Daftar Tempat Wisata di Dogiyai Paling Hits dan Rekomended Untuk Dikunjungi!

Daftar Tempat Wisata di Dogiyai Paling Hits dan Rekomended Untuk Dikunjungi!

Bangnanda.com - Dogiyai merupakan salah satu kabupaten di provinsi papua tengah. Provinsi papua tengah sendiri merupakan salah satu provinsi baru di indonesia, provinsi ini berdiri di tahun 2022 hasil pemekaran dari provinsi papua. Nama Dogiyai sendiri merupakan nama salah satu gunung di kabuopaten ini. Kabupaten Dogiyai memiliki luas kurang lebih sekitar 7.053 km² serta jumlah populasi sebanyak 116.206 jiwa di tahun 2021 lalu. Wilayah dari kabupaten ini terkurung dengan daratan dan ada banyak sekali perbukitan dan pegunungan di kabupaten yang satu ini, sehingga udara di sini akan terasa sangat dingin dan juga bersih.

Perlu sobat ketahui, kabupaten dogiyai terkenal sebagai daerah penghasil kopi terbaik dan sangat berkualitas. Kopi yang dihasilkan di daerah ini menjadi buruan mancanegara. Tidak hanya terkenal karena kopinya saja, dogiyai juga terkenal karena wisata kulinernya yang cukup unik karena sebagian besar kulinernya berasal dari serangga yang diolah menjadi salah satu makanan cukup enak dan menjadi makanan favorit orang Kamuu dan Mapia.

Selain wisata kuliner, wisata alam di dogiyai juga tidak kalah jauh dengan wisata alam lainnya yang ada di tanah papua. Disini sobat akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan alam yang indah dan mempesona yang bisa membuat mata terpukau. Bagi sobat yang penasaran seperti apa wisata alam di dogiyai, berikut ini daftar tempat wisata di dogiyai paling hits dan rekomended untuk dikunjungi.

Daftar Tempat Wisata di Dogiyai Paling Hits dan Rekomended Untuk Dikunjungi!

1. Danau Makamo

Danau Makamo merupakan ikon dari kabupaten dogiyai. Danau yang satu ini terletak di Bukapa, Kecamatan Dogiyai, Kabupaten Dogiya. Suasana di danau ini begitu menenangkan sehingga cocok dikunjungi bagi sobat yang sedang mencari tempat yang menenangkan dan indah. Danau ini berada di ketinggian 1700 meter diatas permukaan laut dan memiliki luas sekitar 1500 hektar. Air pada danau ini begitu jernih dan memiliki warga biru, selain itu di sekitar danau ini juga ditumbuhi oleh tetumbuhan yang cukup lebat sehingga suasana tampak sangat alami. Jika sobat melihat danau ini dari sisi timur maka sobat akan melihat bentuk danau ini menyerupai pulau papua.

2. Jalan Trans Nabire-Dogiyai

Jalan ini menghubungkan kabupaten nabire dengan daerah mekaranya. Orang_orang sekitar memakai jalan ini untuk jalur transportasi kegiatan ekonomi. Mungkin terdengar cukup aneh jika jalan menjadi tempat wisata, namun di sepanjang jalan sobat akan disuguhkan dengan berbagai pemandangan alam yang indah seperti perbukitan ,pepohonan, dan ladang-ladang hijau yang tersusun dengan rapi sehingga enak untuk dipandang. Sobat bisa berhenti sejenak di pinggir jalan jika sobat melihat pemandangan yang menurut teman-teman indah. Jangan lupa untuk memotretnya agar sobat bisa memperlihatkan pemandangan indah tersebut kepada teman sobat.

3. Lembah Hijau

Tempat wisata berikutnya yang paling hits dan rekomended untuk dikunjungi di dogiyai yaitu Lembah Hijau. Lembah Hijau sendiri terletak di Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai. Saat berkunjung ke danau ini, sobat akan dimanjakan dengan keindahan tanah lapang hijau dengan ilalang yang tumbuh liar yang membuat kedua bola mata terpukau. Jika pada hari-hari biasa tempat ini mungkin tidak akan ramai, namun jika sobat datang ke tempat ini pada hari libur sekolah maka tempat ini selalu dipadati oleh pengunjung.

4. Perkampungan Suku Mee

Liburan sobat tidak akan terasa lengkap di dogiyai jika sobat melewatkan wisata yang satu ini. Perkampungan Suku Mee terletak di Idakebo, Kamu Utara, Kabupaten Dogiyai. Seperti namanya, kampung ini di huni oleh suku mee. Suku Mee sendiri masih mempertahankan gaya hidup tradisional, seperti berladang, masih mengenakan koteka, dan berumah honai. Saat berkunjung ke perkampungan ini sobat bisa bertegur sapa dengan mereka dan mengobrol ngobrol. Sobat tidak perlu khawatir akan bahasa yang digunakan, cukup gunakan bahasa indonesia dengan baik maka mereka juga bisa mengerti.

Komentar