Ini Dia Daftar Negara Dengan Armada Laut Terkuat di Dunia Tahun 2023

Ini Dia Daftar Negara Dengan Armada Laut Terkuat di Dunia Tahun 2023

Bangnanda.com - Indonesia merupakan salah satu negara maritim, yaitu negara yang sebagian besar wilayahnya di dominasi oleh lautan. Selain memiliki lautan yang cukup luas indonesia juga memiliki banyak sekali pulau, baik itu pulau besar maupun pulau kecil, pulau yang berpenghuni maupun pulau yang tidak berpenghuni. Karena indonesia memiliki wilayah peraiaran yang lumayan yang cukup luas serta pulau yang banyak maka indonesia harus memiliki angkatan laut yang kuat untuk menjaga wilayah peraiaran serta pulau-pulau kecil agar tidak di klaim oleh negara lain.

Beberapa waktu lalu Direktori Dunia Kapal Perang Militer Modern atau World Directory of Modern Military Warships (WDMMW) merilis data mengenai daftar negara dengan armada laut terkuat di dunia tahun 2023. Pemeringkatan angkatan laut terkuat di dunia versi World Directory of Modern Military Warships disusun berdasarkan jumlah total kapal perang dan kapal selam, serta kualitas dan campuran inventaris, seperti modernisasi, dukungan logistik, kemampuan serangan dan pertahanan, dan lain-lain. Nah bagi teman-teman yang penasaran mengenai negara mana saja yang memiliki armada laut terkuat di dunia bisa teman-teman simak dibawah ini daftar negara dengan armada laut terkuat di dunia tahun 2023.

Ini Dia Daftar Negara Dengan Armada Laut Terkuat di Dunia Tahun 2023

1. Amerika Serikat

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini amerika serikat memiliki kekuatan militer terkuat di dunia, baik itu di darat, di laut, dan di udara. Dalam hal persenjataan amerika selalu unggul dibandingkan dengan negara-negara lain karena itulah amerika selalu menjadi yang terkuat dan disebut sebagai negara adidaya. Amerika serikat memiliki banyak sekali tipe kapal perang dan kapal selam. Tahun 2022 Angkatan Laut AS memiliki total 243 unit aktif yang terdiri dari 11 kapal induk, 68 kapal selam, 22 kapal penjelajah, 70 kapal perusak, 21 korvet, delapan kapal perang ranjau/antiranjau, 10 kapal patroli lepas pantai, dan 33 kapal serbu amfibi. Tidak ada kapal fregat. World Directory of Modern Military Warships memberikan True Value Rating sebesar 323,9 untuk negara amerika serikat.

2. China

China berada di urutan kedua sebagai negara dengan armada laut terkuat di dunia saat ini. Sebenarnya unit yang dimiliki oleh china ini lebih banyak dibandingkan dengan unik yang dimiliki oleh amerika serikat. Hanya saja amerika masih unggul dalam hal persenjataan. Bahkan True Value Rating china cukup dekat dengan amerika serikat yaitu sebesar 319,8. Mungkin dalam beberapa tahun lagi china bisa menyalip amerika serikat sebagai negara dengan armada laut terkuat di dunia. Total unit aktif yang dimiliki oleh negara china saat ini yaitu 425, yang terdiri dari tiga kapal induk pesawat, 72 kapal selam, 48 kapal perusak, 71 korvet, 44 fregat, 49 kapal perang pertambangan/penangkal ranjau, 127 kapal patroli lepas pantai, dan 11 kapal amfibi serangan.

3. Rusia

Jika ada amerika serikat dan china, pastinya ada juga rusia, Rusia sendiri merupakan salah satu negara terbesar di dunia ini. TvR atau True Value Rating dari negara rusia yaitu sebesar 242,3. Pada saat ini Angkatan Laut Rusia, memiliki 265 unit aset aktif. Beberapa unit yang dimiliki oleh negara rusia sudah menua termasuk  kapal induk pesawatnya, Admiral Kuznetsov. Selain itu, 58 kapal selam, 12 kapal perusak, dan empat kapal penjelajah juga sudah mulai menua. Usia rata-rata lambung kapal selam Rusia adalah 30 tahun. Mungkin karena hal tersebutlah nilai TvR rusia tertinggal cukup jauh dari amerika serikat dan china.

4. Indonesia

Kita sebagai masyarakat indonesia harus bangga karena negara kita bisa dibilang memiliki armada laut yang cukup kuat dan bisa masuk dalam daftar 5 besar sebagai negara dengan armada laut terkuat di dunia tahun 2023. Unit aktif yang dimiliki oleh indonesia sama seperti amerika yaitu sekitar 243 unit aktif. Indonesia memiliki empat kapal selam, tujuh fregat, 25 korvet, sembilan kapal perang ranjau/ antiranjau, 168 kapal patroli lepas pantai, dan 3 kapal serbu amfibi. Selain itu WDMMW juga mengatakan ndonesia tidak memiliki kapal induk, kapal penjelajah, atau kapal perusak. World Directory of Modern Military Warships atau WDMMW memberi angkatan laut Indonesia True Value Rating sebesar 137,3.

5. Korea Selatan

Negara berikutnya yang masuk dalam daftar negara dengan armada laut terkuat di dunia tahun 2023 yaitu negara korea selatan. World Directory of Modern Military Warships mengatakan bahwa angkatan laut Korea Selatan memiliki 138 unit aktif yang terdiri dari 18 kapal selam, 12 kapal perusak, 12 fregat, 11 korvet, 11 kapal perang ranjau/perang ranjau, 64 kapal patroli lepas pantai, dan 1 kapal serbu amfibi. True Value Rating sebesar 137,3.

Komentar