

Menikmati keindahan hutan magrover bersama keluarga di akhir pekan menjadi pilihan yang paling tepat. Di demak sendiri ada sebuah wisata hutan mangrove yang lumayan cukup terkenal dan sering dikunjungi oleh banyak orang namanya yaitu Hutan Mangrove Morosari. Letak Hutan Mangrove Morosari berada di Tambaksari, Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Namun untuk bisa sampai ke tempat wisata yang satu ini sobat membuthkan sedikit perjuangan lantaran akses jalannya belum memadai sepenuhnya. Namun semua perjuangan tersebut akan terbayarakan dengan pemandangan asri dan spot foto yang menawan.

2. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak menjadi ikon pariwisata dari kabupaten demak sendiri karena bangunan ini berusia sekitar 500 tahun dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Berbeda dengan hutan mangrove morosari, akses untuk mencapai tempat ini sangat mudah karena dilewati oleh banyak sekali kendaraan. Masjid ini terkenal karena desain arsitektur unik yang menggambarkan harmoni antara Jawa dan Islam. Masjid ini juga biasa digunakan oleh orang-orang sebagai tempat peristirahatan setelah melakukan perjalanan jauh dan juga untuk ibadah. Lokasi Masjid agung demak berada di Kauman, Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak.

3. Kelenteng Hok Tek Bio

Selain Masjid Agung Demak, wisata religi dan budaya lainnya yang lumayan cukup terkenal di kabupaten demak dan wajib sobat kunjungi yaitu Kelenteng Hok Tek Bio. Kelenteng Hok Tek Bio terletak di Jalan Siwalan No.3, Stinggil, Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak. Kelenteng sendiri merupakan tempat ibadah umat Konghucu, ciri khas kelenteng biasanya yaitu memiliki ornamen warna merah dan bangunanya mirip dengan bangunan china. Pendiri dan juga sesepuh yang ada di Klenteng tersebut tidak keberatan jika tempat ibadah ini dibuka untuk umum, bagi teman-teman yang bukan beragama konghucu bisa mengunjungi tempat ini dengan catatan tidak menganggu orang yang sedang beribadah.

4. Pantai Tirangan

Tempat wisata berikutnya yang wajib sobat kunjungi ketika berlibur di demak adalah Pantai Tirangan. Pantai ini memiliki ombak yang tenang dan juga pasir pantainya yang lebut sehingga sobat bisa melakukan banyak hal ketika berada di pantai ini. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai ini yaitu pada pagi hari dan sore hari, karena disiang hari akan terasa sangat panas dan bisa membuat kulit sobat terbakar. Di pantai ini ada banyak sekali tenda dan warung makan sehingga jika sobat kelaparan sobat bisa mampir ke warung-warung tersebut. Untuk lokasinya sendiri Pantai Tirangan terletak di Desa Babalan, Kecamatan Wedung Kabupaten Demak.

5. Brown Canyon

Tidak perlu pergi ke amerika untuk melihat grand canyon, karena di demak sendiri terdapata sebuah wisata yang cukup mirip dengan grand canyon namanya yaitu Brown Canyon. Tempat wisata yang satu ini biasanya dikunjungi oleh para pecinta fotografi karena berbagai pemandnagan yang ada di tempat ini sangat indah dan menarik untuk difoto. Brown Canyon yang ada di Demak ini merupakan tebing yang terbentuk akibat dari pengikisan tanah dan batuan. Letak Brown Canyon berada di Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak.

Komentar