Provinsi Dengan Pemeluk Agama Hindu Terbanyak di Indonesia 2023

Provinsi Dengan Pemeluk Agama Hindu Terbanyak di Indonesia 2023

Bangnanda.com - Hindu merupakan salah satu agama terbesar di dunia menempati posisi ketiga setelah agama Kristen dan Islam. Saat ini jumlah orang yang memeluk agam hindu di dunia yaitu sebanyak 1,16 milliar jiwa yang tersebar di beberapa negara dan angka tersebut masih akan terus bertambah setiap tahunnya. Mayoritas pemeluk agama hindu saat ini bermukim di kawasan asia selatan khususnya inda. India sendiri menjadi negara dengan pemeluk agama hindu terbanyak di dunia ini, tercatat umat hindu di india yaitu sebanyak 1.093 milliar jiwa, atau bisa dibilang hampir 90% penduduk bumi yang beragama hindu berasal dari india.

Di Indonesia sendiri hindu memang agama minoritas dan merupakan agama yang diakui. Indonesia sendiri masuk dalam daftar negara dengan pemeluk agama hindu terbanyak di dunia menempati posisi keempat setelah india, nepal, dan bangladesh. Diketahui bahwa total orang yang memeluk agama hindu di indonesia yaitu sebanyak 4,21 juta jiwa yang tersebar di tiap provinsi. Nah bagi teman-teman yang ingin tahu mengenai provinsi mana saja yang masuk dalam daftar provinsi dengan pemeluk agama hindu terbanyak di indonesia, bisa teman-teman simak dibawah ini berikut provinsi dengan pemeluk agama hindu terbanyak di indonesia tahun 2023.

Provinsi Dengan Pemeluk Agama Hindu Terbanyak di Indonesia 2023

1. Bali

Provinsi Bali sendiri terletak di bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara dan memiliki luas wilayah sekitar 5.780 km². Bali menjadi provinsi dengan pemeluk agama hindu terbanyak di indonesia. Hampir 80% penduduk indonesia yang beragama hindu berada di bali. Tercatat sekitar 3,7 juta jiwa penduduk provinsi ini beragama hindu. Bali juga menjadi salah satu daerah yang sangat menghargai toleransi dan penduduknya menerapkan sikap toleransi.

2. Kalimantan Tengah

Di posisi kedua provinsi dengan pemeluk agama hindu terbanyak di indonesia di tempati oleh provinsi kalimantan tengah atau yang biasa dikenal dengan sebutan Kalteng. Provinsi yang satu ini terletak di pulau kalimantan dan beribukota di kota palangkaraya. Luas provinsi ini kurang lebih sekitar 153.444 km² dan memiliki jumlah populasi sebanyak 2,6 juta jiwa. Dari 2,6 juwa jiwa penduduk, hanya 150 ribu lebih orang yang memeluk agama hindu di provinsi ini.

3. Nusa Tenggara Barat

Berikutnya yang masuk dalam daftar provinsi dengan pemeluk agama hindu terbanyak di indonesia tahun 2023 adalah Nusa Tenggara Barat atau yang biasa disingkat NTB. Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu provinsi di indonesia yang terletak di bagian tengah Kepulauan Nusa Tenggara di antara provinsi Bali di sebelah barat dan provinsi Nusa Tenggara Timur di sebelah Timur. Untuk luas wilayah provinsi NTB sendiri yaitu sekitar 20.153 km². Jumlah populasi provinsi NTB yaitu 5 juta jiwa lebih. Tercatat jumlah penduduk NTB yang memeluk agama hindu yaitu 130 Ribu Jiwa lebih.

4. Lampung

Lampung merupakan salah satu provinsi di pulau sumatra yang terletak di bagian ujung selatan Pulau Sumatra. Bandar lampung menjadi ibukota sekaligus pusat pemerintahan dari provinsi ini. Luas wilayah provinsi lampung yaitu sekitar 33.554 km². Dari 9 juta penduduk provinsi lampung, yang memeluk agama hindu yaitu 120 ribu jiwa lebih atau sekitar 1,49%.

5. Sulawesi Tengah

Di peringkat kelima provinsi dengan pemeluk agama hindu terbanyak di indonesia tahun 2023 ditempati oleh provinsi Sulawesi Tengah atau yang biasa orang-orang sebut dengan sebutan Sulteng. Provinsi yang satu ini terletak di bagian tengah pulau sulawesi dan memiliki luas wilayah sekitar 61.606 km². Sama seperti lampung, jumlah penduduk sulawesi tengah yang memeluk agama hindu yaitu sekitar 120 ribu jiwa lebih.

Komentar