Calon Mahasiswa Wajib Tahu! Berikut 6 Kampus Politeknik Terbaik dan Terfavorit di Indonesia Tahun 2023

Calon Mahasiswa Wajib Tahu! Berikut 6 Kampus Politeknik Terbaik dan Terfavorit di Indonesia Tahun 2023

Bangnanda.com - Bagi teman-teman yang berniat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi namun tidak ingin banyak materi melainkan praktek teman-teman bisa masuk ke kampus politeknik. Politeknik adalah salah satu jalur pendidikan vokasi pada perguruan tinggi, di kampus politeknik teman-teman akan difokuskan untuk lebih banyak praktek dari pada teori. Praktek yang dimaksud adalah praktik terkait keterampilan atau keahlian kerja. Salah satu cara untuk bisa memasuki kampus politeknik ialah melalui melalui jalur UTBK/SNBT. Di indonesia sendiri saat ini ada banyak sekali kampus politeknik yang hampir bisa dijumpai di setiap daerah.

Jika teman-teman berminat untuk masuk ke kampus politeknik maka teman-teman harus mulai menentukan kampus politeknik mana yang akan teman-teman masuki dan jurusan apa yang akan teman-teman ambil. Beberapa kampus politeknik di indonesia menjadi incaran calon mahasiswa baru, hal tersebut dikarenakan kualitas dan fasilitas pada kampus tersebut sangat baik. Namun untuk bisa memasuki kampus politeknik dengan kualitas yang baik, teman-teman harus harus belajar dengan bersungguh-sungguh agar nilai teman-teman bagus sehingga teman-teman bisa diterima di kampus politeknik manapun.

Beberapa waktu yang lalu mimin mendapati sebuah data mengenai kampus politeknik terbaik dan terfavorit di indonesia tahun 2023. Indikator penilaian tersebut didasarkan pada Impact, Excellent, Presence, dan Openness. Bisa teman-teman simak dibawah ini merupakan deretan kampus politeknik terbaik dan terfavorit di indonesia tahun 2023.

Calon Mahasiswa Wajib Tahu! Berikut 6 Kampus Politeknik Terbaik dan Terfavorit di Indonesia Tahun 2023

1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya atau yang akrab di sebut PENS merupakan kampus politeknik terbaik dan terfavorit di indonesia saat ini. Tahun lalu kampus ini juga berada di urutan pertama sebagai kampus politeknik terbaik dan terfavorit di indonesia. Hal ini menandakan bahwa kualitas dari kampus ini sangat bagus. Kampsu ini didirikan pada tahun 1988 dan memiliki sejarah yang begitu panjang serta beberapa kali berganti nama. Lokasi dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya sendiri berada di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus Jalan Raya ITS, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur. 

2. Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL)

Politeknik yang satu ini kualitasnya tidak kalah jauh dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Politeknik Negeri Lhokseumawe terletak di Jalan Medan - Banda Aceh No.Km. 280, RW. Buketrata, Mesjid Punteut, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Aceh. Perlu teman-teman ketahui Politeknik Negeri Lhokseumawe merupakan satu-satunya politeknik negeri yang ada di Aceh. awalnya kampus ini bernama Politeknik Universitas Syah Kuala karena kampus ini adalah bagian dari Universitas Syah Kuala, lalu pada tahun 1997 berganti nama menjadi Politeknik Negeri Lhokseumawe. Kampus ini didirikan pada tahun 1985.

3. Politeknik Pertanian Negeri Kupang

Kampus politeknik terbaik dan terfavorit berikutnya di indonesia yaitu Politeknik Pertanian Negeri Kupang. Lokasi kampus yang satu ini berada di Jalan Prof. Dr. Herman Johanes, Lasiana, Kecamatan Klp. Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jika teman-teman ingin belajar lebih banyak terkait bidang pertanian, kampus ini bisa masuk daftar pilihan kamu. Jurusan yang ada di Politeknik Pertanian Negeri Kupang yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Akuntansi, Administrasi Bisnis, dan Pariwisata.

4. Poltekkes Semarang

Poltekkes Semarang atau Politeknik Kesehatan Semarang berada di urutan keempat sebagai kampus politeknik terbaik dan terfavorit di indonesia tahun 2023. Kampus ini berlokasi di Kota Semarang. Dari namanya saja mungkin teman-teman sudah mengetahuinya bahwa kampus ini berpukus di bidang kesehatan. Jika teman-teman berminat untuk terjun ke dunia kesehatan, maka kampus ini bisa menjadi pilihan utama.

5. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Didirikan pada tahun 1987, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya merupakan satu-satunya politeknik negeri di bidang perkapalan. Kampus Politeknik yang satu ini terletak di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Jalan Teknik Kimia, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur. Untuk teman-teman yang tertarik dengan bidang perkapalan maka kampus ini bisa menjadi pilihan.

6. Politeknik TEDC Cimahi

Kampus Politeknik terbaik dan terfavorit selanjutnya di indonesia adalah Politeknik TEDC Cimahi. Politeknik TEDC Cimahi berdiri di tahun 2001 dan berlokasi di Jalan Politeknik Jalan Pesantren No.2, Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat. Kampus ini merupakan perguruan tinggi dalam bidang pendidikan Teknik dan Kesehatan. Program Studi yang ada di Politeknik TEDC Cimahi antara lain D3 Alat Berat, D3 Teknik Komputer, D3 Teknik Mesin, D3 Mekanik Otomotif, D3 Akuntansi, D3 Teknik Elektronika, D3 Teknik Kimia Industri, D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, D4 Konstruksi Bangunan (Teknik Sipil), D4 Teknik Informatika, D4 Komputerisasi Akuntansi, D4 Mekanik Industri dan Desain (Teknik Mesin), D4 Teknik Otomasi Industri, dan D4 Mekatronik.

Komentar