Ini Dia 7 Pekerjaan Yang Terancam Punah Karena Teknologi AI

Ini Dia 7 Pekerjaan Yang Terancam Punah Karena Teknologi AI

Bangnanda.com -  Apakah teman-teman sudah tahu apa itu AI ? AI sendiri merupakan kepanjangan dari Artificial Intelligence atau biasa disebut juga dengan sebutan kecerdasan buatan. Teknologi yang satu ini mengalami perkembangan yang sangat maju jika dibandingkan dengan lima tahun kebelakang ini. Tentunya hal ini menjadi suatu keuntungan bagi manusia agar bisa mempermudah lagi dalam banyak hal seperti mencari informasi dan membantu suatu pekerjaan. Tapi tahukah teman-teman dibalik sisi positif dari perkembangan teknologi AI ada dampak negatif yang cukup mengerikan, yaitu bisa membuat pekerjaan manusia tergantikan.

Saat ini beberapa perusahaan di dunia sudah mulai menggunakan teknologi AI, karena hal tersebutlah banyak karyawan yang diberhentikan dari pekerjaanya. Beberapa perusahaan yang memberhentikan karyawanya tersebut memiliki alasan mengapa ia lebih memilih menggunakan teknologi AI yaitu keputusan yang dibuat oleh AI lebih akurat dan cepat dibandingkan dengan manusia, dan menurut survey terbaru tahun 2027 bisa jadi tahun yang menggerikan untuk manusia karena ditahun tersebut sebagian besar pekerjaan manusia akan digantikan oleh AI. Nah bagi teman-teman yang ingin tahu tentang pekerjaan yang terancam punah karena AI bisa teman-teman simak dibawah ini.

Ini Dia 7 Pekerjaan Yang Terancam Punah Karena Teknologi AI

1. Pekerjaan Produksi

Pekerjaan di pabrik yang melibatkan tugas-tugas rutin dan berulang seperti perakitan, pengangkatan, dan pemrosesan, dapat digantikan oleh robot dan otomasi industri yang lebih canggih.

2. Kasir

Dengan kemajuan dalam teknologi otomasi dan pengenalan wajah, pekerjaan sebagai kasir di toko atau supermarket dapat tergantikan oleh sistem kasir otomatis yang memungkinkan pembayaran tanpa interaksi manusia.

3. Pekerjaan Pertanian

Dalam bidang pertanian, teknologi drone dan robot pertanian semakin populer, dan ini dapat menggantikan beberapa tugas pertanian tradisional, seperti pemantauan tanaman, penyemprotan pestisida, dan pemanenan.

4. Data Entry

Tugas-tugas penginputan data yang bersifat rutin dan repetitif dapat diotomatisasi menggunakan teknologi OCR (Optical Character Recognition) dan algoritma pengenalan data.

5. Pekerjaan Administratif

Pekerjaan administratif yang sederhana, seperti penjadwalan pertemuan, pengarsipan, dan manajemen inventaris, dapat diotomatisasi dengan bantuan AI dan perangkat lunak manajemen.

6. Pengemudi dan Supir

Pengembangan teknologi kendaraan otonom dapat menggantikan pekerjaan pengemudi dan supir di berbagai sektor, termasuk transportasi umum, pengiriman barang, dan taksi.

7. Pekerjaan Perbankan

Beberapa tugas perbankan seperti analisis kredit, deteksi fraud, dan dukungan pelanggan dapat diotomatisasi dengan bantuan chatbot dan sistem AI berbasis data.

Komentar