Berikut 6 Negara Dengan Pemeluk Agama Katolik Terbesar di Dunia Tahun 2023

Berikut 6 Negara Dengan Pemeluk Agama Katolik Terbesar di Dunia Tahun 2023

Bangnanda.com - Kristen menjadi agama terbesar di dunia saat ini dengan jumlah pengikut mencapai 2,38 milliar. Agama kristen sendiri ada beberapa cabang salah satunya ialah Katolik. Di bawah pimpinan Paus di Vatikan, Katolik memiliki pengikut terbanyak dibandingkan cabang Kristen lainnya. Diperkirakan ada sekitar 1,2 miliar penganut agama Katolik di dunia ini yang tersebar di berbagai benua. Agama katolik sendiri mulai menyebar di beberapa wilayah seperti asia, amerika, dan eropa pada abad ke 15. Berbeda dengan agama islam, hindu, dan budda yang mayoritas pemeluknya dari benua asia, mayoritas pemeluk agama kristen atau katolik berada di benua eropa dan amerika.

Indonesia sendiri menempati urutan kedua puluh dua sebagai negara dengan pemeluk agama katolik terbesar di dunia tahun 2023. Bagi teman-teman yang bertanya-tanya dan penasaran mengenai negara dengan pemeluk agama katolik terbesar di dunia saat ini, teman-teman tidak perlu khawatir lagi karena teman-teman akan memperoleh jawabannya di bawah ini. Dari data yang mimin peroleh ada sekitar 50 negara yang masuk dalam daftar negara dengan pemeluk agama katolik terbesar di dunia 2023. Disini mimin tidak akan menyebutkan semua negaranya, hanya enam negara saja yang akan mimin masukan kedalam list. Berikut ini daftar negara dengan pemeluk agama katolik terbesar di dunia tahun 2023.

Berikut 6 Negara Dengan Pemeluk Agama Katolik Terbesar di Dunia Tahun 2023

1. Brazil

Brazil menempati posisi pertama sebagai negara dengan jumlah pemeluk agama katolik terbesar di dunia tahun 2023. Brazil merupakan negara terbesar di amerika selatan dan amerika latin. Luas negara ini yaitu sekitar 8,51 juta km². Tidak hanya di benua amerika saja, brazil juga masuk dalam jajaran negara terbesar di dunia. Jumlah penduduk brazil saat ini yaitu kurang lebih sekitar 217 juta lebih penbduduk. Menurut World Population Review, jumlah penduduk brazil yang memeluk agama katolik yaitu sebanyak 180 juta lebih jiwa.

2. Meksiko

Di urutan kedua negara dengan jumlah pemeluk agama katolik terbesar di dunia saat ini yaitu negara meksiko. Sama seperti brazil, negara ini berada di benua amerika tepatnya di bagian utara. Negara ini berbatasan dengan Amerika Serikat, Guatemala, Belize, Samudra Pasifik, Teluk Meksiko dan Laut Karibia. Luas negara meksiko yaitu 1,973 juta km² dan memiliki jumlah populasi sebanyak 126 juta lebih jiwa. Sekitar 120 juta lebih penduduk meksiko memeluk agama katolik atau sekitar 95% lebih penduduk meksiko beragama katolik. 

3. Filipina

Filipina yang merupakan negara tetangga indonesia masuk dalam daftar negara dengan pemeluk agama katolik terbesar di dunia saat ini. Hal tersebut memang tidak aneh karena agama kristen menjadi agama mayoritas di negara yang satu ini. Filipina sendiri merupakan sebuah negara kepulauan dan negara kesatuan yang bersistem presidensial dengan berbentuk republik konstitusional di Asia Tenggara. Luas wilayah dari negara ini yaitu sekitar 300.000 km². Untuk jumlah populasi di negara yang satu ini yaitu 109 juta lebih jiwa. Dari 109 juta lebih jiwa, yang memeluk agama katolik yaitu sebanyak 95,4 juta jiwa.

4. Amerika Serikat

Negara berikutnya yang masuk dalam daftar negara dengan pemeluk agama katolik terbesar di dunia 2023 yaitu amerika serikat. Amerika serikat sendiri merupakan negara republik konstitusional federal yang terdiri dari lima puluh negara bagian dan sebuah distrik federal. Ibukota dari negara ini yaitu Washington, D.C. Luas wilayah dari negara amerika serikat sendiri yaitu 9.147.590 km2. Kristen memang menjadi agama mayoritas di negara ini, bahkan di setiap daerah terdapat sebuah gereja. Penduduk amerika serikat memeluk agama kristen dengan cabang yang berbeda-beda. Pemeluk agama katolik di negara amerika serikat yaitu sebanyak 87,4 juta jiwa.

5. Republik Demokratik Kongo

Republik Demokratik Kongo atau yang biasa dikenal dengan nama Kongo merupakan salah satu negara dibenua afrika lebih tepatnya di afrika bagian tengah. Negara ini berbatasan dengan Republik Afrika Tengah, Sudan Selatan, Uganda, Rwanda, Burundi, Tanzania, Zambia, Angola, dan Republik Kongo. Perlu teman-teman ketahui, Republik Demokratik Kongo dan Republik Kongo merupakan dua negara yang berbeda. Luas wilayah dari negara Republik Demokratik Kongo yaitu sekitar 2,345 juta km². Sementara itu jumlah penduduk negara ini yaitu sekitar 95 juta lebih jiwa. Sekitar 50% lebih penduduk republik demokratik kongo atau sekitar 53 juta jiwa penduduk negara ini memeluk agama katolik.

6. Kolombia

Negara keenam sekaligus terakhir yang mimin masukan kedalam daftar negara dengan pemeluk agama katolik terbesar di dunia saat ini yaitu negara kolombia. Negara ini terletak di wilayah barat laut amerika selatan dan memiliki luas sekitar 1,142 juta km². Kolombia dikenal sebagai negara yang memiliki banyak hutan. Tercatat 70% wilayah negara ini berupa hutan. Negsra ini berbatasan dengan Laut Karibia, Venezuela, Brasil, Peru, Ekuador, Panama dan Samudra Pasifik. Jumlah populasi negara kolombia yaitu sebanyak 51 juta lebih jiwa dan sekitar 49,7 juta lebih jiwa memeluk agama katolik.

Komentar