Awas Bahaya! Ini Dia Daftar Kota Dengan Kualitas Udara Terburuk di Dunia Tahun 2023

Awas Bahaya! Ini Dia Daftar Kota Dengan Kualitas Udara Terburuk di Dunia Tahun 2023

Bangnanda.com - Agar bisa hidup, tumbuh, dan berkembang bika dengan baik, manusia dan hewan memerlukan udara yang bersih. Selain itu udara bersih juga sangat berpengaruh besar terhadap sistem pernafasan manusia, jika seseorang sering menghirup udara yang bersih maka sistem pernafasannya sehat, sedangkan bagi orang yang suka menghidup udara kotor isa mengakibatkan beberapa masalah pada sistem pernafasan, salah satunnya yaitu Infeksi Saluran Pernafasan. Penyakit tersebut sering menjangkit orang-orang yang tinggal di kota-kota besar karena kota-kota besar selalu pada kendaraan dan juga ada banyak sekali aktifitas dari pabril yang menghasilkan udara kotor yang dikeluarkan melalui cerobong asap.

Beberapa waktu yang lalu situs IQAir membuat daftar rangking indeks kualitas udara dan polusi di berbagai kota di seluruh dunia. Dari beberapa kota yang dicantumkan terdapat salah satu kota di indonesia yang masuk dalam daftar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia menempati urutan kedua, apakah teman-teman bisa menebak kota mana itu? ya kota itu adalah jakarta. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa jarakta merupakan salah satu kota yang padat kendaraan dan juga ada banyak sekali aktifitas pabrik di kota ini sehingga mempengaruhi kualitas udara di kota ini.

Penilaian yang dilakukan oleh IQAir yaitu berupa skor, mulai dari 0 hingga 301+ semakin kecil angkanya maka kualitas udaranya sangat baik, sedangkan jika semakin besar maka kualitas udaranya buruk. Bagi teman-teman yang ingin mengetahui kota mana saja yang memiliiki kualitas udara terburuk di dunia saat ini, bisa teman-teman simak ulasannya dibawah ini. Berikut daftar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia tahun 2023.

Awas Bahaya! Ini Dia Daftar Kota Dengan Kualitas Udara Terburuk di Dunia Tahun 2023

1. Dubai

Dubai sendiri merupakan salah satu kota yang cukup terkenal di dunia karena arsitektur bangunanya yang megah dan juga mewah. Tidak heran jika kota ini selalu ramai didatangi oleh wisatawan dari negara lain. Namun disamping kemegahan dan kepopulerannya itu, dubai justru menjadi kota dengan kualitas udara terburuk di dunia saat ini. Hal tersebut lantaran kota ini selalu padat dan banyak sekali orang-orang yang menggunakan mobil sehingga membuat udara di kota ini tercemar. IQAir memberikan nilai 174 untuk kota dubai yang berarti kualitas udara di kota ini tidak sehat.

2. Jakarta

Kita sebagau orang indonesia seharunya merasa bersedih karena jakarta masuk dalam daftar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia menempati posisi kedua. Hal tersebut memang tidak bisa dipungkiri lagi karena jakarta merupakan daerah yang padat dan juga ramai kendaraan mobil dan motor, tak hanya itu saja di kota ini terdapat banyak sekali pabrik yang juga membuat udara di jakarta tercemar. Nilai yang diberikan IQAir terhadap kota jakarta sangat berdekatan dengan kota sebelumnya, untuk nilai kota jakarta yaitu 170 yang artinya udara di jakarta tidak sehat.

3. Doha

Kota berikutnya yang masuk dalam jajaran kota dengan kualitas udara terburuk di dunia adalah kota Doha. Doha sendiri merupakan ibukota dari negara Qatar dan juga merupakan salah satu daerah terpadat di daerah timur tengah. Sama seperti dubai, kota ini juga dipenuhi dengan bangunan megah dan mewah serta sering dikunjungi oleh banyak wisatawan dari berbagai negara. Namun sayangnya udara di kota ini sangat tidak sehat, skor yang diberikan oleh IQAir terhadap kota ini yaitu 161.

4. Dhaka

Daha merupakan ibukota dari negara bangladesh sekaligus kota terpadat di negara tersebut. Bangladesh sendiri juga dikenal sebagai salah satu kota terpadat di dunia dengan jumlah penduduk sebanyak 169 juta lebih jiwa. Selain masuk dalam daftar kota terpadat di dunia, bangladesh juga masuk dalam daftar negara dengan kualitas udara terburuk di dunia saat ini. Skor untuk kualitas udara negara bangladesh yaitu 157 yang berarti udaranya tidak sehat.

5. Kuching

Selain jakarta, indonesia, kota dari asia tenggara lainnya yang masuk dalam daftar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia saat ini yaitu kota kuching, yang merupakan ibukota dari serawak malaysia. Kota ini cukup dekat dengan indonesia. Jika teman-teman berasal dari kalimantan pastinya teman-teman bisa ke kota ini namun pastinya dengan beberapa persyaratan tertentu. Jika dibandingkan dengan keempat kota diatas, kualitas udara di kota ini cukup baik, namun udara disini masih sangat kotor dan buruk.

Komentar