Inilah Tempat Wisata di Dompu NTB Yang Indah dan Paling Hits 2023

Inilah Tempat Wisata di Dompu NTB Yang Indah dan Paling Hits

Bangnanda.com - Dompu merupakan sebuah kabupaten yang terletak di bagian tengah Pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kota Dompu menjadi ibukota sekaligus pusat pemerintahan dari kabupaten ini. Luas wilayah dari kabupaten dombu yaitu sekitar 2.325 km², sedangkan untuk jumlah populasi di kabupaten ini yaitu sebanyak 240 ribu lebih jiwa dengan kepadatan penduduk 100 jiwa/km2. Dulunya populasi penduduk di kabupaten ini lumayan banyak, namun akibat letusan Gunung Tambora tahun 1815, penduduk dompu berkurang drastis. Kabupaten dompu sendiri berbatasan langsung dengan Kabupaten Sumbawa, Teluk Saleh, Kabupaten Bima, serta Samudra Hindia.

Nusa Tenggara Barat memang menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, bahkan tidak sedikit wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke nusa tenggara barat karena tertarik dengan keindahan alamnya. Salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata menarik dan indah di nusa tenggara barat yaitu kabupaten dompu. Beberapa tempat wisata yang ada di dompu menawarkan pesona alam yang luar biasa dan mampu memanjakan mata siapapun yang berkunjung dan membuat pengunjung engan untuk pulang. Berikut ini beberapa tempat wisata di dompu ntb yang indah dan paling hits.

Inilah Tempat Wisata di Dompu NTB Yang Indah dan Paling Hits 2023

1. Gunung Tambora
Wisata Gunung Tambora

Nama gunung yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi di telingga para pendaki, karena gunung ini cukup ramai diperbincangkan oleh pendaki manapun. Gunung yang memiliki ketinggian 2850 meter diatas permukaan laut ini berada di antara dua kabupaten yaitu kabupaten bima dan kabupaten dompu. Pemandangan yang dihadirkan dari atas gunung ini sangat mempesona dan dapat membuat siapapun terpukau. Pengunjung bisa melihat hamparan hijau yang berpadu dengan kawasan penduduk. Namun yang paling dinantikan oleh para pendaki bukan itu melainkan pemandangan saat momen matahari terbit.emandangan ini mampu untuk menyihir siapapun yang menyaksikannya.

2. Pulau Satonda

Tempat wisata indah dan hits lainnya di dompu yaitu Pulau Satonda. Sama seperti gunung tambora, tempat wisata ini juga selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung terutama pada saat libur sekolah. Banyak orang yang berkata jika sobat liburan ke dompu melewatkan wisata yang satu ini maka liburan sobat selama di dompu tidak sempurna. Letak Pulau Satonda berada di Jalan Desa Nangamiro, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu. Pulau ini terbentuk dari letusan gunung Tambora di dasar laut. Saat berkunjung ke pulau ini sobat akan dibuat terpukau oleh Airnya yang jernih dengan hamparan pasir lembut. Di pulau ini sobat bisa melakukan beberapa aktifitas seru seperti snorkeling atau diving.

3. Pantai Lakey
Wisata Pantai Lakey

Terletak di Jalan Lakey, Jambu, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu, Pantai Lakey menjadi salah satu wisata andalan dan juga favorit masyarakat setempat. Keindahan dari pantai yang satu ini menarik banyak perhatian orang. Jika sobat suka melakukan aktifitas berselancar, pantai ini cocok untuk aktifitas tersebut. Perlu sobat ketahui, pantai ini beberapa kali dijadikan lokasi untuk mengadakan lomba surfing taraf internasional. Selain terkendal akan keindahanya, daya tarik dari pantai ini yaity terletak pada ombak kidal nya, yaitu ombak yang sapuannya ke kiri dan sangat berbeda dengan ombak di pantai pada umumnya.

4. Savana Doro Ncanga

Di Dompu juga terdapat sebuah savana yang kerap kali menjadi tujuan wisatawan, namanya yaitu Savana Doro Ncanga. Letak dari Padang Savana Doro Ncanga berada di Jalan Persiapan Sori Tatanga, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu. Perasaan saat sobat berkunjung ke tempat ini vibesanya akan terasa seperti di afrika. Di savana ini sobat bisa menemukan banyak sekali hewan liar, karena memang savana ini merupakan habitat asli dari hewan tersebut. Selagi menikmati pemandangan sekitar dan melihat berbagai hewan liar, tidak lupa juga untuk mengambil banyak gambar saat berada di tempat ini terutama pada saat matahari mulai terbenam.

5. Bukit Sultan

Tempat wisata kelima sekaligus terakhir yang indah dan paling hits di dompu yaitu Bukit Sultan. Bukit ini berlokasi di Kandai Satu, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu. Bukit Sultan sendiri termasuk destinasi wisata baru karena baru diresmikan pada tahun 2020 lalu namun langsung melejit namanya dan menjadi wisata andalan di dompu.wisata satu ini menawarkan pesona yang luar biasa yaitu berupa panorama kota dompu. Alasan mengapa bukit ini dinamakan bukit sultan adalah karena bukit ini memiliki banyak jejak sejarah kesultanan Dompu, bahkan di bukit ini juga terdapat sebuah makam yaitu Sultan Syamsuddin.

Komentar