5 Negara Dengan Jumlah Penduduk Paling Sedikit di Dunia 2023

5 Negara Dengan Jumlah Penduduk Paling Sedikit di Dunia 2023

Bangnanda.com - Saat ini di dunia terdapat sekitar 100 lebih negara dengan ukuran yang berbeda-beda dan sistem pemerintahan yang berbeda-beda. Memiliki wilayah, Pemerintahan, dan Pengakuan negara lain merupakan unsur-unsur terbentuknya negara. Namun dari ketiga hal tersebut ada hal yang lebih penting lagi yaitu rakyat atau penduduk. Karena jika di suatu negara tidak memiliki penduduk maka negara tersebut tidak berjalan. Setiap negara wajib memiliki penduduk mau berapapun jumlahnya agar negara tersebut bisa berjalan.

Saat ini kita mungkin mengenal negara india, tiongkok, dan amerika serikat sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia. Jumlah populasi india sekitar 1,43 milliar jiwa, Tiongkok sekitar 1,42 milliar hampir sama dengan jumlah penduduk negara india, dan amerika serikat sekitar 340 jutwa lebih jiwa. Mungkin beberapa orang sudah mengetahui tentang ketiga negara tersebut sebagai negara dengan jumlah populasi penduduk terbanyak di dunia saat ini. Namun apakah orang-orang akan mengetahui negara dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia saat ini. Ketika mimin mempertanyakan hal tersebut pastinya teman-teman juga ikutan penasaran. Berikut ini daftar negara dengan jumlah populasi penduduk paling sedikit di dunia tahun 2023.

5 Negara Dengan Jumlah Penduduk Paling Sedikit di Dunia 2023

1. Vatikan

Apakah teman-teman pernah mendengar negara yang satu ini? Vatikan merupakan salah satu negara terkecil di dunia dengan luas sekitar 44 hektar dan terletak di benua eropa, vatikan sendiri merupakan sebuah negara enklave yang dikelilingi tembok di dalam kota Roma di Italia. Meskipun negara vatikan kecil namun kekayaan negara ini tidak boleh dianggap remeh. Diketahui total kekayaan negara yang satu ini mencapai sekitar US$ 8 miliar dolar. Total penduduk negara vatikan yaitu 518 jiwa.

2. Tuvalu

Negara dengan jumlah populasi penduduk paling sedikit di dunia berikutnya yaitu Tuvalu. Tuvalu dulunya dikenal dengan nama Kepulauan Ellice yang dimana merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di benua oseasia, tepatnya di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Luas negara tuvalu sendiri yaitu sekitar 26 km² saja. Sementara untuk jumlah penduduk negara ini yaitu sebantak 11.396 jiwa.

3. Nauru

Sama seperti Tuvalu, nauru juga merupakan salah satu negara dari benua oseania, namun untuk letak negara yang satu ini berada di Mikronesia di Pasifik Tengah. Nauru atau Republik Nauru dulunya dikenal sebagai Pulau Pleasant. Untuk luas negara nauru sendiri sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan luas negara tuvalu, yaitu sekitar 21 km². Jumlah populasi di negara yang satu ini yaitu 12.780 jiwa.

4. Palau

Negara keempat yang masuk dalam daftar negara dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia tahun 2023 adalah Palau. Palau atau Republik Palau merupakan sebuah negara kepulauan di samudra pasifik dan terletak di benua oseania. Negara yang satu ini memiliki luas 10 kali lipat dibandingkan dengan negara-negara sebelumnya. Luas wilayah negara palau yaitu sekitar 458,4 km² dan memiliki jumlah populasi sebanyak 18.058 jiwa.

5. Kepulauan Virgin Inggris

British Virgin Islands atau yang biasa dikenal dengan nama Kepulauan Virgin Inggris merupakan salah satu negara yang terletak di benua amerika utara. Luas wilayah negara yang satu ini yaitu 153 km² dan memiliki jumlah populasi sebanyak 31.358 jiwa.

Komentar