Rata-Rata Gaji Pegawai di Negara-Negara Asia Tenggara 2023

Rata-Rata Gaji Pegawai di Negara-Negara Asia Tenggara 2023

Bangnanda.com - Memiliki gaji atau upah yang tinggi merupakan impian bagi setiap orang. Banyak orang yang memilih untuk merantau ke daerah yang memiliki UMR tinggi karena gaji yang ditawarkan biasanya cukup tinggi, bahkan ada juga orang yang memilih untuk bekerja di luar negeri dengan alasan ingin mendapatkan gaji yang lebih besar. Hal tersebut memanglah benar, namun tentunya tidak mudah karena teman-teman akan mendapatkan banyak sekali tekanan dan juga teman-teman harus pandai dalam berkomunikasi dalam bahasa merek, jika teman-teman memiliki impian untuk bekerja di luar negeri cobalah untuk melatih bahasa inggris teman-teman karena hal tersebut sangatlah penting.

Beberapa waktu yang lalu kita dikagetkan dengan fenomena anak muda indonesia yang menganti kewarganegaraanya menjadi warga negara singapura. Alasan mengapa banyak warga indonesia yang pindah kewarganegaraan menjadi warga singapura adalah karena Peluang Kerja dan Karir yang Menjanjikan dan juga gaji rata-rata di singapura yang terbilang cukup tinggi. Fenomena tersebut mendapatkan banyak komentar positif dan juga negatif dari banyak orang.

Padahal rata-rata gaji di indonesia sendiri lumayan cukup besar dibandingkan dengan negara asean lainnya. Beberapa waktu yang lalu Wage Centre merilis daftar rata-rata gaji pegawai di negara asean. Menariknya indonesia berada di posisi ketiga. Berikut ini daftar rata-rata gaji di negara asia tenggara di tahun 2023.

Rata-Rata Gaji Pegawai di Negara-Negara Asia Tenggara 2023

1. Singapura

Meskipun merupakan negara kecil namun singapura menjadi salah satu negara maju di kawasan asia tenggara. Luas wilayah negara singapura sendiri yaitu sekitar 721,5 km² dengan jumlah populasi sebanyak 5,9 juta jiwa. Rata-Rata gaji di negara ini yaitu sekitar 4.985 dolar AS atau sekitar Rp. 70 juta lebih perbulannya dan menjadi yang tertinggi diantara negara asia tenggara lainnya.

2. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam memiliki julukan sebagai The Land of Unexpected Treasures. Luas wilayah dari negara brunei sendiri yaitu 5.765 km² dan wilayahnya menempati pulau kalimantan. Banyak fakta menarik mengenai negara yang satu ini diantaranya Kesultanan Terakhir, Negara Bebas Pajak, Ekonomi yang Kuat, Keamanan yang Tinggi, dan Punya Hukum Syariah Terkuat. Untuk rata-rata gaji di negara runei sendiri yaitu sekitar 3.950 dolar AS atau sekitar Rp. 50 juta lebih perbulannya.

3. Indonesia

Di tahun 2022 rata-rata gaji di negara indonesia berada di bawah malaysia alias di posisi keempat. Namun untuk tahun ini indonesia berhasil naik ke posisi ketiga. Rata-rata gaji di negara indonesia sendiri perbulannya yaitu 600 dolar AS atau sekitar Rp. 9 juta lebih. Indonesia sendiri merupakan negara terbesar di kawasan asia tenggara dan juga negara yang kaya akan sumber dayanya. Namun sayangnya sumber daya di negara ini masih belum dikelola dengan baik. Dan kita semua harus berharap agar indonesia bisa menjadi negara maju seperti singapura.

4. Malaysia

Malaysia merupakan negara yang hampir mirip dengan indonesia, baik dari segi budaya maupun dari segi bahasa. Negara yang bersebelahan dengan pulau kalimantan ini memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 330,903 km². Untuk rata-rata gaji pegawai di negara malaysia setiap bulannya yaitu sekitar 565 dolar AS atau sekitar Rp. 8,6 juta lebih.

5. Filipina

Filipina atau Republik Filipina merupakan sebuah negara kepulauan di Lingkar Pasifik Barat dan terletak di sebelah utara indonesia. Negara yang beribukota di kota manila ini memiliki luas kurang lebih sekitar 300.000 km² dan berbatasan dengan Laut Cina, Samudra Pasifik, Laut Sulawesi, dan Laut Sulu. Rata-Rata gaji pegawai di negara filipina perbulannya yaitu sekitar 545 dolar AS atau sekitar Rp. 8,4 juta lebih.

6. Thailand

Negara dengan julukan gajah putih ini memiliki jumlah populasi sebanyak 70.1 juta jiwa dan luas wilayah 513,120 km². Negara ini berbatasan dengan Laos, Kamboja, Malaysia, dan Myanmar. Diketahui, gaji pegawai perbulan di negara thailand yaitu sekitar 450 dolar AS atau sekitar Rp. 6,8 juta lebih.

7. Kamboja

Negara Kamboja berbatasan dengan negara Thailand, Laos, dan Vietnam, negara ini juga merupakan negara yang berbentuk monarki konstitusional di Asia Tenggara. Untuk luas wilayah dari negara kamboja yaitu sekitar 181.035 km2. Rata-rata gaji pegawai di negara kamboja yaitu 300 dolar AS atau sekitar Rp. 4,5 juta lebih.

8. Vietnam

Saat ini jumlah populasi di vietnam mencapai 103.808.319 jiwa. Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya jumlah penduduk di negara ini mengalami kenaikan. Negara yang berbatasan dengan Tiongkok, Laos, dan kamboja ini memiliki luas sekitar 331,212 km2. Rata-Rata gaji pegawai di vietnam setiap bulannya yaitu 290 dolar AS atau sekitar Rp. 4,4 juta lebih.

9. Timor Leste

Bagi teman-teman yang belujm tahu, timor leste dulunya pernah menjadi bagian dari indonesia lho, namun mereka memutuskan untuk memisahkan diri dari indonesia dengan alasan tertentu. Luas negara timor leste yaitu sekitar 15.006 km² dan memiliki jumlah populasi sebanyak 1,3 juta lebih jiwa. Sementara untuk rata-rata gaji di negara ini perbulannya yaitu sekitar 175 dolar AS atau sekitar Rp. 2,6 juta lebih.

10. Myanmar

Pada tahun 2022 lalu myanmar berada di posisi terakhir namun kini naik satu peringkat menjadi posisi kesepuluh. Rata-Rata gaji di negara myanmar perbulannya yaitu sekitar 135 dolar AS atau sekitar Rp. 2 juta lebih. Negara yang satu ini berbatasan dengan India, Bagladesh, Thailand, Laos, dan Tiongkok. Sementara itu luas negara myanmar yaitu sekitar 676.578 km².

11. Laos

Rata-Rata gaji di negara ini yaitu sekitar 130 dolar AS atau sekitar Rp. 1,9 juta lebih perbulannya. Laos sendiri merupakan negara yang berbasatan dengan Myanmar, Vietnam, Kamboja, Thailand, dan Republik Rakyat Tiongkok. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 236.800 km² dan jumlah populasi sebanyak 7 juta lebih jiwa. Meskipun rata-rata gaji di negara ini kecil, namun tingkat pengangguran di laos cukup rendah.

Komentar