Daftar Pekerjaan Freelance Yang Banyak Dicari di Indonesia 2023

Daftar Pekerjaan Freelance Yang Banyak Dicari di Indonesia 2023

Bangnanda.com - Dulu menjadi seorang pegawai kantoran dan juga menjadi seorang pegawai negeri menjadi pekerjaan yang di inginkan oleh setiap orang karena gaji yang ditawarkan cenderung besar terutama di kota-kota besar yang memiliki UMR tinggi. Namun untuk saat ini orang-orang akan lebih untuk menjadi seorang Freelancer atau yang biasa di kenal dengan sebutan pekerja lepas. Alasan mengapa banyak orang yang ingin menjadi Freelancer adalah karena pekerjaanya santai dan bisa dilakukan dimanapun.

Meskipun terdengar mudah, namun menjadi seorang freelancer membutuhkan beberapa hal seperti koneksi internet yang bagus, skill komunikasi yang bagus terutama jika teman-teman memilih target luar indonesia, dan juga harus pandai dalam menyelesaikan permasalahan yang akan dihadapi. Menurut Badan Pusat Statistik, pada tahun 2020 lalu pada saat terjadinya pandemi tercatat ada sekitar 33 juta penduduk indonesia yang bekerja sebagai freelancer. Jika dibandingkan dengan saat ini angka tersebut mungkin saja mengalami peningkatan karena pekerjaan yang satu ini bisa dilakukan oleh orang tua ataupun anak-anak muda.

Ada banyak sekali jenis pekerjaan freelance di dunia ini, teman-teman bisa menyesuaikannya dengan kemampuan teman-teman. Jika teman-teman seorang pemula, maka disarankan agar memilih satu bidang terlebih dahulu untuk dikuasai, jika sudah menguasai bidang tersebut teman-teman bisa mempelajari jenis pekerjaan freelance yang lain. Bagi teman-teman yang ingin mengetahui jenis pekerjaan freelance apa saja yang banyak dicari di indonesia saat ini, berikut ini daftar pekerjaan freelance yang banyak dicari di indonesia di tahun 2023.

Daftar Pekerjaan Freelance Yang Banyak Dicari di Indonesia 2023

1. Business Analyst

Business Analyst menjadi pekerjaan freelance yang paling banyak dicari saat ini. Jika teman-teman ingin mengeluti bidang ini maka teman-teman harus siap bertanggung jawab untuk menganalisis kebutuhan bisnis, merancang solusi bisnis, harus jago komunikasi, mahir menganalisi data, dan menghubungkan antara tim teknis dan tim bisnis dalam sebuah organisasi. Peran ini sangat penting dalam menjembatani kesenjangan antara kebutuhan bisnis dan implementasi teknis.

2. Voiceover

Pekerjaan seorang voiceover melibatkan penggunaan suara teman-teman untuk memberikan narasi, komentar, dialog, atau instruksi dalam berbagai jenis media, seperti iklan televisi, film, video game, acara radio, presentasi, buku audio, panduan perjalanan, dan banyak lagi. Voiceover artists (seniman suara) menyampaikan pesan dan emosi melalui suara mereka tanpa muncul di layar atau tampil di depan umum.

3. Graphic Designer

Seorang Graphic Designer melibatkan penciptaan visual yang beragam untuk komunikasi visual, branding, pemasaran, dan banyak lagi. Mereka menggunakan elemen desain seperti warna, tipografi, gambar, dan ilustrasi untuk menciptakan karya yang menarik dan efektif dalam menyampaikan pesan atau ide. Jika teman-teman ingin terjun ke bidang ini maka teman-teman harus paham tentang penggunaan warna yang baik serta makna-makna dari sebuah design.

4. Data Entry

Jenis pekerjaan yang satu ini banyak diminati oleh anak-anak muda yang baru terjun ke dunia freelance. Hal tersebut dikarenakan jenis pekerjaan yang satu ini paling sederhana diantara jenis pekerjaan frelance yang lainnya. Namun tentunya jika teman-teman ingin menjadi seorang data entry teman-teman harus memiliki keakuratan, ketelitian, dan juga kecepatan untuk memasukan sebuah data ke dalam database.

5. Content Writer

Pekerjaan sebagai Content Writer melibatkan pembuatan teks atau konten tulisan untuk berbagai platform dan tujuan, seperti website, blog, media sosial, iklan, materi pemasaran, artikel, dan banyak lagi. Tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi yang relevan, menghibur, atau mempengaruhi audiens dengan cara yang efektif. Jika teman-teman memiliki kemampuan menulis yang baik maka cobalah untuk mengeluti bidang freelance yang satu ini.

6. Copywriter

Sama halnya seperti Content Writer, Copywriter juga memerlukan kemampuan menulis yang baik. Sebenarnya Content Writer dan Copywriter memiliki banyak sekali kemiripan. Pekerjaan sebagai Copywriter melibatkan pembuatan teks persuasif dan menarik yang dirancang untuk mempengaruhi audiens agar melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk, mendaftar ke layanan, atau berinteraksi dengan merek. Copywriter berfokus pada penciptaan teks yang memiliki dampak dan daya tarik untuk membangun hubungan dengan konsumen.

Komentar