Ketahui! Berikut 5 Negara Dengan Universitas Terbanyak di Dunia 2023, Indonesia Salah Satunya

Ketahui! Berikut 5 Negara Dengan Universitas Terbanyak di Dunia 2023, Indonesia Salah Satunya

Bangnanda.com - Ketika memasuki Sekolah Menengah Atas pastinya teman-teman sudah memiliki gambaran tentang masa depan, apakah teman-teman akan langsung bekerja atau ingin melanjutkannya ke perguruan tinggi/universitas. Bagi teman-teman suka belajar pastinya teman-teman akan memilih untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Nah dalam memilih universitas teman-teman tidak boleh sembarangan, teman-teman harus melihat kualitas universitas tersebut, akreditas dari universitas tersebut, dan fasilitas yang dimiliki oleh universitas tersebut. Mengapa hal tersebut harus dilakukan? alasanya cukup sederhana yaitu agar teman-teman mendapatkan lingkungan belajar yang baik.

Teman-Teman tidak perlu kebingunggan saat menentukan universitas yang ingin teman-teman masuki. Karena di indonesia sendiri ada banyak sekali universitas yang tersebar di setiap daerah. Mungkin ada sekitar 2000 lebih universitas di indonesia yang berdiri hingga saat ini. Karena banyaknya universitas di indonesia, maka tidak heran juga jika indonesia masuk dalam jajaran negara dengan universitas terbanyak di dunia menempati urutan ketiga. Bagi teman-teman yang penasaran mengenai negara mana saja yang memiliki universitas terbanyak di dunia saat ini bisa teman-teman simak dibawah ini, berikut negara dengan universitas terbanyak di dunia tahun 2023.

Ketahui! Berikut 5 Negara Dengan Universitas Terbanyak di Dunia 2023, Indonesia Salah Satunya

1. India

India berada di posisi pertama sebagai salah satu negara dengan universitas terbanyak di dunia tahun tahun 2023. Di negara ini terdapat kurang lebih sekitar 5.288 universitas yang tersebar di setiap daerah di india. Beberapa universitas terbaik yang ada di india yaitu Indian Institute of Technology Delhi, Institute of Technology Bombay, Indian Institute of Technology Kanpur, University of Delhi, dan University of Calcutta. Sedangkan untuk universitas tertua di india adalah Senate of Serampore College, universitas tersebut berdiri pada tahun 1818.

2. Amerika Serikat

Di posisi kedua negara dengan universitas terbanyak di tempati oleh negara amerika serikat salah satu negara dari benua amerika. Negara yang dijuluki negeri paman sam ini memiliki 3.216 universitas yang tersebar di negara bagian. Kualitas kampus-kampus yang ada di amerika serikat memang tidak perlu diragukan lagi, bahkan universitas terbaik di dunia rata-rata berada di negara ini. Beberapa universitas terbaik dan terfavorit di negara amerika serikat yaitu Harvard University Standford University, University of Calofornia, Yale University, dan Columbia University.

3. Indonesia

Kita harus semua bangga karena negara indonesia masuk dalam daftar negara dengan universitas terbanyak di dunia saat ini. Total universitas yang terdapat di indonesia hingga saat ini yaitu kurang lebih sekitar 2.595. Universitas Indonesia menjadi universitas pertama sekaligus universitas tertua di indonesia. Universitas Indonesia sendiri didirikan pada tahun 1.851 dan berlokasi di depok, jawa barat.

Saat ini Universitas Indonesia juga menjadi universitas terfavorit dan terbaik, tidak sedikit juga mahasiswa dari negara lain yang berkuliah dan menimba ilmu di universitas yang satu ini. Selain universitas indonesia, beberapa universitas terfavorit dan terbaik lainnya di indonesia yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB) University, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

4. China

Selain India Negara dengan populasi terbesar lainnya yang masuk dalam daftar negara dengan universitas terbanyak di dunia adalah negara china. Negara yang dijuluki negeri tirai bambu ini memiliki universitas sebanyak 2.565, jumlahnya berbeda sedikit dengan indonesia, mungkin saja dalam beberapa tahun kedepan posisi indonesia tergeser oleh negara china. Beberapa universitas terbaik yang ada di china antara lain Peking University, Fudan University, Zhijiang University, Tshinghua University, dan Shanghai Jiao Tong University.

5. Brazil

Negara berikutnya yang masuk dalam daftar negara dengan universitas terbanyak di dunia tahun 2023 adalah negara brazil. Brazil sendiri merupakan negara terbesar di amerika selatan dan amerika latin, luas negara yang satu ini yaitu kurang lebih sekitar 8,51 juta km². Jumlah universitas di negara brazil yaitu sebanyak 1.279. Beberapa universitas terbaik yang ada di negara ini yaitu Universidade de Sao Paulo, Universidade Estadual de Campinas, Universidade Federal do Rio de Janieiro, University of Brasilia, dan Salvador University.

Komentar