6 Tempat Wisata Terbaik dan Paling Hits di Deiyai Yang Wajib Kamu Kunjungi

6 Tempat Wisata Terbaik dan Paling Hits di Deiyai Yang Wajib Kamu Kunjungi

Bangnanda.com - Deiyai adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di provinsi papua tengah tepatnya di tepian Danau Tigi. Dua tahun sebelumnya kabupaten ini masuk dalam bagian provinsi papua, namun karena provinsi papua dimekarkan kabupaten ini jadi bagian dari provinsi papua tengah. Dulunya Kabupaten Deiyai merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Paniai hingga kemudian dimekarkan menjadi kabupaten sendiri pada tahun 2008. Luas wilayah dari kabupaten deiyai yaitu sekitar 1.013 km² dan memiliki jumlah populasi sebanyak 90 ribu lebih jiwa.

Kabupaten Deiyai memiliki banyak sekali potensi alam yang bisa dijadikan pendapatan daerah dan negara, salahnya satunya dari sektor pariwisata. Di Deiyai ada banyak sekali tempat wisata indah dan memukau yang dimana keasrian alamnya masih terjaga dengan baik, pemerintah setempat juga ikut berperan aktif dalam mengelola tempat wisata yang ada di deiyai agar menarik minat wisatawan untuk berlabuh ke kabupaten yang satu ini. Ada banyak sekali keindahan alam yang bisa sobat temukan di kabupaten ini. berikut deretan tempat wisata terbaik dan paling hits di deiyai yang wajib kamu kunjungi.

6 Tempat Wisata Terbaik dan Paling Hits di Deiyai Yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Waghete

Waghete sendiri merupakan sebuah kota kecil yang berada di daerah pinggiran danau tigi. Di tempat ini sobat akan merasa udara yang sejuk dan dingin karena tempat ini berada di ketinggian 1700 meter diatas permukaan laut. Baik pada malam hari maupun pada pagi hari pemandangan di tempat ini sama-sama indah dan menarik untuk disaksikan. Pada pagi hari sobat bisa melihat aktifitas warga sekitar, sedangkan pada malam hari sobat akan disajikan oleh keindahan kerlap-kerlip cahaya dari rumah-rumah warga sekitar. Lokasi dari Waghate berada di Tenedagi, Distrik Tigi Barat, Kabupaten Deiyai.

2. Telaga Tage

Telaga Tage menjadi tempat wisata terbaik dan paling hits berikutnya dan wajib sobat kunjungi apabila sedang berlibur di deiyai. Telaga yang satu ini memiliki luas kurang lebih sekitar 150 hektar. Salah satu daya tarik dari tempat wisata yang satu ini yaitu terdapat pasir putih di tepiannya dan juga lumut yang bisa muncul serta menghilang di waktu-waktu tertentu. Jika sobat sedang mencari tempat untuk menenagkan diri dan menghilangkan rasa penat maka sobat bisa coba datang ke telaga tage karena sobat akan disajikan dengan pemandangan yang tidak biasa dan bisa membuat sobat merasa nyaman dan betah ketika berada di telaga ini.

3. Momaikago

Momaikago sendiri merupakan wisata pantai yang kaya akan keindahan alamnya. Selain disajikan oleh keindahan alamnya, di tempat ini sobat juga bisa melihat sesuatu yang unik dan jarang sekali ditemukan di tempat wisata lainnya yaitu sobat dapat melihat tumbuhan rerumputan tumbuh segar di atas pasir pantai. Beberapa orang dan wisatawan yang datang ke tempat ini mengatakan bahwa momaikago memiliki panorama seperti di pantai negara Jepang karena menawarkan pasir putih dengan rumput hijau yang hidup di atasnya. Banyak sekali aktifitas yang dapat sobat lakukan di tempat ini, diantaranya yaitu berenang, berselancar, memancing, atau bermain pasir.

4. Pantai Duamo

Pantai yang satu ini sering dikunjungi oleh warga sekitar karena merupakan salah satu wisata andalan dan terfavorit di kabupaten deiyai. Pantai ini memiliki pasir berwarna cokelat gelap dan juga arus ombak yang tidak begitu deras sehingga anak-anak bisa berenang dengan aman. Selain berenang, di pantai ini juga sobat bisa melakukan kegiatan seru lainnya seperti bersantai menikmati keindahan pantai duamo, memancing, bermain voli pantai, dan tak lupa juga untuk berfoto karena ada banyak sekali spot indah di pantai ini.

5. Telaga Pantai Berbatu

Di posisi kelima tempat wisata terbaik dan paling hits di kabupaten deiyai yaitu Telaga Pantai Berbatu. Salah satu yang membuat tempat ini dikenal oleh banyak orang yaitu di sekitar pinggiran telaganya tersebar batu-batu sedimen. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk bersantai dan menyegarkan pikiran karena suasana yang ada di tempat ini begitu damai. Saat akan berkunjung ke telaga ini cobalah untuk mengajak keluarga ataupun teman agar liburan teman-teman terasa lebih seru dan menyenangkan.

6. Pulau Yugaitegee

Terletak di Desa Okomoke, Distrik Tiya, Kabupaten Deiyai, Pulau Yugaitegee menjadi tempat wisata selanjutnya sekaligus terakhir yang mimin masukan kedalam list tempat wisata terbaik dan paling hits di deiyai. Pulau Yugaitegee sering juga disebut Pulau Batu Layar karena ada sebongkah batu besar serupa layar kapal. Sayangnya pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni jadi fasilitas di tempat ini kurang mencukupi, namun sisi positifnya ialah kasrian pulau ini masih terjaga dengan sangat baik.

Komentar