5 Provinsi Dengan Persentase Pengangguran Tertinggi di Indonesia Tahun 2023

5 Provinsi Dengan Persentase Pengangguran Tertinggi di Indonesia Tahun 2023

Bangnanda.com - Pengangguran adalah sebutan untuk penduduk usia kerja yang berumur 15 tahun atau lebih yang tidak memiliki pekerjaan. Kriteria pengangguran tidak termasuk untuk mereka yang berstatus pensiunan, pelajar, dan disabilitas. Pada tahun 2022 lalu angka pengangguran di indonesia mencapai 8,42 juta orang. Angka tersebut meningkat sejak terjadinya pandemi yang membuat banyak orang-orang kehilangan pekerjaanya.

Selain karena pandemi, pengangguran juga disebabkan oleh beberapa hal seperti Ketidakseimbangan Antara Pekerjaan dan Jumlah Tenaga Kerja, Kemajuan Teknologi yang membuat beberapa orang menjadi gaptek, Kemampuan Para Pencari Kerja yang Tidak Sesuai, Kurangnya Pendidikan dan Keterampilan, serta Kesulitan Bertemu Pencari Kerja dan Lowongan Pekerjaan.

Pemerintah indonesia terus melakukan banyak upaya agar angka pengangguran di indonesia mengalai penurunan dengan cara memperbanyak lapangan pekerjaan serta serta meningkatkan mutu sumber daya manusia dengan pendidikan. Meskipun pemerintah indonesia telah melalukan berbagai upaya, namun jika tingkat kesadaran kita masih rendah dan pola pikir kita masih begitu saja maka angka pengangguran di indonesia tidak akan menurun. Karena semuanya tergantung pada diri masing-masing.

Badan Pusat Statistik baru saja merilis mengenai provinsi dengan persentase pengangguran tertinggi di indonesia di tahun 2023. Melalui data tersebut kita bisa mengetahui provinsi mana saja yang memiliki persentase pengangguran tertinggi dan pemerintah bisa malakukan berbagai upaya agar persentase pengangguran di provinsi tersebut menurun. Berikut ini deretan provinsi dengan persentase pengangguran tertinggi di indonesia tahun 2023.

5 Provinsi Dengan Persentase Pengangguran Tertinggi di Indonesia Tahun 2023

1. Banten

Provinsi Banten berada di posisi pertama sebagai provinsi dengan persentase pengangguran tertinggi di indonesia saat ini. Mungkin sebagian dari teman-teman ada yang bertanya-tanya mengapa provinsi banten berada di posisi teratas. Seperti yang telah kita ketahui banten merupakan provinsi yang cukup maju dalam hal ekonomi dan industrialisasi, terutama di kawasan tengerang raya dan cilegon yang banyak sekali gedung dan pabrik-pabrik. Meskipun mengalami penurunan jika dibandingkan dengan angka sebelumnya namun banten tetap berada di posisi pertama sebagai provinsi dengan persentase pengangguran tertinggi di indonesia saat ini dimana angkanya mencapai 7,97%

2. Jawa Barat

Jawa Barat menjadi posisi berikutnya yang memiliki angka persentase pengangguran tertinggi di indonesia dimana angkanya cukup berdekatan dengan provinsi banten yaitu 7,89%. Jika dibandingkan dengan data tahun sebelumnya angka tersebut mengalami penurunan sebanyak 0,46 %. Jika angka persentase mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya maka kita bisa menilai upaya yang pemerintah lakukan untuk menurunkan persentase pengangguran di tiap daerah berhasil.

3. Kepulauan Riau

Di posisi ketiga provinsi dengan persentase pengangguran tertinggi di indonesia di tahun 2023 ditempati oleh provinsi kepulauan riau. Pada tahun 2021 provinsi kepulauan riau berada di posisi pertama sebagai provinsi dengan persentase pengangguran tertinggi di indonesia. Hal tersebut menandakan bahwa Kepulauan Riau berhasil menekan angka penganggurannya. Angka persentase pengangguran di provinsi Kepulauan Riau saat ini yaitu 7,61%.

4. DKI Jakarta

Pada masa pandemi, angka persentase pengangguran di provinsi dki jakarta melonjak cukup tinggi, dari yang tadinya 5,15% menjadi 8,51%. Pada saat itu banyak perusahaan-perusahaan besar yang memPHK karyawanya secara masal dikarenakan perekonomian yang menurun akibat dari pandemi. Namun di tahun ini angka persentase pengangguran di provinsi ini kembali mengalami penurunan menjadi 7,57%. 

5. Kalimantan Timur

Kalimantan Timur menjadi provinsi kelima yang masuk dalam daftar provinsi dengan persentase pengangguran tertinggi di indonesia. Jika kita melihat data beberapa tahun sebelumnya, provinsi ini tercatat tidak mengalami perubahan signifikan. Bahkan pada saat itu hanya mengalami penurunan sebesar 0,04% saja. Namun jika dibandingkan dengan sekarang. Angka persentase pengangguran di kalimantan timur mengalami penurunan yang cukup signifikan dari yang tadainya 6,77% menjadi 6,37%.

Komentar