Provinsi Dengan Jumlah Pemeluk Buddha Terbanyak di Indonesia Tahun 2022

Provinsi Dengan Jumlah Pemeluk Buddha Terbanyak di Indonesia Tahun 2022

Bangnanda.com - Di dunia ada banyak sekali kepercayaan atau istilahnya adalah agama. Agama merupakan ajaran sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan yang Maha Esa. Selain itu, agama juga merupakan tata kaidah yang berhubungan dengan kehidupan manusia di dunia. Agama memang ada banyak sekali, namun orang-orang biasanya hanya tahu agama-agama terbesar di dunia saja, salah satunya yaitu buddha. Buddha merupakan salah satu agama terbesar di dunia ini menempati urutan keempat, setelah kristen, islam, dan hindu. Agama yang satu ini berasal dari india sama halnya seperti agama hindu.

Di indonesia sendiri, jumlah orang yang memeluk agama buddha sangat sedikit jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga kita seperti thailand, myanmar, kamboja, dan malaysia. Namun indonesia masuk dalam daftar negara pemeluk buddha terbanyak di dunia. Menurut data kementrian dalam negeri, jumlah penduduk indonesia yang beragama buddha pada tahun 2022 yaitu sebanyak 2,02 juta jiwa. Jumlah tersebut sekitar 0,73% dari populasi Indonesia yang sebanyak 277,75 juta orang. Meskipun jumlah pemeluknya sedikit, namun buddha menjadi salah satu agama yang diakui di indonesia.

Dari 2,02 juta jiwa penduduk indonesia yang beragama buddha, tentunya tidak dalam satu daerah. Mereka tersebar di beberapa provinsi. Nah bagi teman-teman yang penasaran provinsi mana yang memiliki jumlah pemeluk agama buddha terbanyak di indonesia saat ini, teman-teman bisa mengetahuinya melalui data di bawah ini. Berikut ini provinsi dengan jumlah pemeluk agama buddha terbanyak di indonesia tahun 2022.

Provinsi Dengan Jumlah Pemeluk Buddha Terbanyak di Indonesia Tahun 2022

1. DKI Jakarta

DKI Jakarta atau Daerah Khusus Ibukota Jakarta berada di posisi pertama sebagai provinsi dengan jumlah pemeluk agama buddha terbanyak di indonesia di tahun 2022. Seperti yang telah kita ketahui jakarta merupakan ibukota dari indonesia sekaligus daerah terpadat di indonesia, tiap tahunnya jumlah penduduk di jakarta selalu mengalami peningkatan karena banyaknya orang yang merantau ke jakarta. Diketahui jumlah penduduk DKI jakarta saat ini yaitu 10 juta lebih penduduk. Dari 10 juta penduduk, orang yang memeluk agama buddha yaitu sebanyak 393 ribu lebih jiwa.

2. Sumatera Utara

Di urutan kedua, provinsi dengan jumlah pemeluk agama buddha terbanyak di indonesia ditempati oleh provinsi sumatera utara. Jika dilihat dari sejarah pada masa kerajaan-kerajaan di indonesia, pulau sumatera memang memiliki banyak kerajaan buddha. Dari banyaknya kerajaan buddha yang pernah berdiri di pulau sumatera, beberapa kerajaan buddha yang cukup terkenal diantaranya kerajaan sriwijaya, kerajaan kalingga, kerajaan mataram kuno, dan kerajaan dharmasraya. Jumlah penduduk provinsi sumatera utara yang memeluk agama buddha yaitu sebanyak 354 ribu lebih jiwa.

3. Kalimantan Barat

Kalimantan Barat atau yang biasa dikenal dengan sebutan Kalbar berada di posisi ketiga sebagai salah satu provinsi dengan jumlah pemeluk agama buddha terbanyak di indonesia 2022. Provinsi yang satu ini berada di pulau kalimantan dan beribukota di kota pontianak. Luas dari provinsi kalimantan barat yaitu sekitar 147.307 km² dengan jumlah populasi sebanyak 5.4 juta lebih jiwa. Dari 5,4 jutwa penduduk kalimantan barat, mereka yang memeluk agama hindu yaitu sebanyak 308 ribu lebih jiwa.

4. Kepulauan Riau

Provinsi berikutnya yang masuk dalam daftar provinsi dengan jumlah pemeluk agama buddha terbanyak di indonesia yaitu provinsi kepulauan riau atau yang biasa disebut juga dengan kepri. Provinsi ini berbatasan dengan negara vietnam, kamboja, malaysia, dan singapura. Untuk luas wilayahnya sendiri, provinsi kepulauan riau memiliki luas sekitar 8.270 km² dan jumlah populasi sebanyak 2 juta lebih jiwa. Kota tanjung pinang menjadi ibukota dari provinsi yang satu ini. Sebanyak 146 ribu lebih penduduk kepulauan riau beragama buddha.

Komentar