5 Negara Dengan Jumlah Pemeluk Agama Buddha Terbesar dan Terbanyak di Dunia 2023

5 Negara Dengan Jumlah Pemeluk Agama Buddha Terbesar dan Terbanyak di Dunia 2023

Bangnanda.com - Buddha merupakan salah satu agama terbesar di dunia ini menempati urutan keempat setelah kristen, islam, dan hindu. Dari 7 milliar penduduk bumi, sekitar 500 juta lebih jiwa memeluk agama buddha atau sekitar 7% dari total populasi dunia saat ini. Sama seperti hindu, agama ini berasal dari india dan didasarkan pada ajaran Siddhārtha Gautama atau yang juga dikenal sebagai Buddha Gautama. Meskipun agama ini berasal dari india namun sebagian besar orang yang menganut agama ini berada di wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara. Jumlah orang yang menganut agama buddha kadang mengalami kenaikan dan kadang mengalami penurunan, hal tersebut dikarenakan beberapa faktor diantaranya kematian dan orang yang menganti agamanya.

Agama Buddha merupakan salah satu agama yang resmi diakui di indonesia bersama dengan Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, dan Konghucu. Jumlah orang yang memeluk agama buddha di indonesia yaitu sebanyak 1,8 juta jiwa. Jika dilihat dari jumlah penduduk indonesia, jumlah tersebut terbilang sangat sedikit, bahkan indonesia tidak masuk dalam daftar 10 besar negara dengan jumlah pemeluk agama buddha terbesar dan terbanya di dunia saat ini. Indonesia berada di posisi ke-16 untuk hal tersebut.

Nah beberapa waktu yang lalu sebuah situs terpercaya merilis data mengenai negara dengan jumlah pemeluk agama hindu terbanyak di dunia. Bagi teman-teman yang penasaran negara mana saja yang masuk dalam daftar tersebut, teman-teman bisa simak di bawah ini negara dengan jumlah pemeluk agama buddha terbesar dan terbanyak di dunia tahun 2023.

5 Negara Dengan Jumlah Pemeluk Agama Buddha Terbesar dan Terbanyak di Dunia 2023

1. China

China berada di posisi pertama sebagai negara dengan jumlah pemeluk agama buddha terbesar dan terbanyak di dunia saat ini. China sendiri merupakan negara yang terletak di benua asia tepatnya di Asia Timur di sepanjang garis pantai Samudra Pasifik. Agama buddha masuk dan menyebar di china sejak abad pertama masehi. Saat ini total penduduk china yaitu 1,4 milliar jiwa dan masuk dalam daftar negara dengan populasi terbanyak di dunia saat ini. Dari 1,4 milliar penduduk china, yang memeluk agama buddha yaitu 254 juta jiwa. Agama buddha juga cukup populer di china dan mudah diterima karena dianggap sebagai agama tradisi.

2. Thailand

Thailand yang merupakan negara tetangga indonesia masuk dalam daftar negara dengan jumlah pemeluk agama buddha terbanyak di dunia saat ini menempati posisi kedua. Negara yang berbatasan dengan Laos, Kamboja, Malaysia, Teluk Siam, Myanmar dan Laut Andaman ini memiliki jumlah populasi sekitar 71 juta lebih jiwa. Dari total jumlah penduduk thailand, sekitar 90% penduduk thailand memeluk agama buddha atau sekitar 66 juta lebih jiwa. Sebagian besar orang Thailand menganut Buddhisme Theravada.

3. Myanmar

Negara tetangga indonesia berikutnya yang masuk dalam daftar negara dengan jumlah pemeluk agama buddha terbesar dan terbanyak di dunia saat ini yaitu Myanmar. Jumlah populasi penduduk dari negara myanmar yaitu sebanyak 53 juta lebih jiwa. Dari 53 juta jiwa penduduk myanmar, sekitar 41 juta jiwa memeluk agama buddha. Sama seperti thailand, Sebagian besar penduduk Myanmar menganut Buddhisme Theravada yang menekankan kepada kepatuhan agama yang ketat. Buddha juga menjadi agama tradisi penduduk Myanmar yang dimulai oleh kerajaan Pakan pada tahun 1044 Masehi.

4. Jepang

Negara berikutnya yang masuk dalam daftar negara dengan jumlah pemeluk agama buddha terbesar di dunia saat ini yaitu jepang. Jumlah pemeluk agama buddha di negara jepang menurut sebuah data yaitu sekitar 41 juta jiwa. Jepang sendiri merupakan salah satu negara di asia timur berdekatan dengan tiongkok, korea selatan, dan rusia. Jepang mulai mengenal Buddha pada abad ke-6 setelah para biksu China melakukan perjalanan ke wilayah Jepang sembari membawa kitab sucinya. Akibat hal tersebut banyak masyarakat jepang yang mempercayai buddha sebagai agama tradisional Jepang.

5. Kamboja

Selain thailand dan myanmar, negara tetangga indonesia lainnya yang masuk dalam daftar negara dengan jumlah pemeluk agama buddha terbanyak di dunia saat ini yaitu negara kamboja. Menurut sebuah data hampir 95% populasi dari negara ini memeluk agama buddha atau sekitar 15 juta penduduk negara kamboja yang beragama buddha.

Komentar