Ketahui! Ini Dia Deretan Kota Paling Minim Polusi Udara di Indonesia 2023

Ketahui! Ini Dia Deretan Kota Paling Minim Polusi Udara di Indonesia 2023

Bangnanda.com - Polusi udara merupakan salah satu jenis pencemaran lingkungan hidup dan juga bisa menjadi salah satu ancaman yang cukup serius jika tidak ditanggapi dengan benar. Pencemaran yang satu ini bisa berdampak pada sistem pernafasan manusia dan juga pada suhu udara. Beberapa penyakit yang mungkin saja terjadi pada sistem pernafasan kita akibat dari polusi udara yaitu stroke, penyakit jantung iskemik, penyakit paru obstruktif kronik, kanker paru-paru, radang paru-paru, katarak, dan infeksi saluran pernafasan. Setelah mengetahui beberapa penyakit yang bisa saja terjadi pada kita akibat polusi udara, mimin berharap teman-teman menjaga kesehatan teman-teman ketika berpergian dengan memakai masker.

Beberapa kota di indonesia sendiri memiliki poluasi udara yang berbeda-beda, ada kota yang minim polusi udara dan juga ada yang tingkat poluasi udaranya tinggi salah satunnya yaitu jakarta. Jakarta memiliki poluasi udara yang cukup mengerikan terutama jika teman-teman melihatnya dari pesawat, akan terlihat seperti kabut asap hitam yang tebal. Hal tersebut dikarenakan jakarta merupakan kota yang padat dan memiliki banyak sekali pabrik-pabrik. Jakarta memang menjadi kota dengan poluasi udara yang cukup parah, namun kota apa yang memiliki poluasi udara paling minim di indonesia jawabanya bisa teman-teman temukan di bawah ini.

Beberapa waktu lalu AQI-US atau Air Quality Index standart amerika serikat merilis tentang kota-kota apa saja yang menim polusi udara di indonesia. Skor kualitas yang diterapkan oleh AQI-US yaitu 0 sampai 500+. Semakin kecil angkanya maka semakin minim polusi udara tersebut, sebaliknya jika semakin besar angkanya maka semakin besar pula polusi udara tersebut. Berikut ini deretan kota paling minim polusi udara di indonesia tahun 2023.

Ketahui! Ini Dia Deretan Kota Paling Minim Polusi Udara di Indonesia 2023

1. Banda Aceh

Banda Aceh merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi aceh. Kota yang satu ini juga merupakan ibukota dari provinsi aceh sendiri. Menurut Air Quality Index standart Amerika Serikat, Banda Aceh menjadi kota paling minim polusi udara di indonesia, skor yang ditetapkan oleh Air Quality Index untuk banda aceh yaitu 13 atau memiliki kualitas udara yang begitu baik.

2. Bukittinggi

Bukittinggi berada di posisi kedua sebagai kota dengan polusi udara paling minim di indonesia tahun 2023. Air Quality Index memberikan skor 25 untuk kualitas udara yang ada di bukittinggi. Bisa dibilang kualitas udara di kota bukittinggi sama seperti udara di banda aceh yaitu sangat baik. Bukittinggi sendiri merupakan salah satu kota yang terletak di pulau sumatra lebih tepatnya di provinsi sumatra barat. Kota Bukittinggi juga dikenal sebagai kota dengan perekonomian terbesar kedua di provinsi sumatra barat.

3. Poso

Mungkin sebagian dari teman-teman baru pertama kali mendengar kota yang satu ini, Poso merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi sulawesi tengah. Kota ini masuk dalam daftar kota paling minim polusi udara di indonesia tahun 2023 dan mendapatkan skor 38 dari Air Quality Index, yang artinya kualitas udara di kota ini sangat baik.

4. Samarinda

Kota berikutnya yang masuk dalam daftar kota paling minim polusi udara di indonesia yaitu kota samarinda. Samarinda merupakan kota sekaligus ibukota dari provinsi kalimantan timur dan dikenal sebagai kota dengan penduduk terbesar di seluruh Pulau Kalimantan. Meskipun kota samarinda jumlah penduduknya banyak, namun kualitas udara di kota ini dinilai masih cukup baik oleh Air Quality Index dan mendapat skor 55.

5. Bandung

Bandung menjadi kota kelima sekaligus kota terakhir yang mimin masukan kedalam list kota paling minim polusi udara di indonesai tahun 2023. Kota yang satu ini merupakan ibukota dari provinsi jawa barat dan kota terbesar ketiga di indonesia. Air Quality Index memberikan nilai 57 untuk kualitas udara kota bandung.

Komentar