Provinsi Dengan Populasi Muslim Terbanyak di Indonesia

Provinsi Dengan Populasi Muslim Terbanyak di Indonesia

Bangnanda.com - Islam sendiri merupakan salah satu agama terbesar kedua di muka bumi ini setelah agama kristen. Jumlah orang yang memeluk agama idlam di dunia ini yaitu kurang lebih sekitar 2 milliar lebih jiwa dan angka tersebut akan terus bertambah setiap tahunnya karena islam menjadi salah satu agama dengan perkembangan yang sangat luar biasa, baik itu di benua eropa maupun di benua asia. Bahkan beberapa orang memprediksi bahwa di tahun 2050 islam bisa menjadi agama terbesar di dunia mengalahkan kristen. Meskipun islam awal mulanya berasal dari asia timur tengah namun indonesia menjadi negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia.

Agama islam datang ke indonesia di bawa oleh para pedagang dari arab tepatnya pada abad pertema hijriah atau ke tujuh masehi. Daerah pertama yang menerima islam yaitu Aceh tepatnya di Pasai, Aceh Utara dan Peurelak, Aceh Timur. Salah satu bukti islam pertama kali menyebar dan diterima di aceh yaitu adanya kerajaan islam pertama yang bernama Samudra Pasai. Masuknya Islam ke tanah Jawa tidak lepas dari peran besar para wali atau yang biasa dikenal dengan nama Wali Songo, mereka orang-orang yang mampu menyebarkan Islam dengan menggunakan pendekatan budaya sehingga bisa diterima dengan mudah oleh penduduk lokal.

Kini setiap daerah di indonesia mayoritas penduduknya beragama islam. Nah bagi teman-teman yang penasaran mengenai daerah mana saja di indonesia yang memiliki populasi muslim terbanyak bisa teman-teman simak dibawah ini. Berikut ini provinsi dengan populasi muslim terbanyak di indonesia.

Provinsi Dengan populasi Muslim Terbanyak di Indonesia

1. Jawa Barat

Jawa Barat menjadi provinsi dengan populasi muslim terbanyak di indonesia hingga saat ini. Provinsi yang terletak di pulau jawa ini memiliki luas wilayah sekitar 37.040 km² dan jumlah populasi sebanyak 49 juta jiwa lebih. Jawa Barat juga masuk dalam daftar provinsi dengan jumlah penduduk terbesar dan terpadat di indonesia. Di Jawa Barat, islam menjadi salah satu agama mayoritas, sekitar 95% lebih penduduk jawa barat memeluk agama islam. Dari 49 juta penduduk sekitar 48 juta penduduk jawa barat beragama islam.

2. Jawa Timur

Sama seperti provinsi jawa barat, jawa timur juga merupakan salah satu provinsi dengan jumlah penduduk terbesar dan terpadat di indonesia. Provinsi yang terletak di bagian timur puau jawa ini memiliki luas wilayah sekitar 48.037 km² dan berbatsan langsung dengan Laut Jawa, Selat Bali, Samudra Hindia, dan Provinsi Jawa Tengah. Dari 41 juta lebih populasi penduduk jawa timur, sekitar 40 juta penduduk lebih memeluk agama islam.

3. Jawa Tengah

Setelah jawa barat dan jawa timur, berikutnya ada jawa tengah. Sama seperti kedua provinsi di atas, provinsi jawa timur juga masuk dalam jajaran provinsi dengan jumlah penduduk terbesar dan terpadat di indonesia. Di ketahui bahwa jumlah penduduk di provinsi ini yaitu sebanyak 37 juta lebih jiwa. Provinsi yang berbatasan dengan jawa barat dan jawa timur ini memiliki luas wilayah sekitar 34.337 km². Lebih dari 36 juta jiwa penduduk jawa tengah beragama islam dan menjadikan jawa tengah sebagai provinsi dengan populasi muslim terbanyak di indonesia.

4. Banten

Provinsi dengan populasi muslim terbanyak di indonesia berikutnya di tempati oleh provinsi banten. Provinsi yang beribukota di kota serang ini memiliki luas sekitar 9.663 km² serta jumlah populasi sebanyak 12 juta lebih jiwa. Provinsi Banten juga berdekatan dengan provinsi jawa barat tepatnya di sebelah timur. Jumlah penduduk banten yang memeluk agama islam yaitu sebanyak 11 juta lebih jiwa.

5. Sumatra Utara

Di peringkat kelima, provinsi dengan populasi muslim terbanyak di indonesia di tempati oleh provinsi sumatra utara yang terletak di pulau sumatra tepatnya di bagian utara. Provinsi ini memiliki luas sekitar 72.981 km² dan memiliki jumlah populasi sebanyak 15 juta lebih jiwa. Dari 15 juta lebih jiwa, jumlah penduduk sumatra utara yang memeluk agama islam yaitu sekitar 10 juta jiwa lebih atau sekitar 60% lebih dari jumlah populasi sumatra utara.

Komentar