6 Tempat Wisata Terbaik dan Terhits di Buton Yang Wajib Untuk Dikunjungi

6 Tempat Wisata Terbaik dan Terhits di Buton Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Bangnanda.com - Buton merupakan salah satu kabupaten di provinsi tsulawesi tenggara tepatnya di pulau buton. Pulau buton sendiri merupakan pulau terbesar di luas pulau induk sulawesi. Luas wilayah dari kabupaten buton sendiri yaitu sekitar 1.213,00 km² dan memiliki jumlah populasi sebanyak 119.185 jiwa pada tahun 2020. Kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten buton utara di sebelah utara, kabupaten wakatobi di timur, kabupaten buton selatan dan laut flores di sebelah selatan, serta kota baubau di sebelah barat. Banyak fata menarik mengenai kabupaten yang satu ini, salah satunya adalah kabupaten buton di kenal sebagai daerah penghasil aspal terbesar di indonesia.

Selain itu kebupaten buton juga dikenal memiliki keindahan alam yang sangat mempesona dan menjadi kebanggan bagi warga lokal, bahkan beberapa tempat wisata yang ada di buton sendiri dikenal oleh banyak wisatawan dari luar daerah. Sobat bisa menjadikan kabupaten buton sebagai tempat liburan bersama keluarga, karena saat berlibur di buton sobat akan mendapatkan banyak sekali pengalaman berharga yang sulit dilupakan. Jika berlibur di kabupaten buton ada beberapa tempat yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi, berikut ini tempat wisata terbaik dan terhits di buton yang wajib dikunjungi.

6 Tempat Wisata Terbaik dan Terhits di Buton Yang Wajib Untuk Dikunjungi

1. Pantai Nirwana
Wisata  Pantai Nirwana

Pantai Nirwana merupakan salah satu tempat wisata terbaik dan terhits yang ada di buton, selain itu pantai yang satu ini juga merupakan salah satu pantai terindah di pulau buton. Untuk lokasinya sendiri pantai nirwana berada di Sula, Kecamatan Betoambari, Kabupaten Buton. Keindahan pantai ini terdapat pada tiga kombinasi warna yang berbeda yaitu putih, biru kejhijauan, dan biru muda. Ketiga warna tersebut memancarkan keindahan yang membuat mata terpukau. Bhakan wisatwan dapat dibuat betah dengan suasana yang ada di pantai ini. Ombak di pantai ini juga sangat tenang sehingga sangat cocok untuk melakukan berbagai aktifitas seperti berenang dan diving.

2. Pantai Swis

Selain pantai nirwana, pantai indah lainnya yang terdapat di buton yang wajib untuk dikunjungi adalah Pantai Swis. Letak pantai ini berada di Jalan Protokol, Saragi, Kecamatan Pasar Wajo, Kabupaten Buton. Memang pantai ini tidak seramai pantai nirwana karena lokasinya yang tersembunti di balik batu karang besar, namun pantai ini memiliki keasrian yang masih terjaga dan juga pemandangan yang sangat indah. Di pantai ini terdapat sebuah gardu pandang berupa gubuk kecil yang di pakai untuk melihat matahari terbenam atau sunset.

3. Air Terjun Kandawu Ndawuna

Hampir setiap daerah di indonesia memiliki wisata air terjun, memang wisata air terjun cukup sedikit dibicarakan karena lokasinya yang tersembunyi dan juga akses menuju tempatnya yang sangat sulit. Namun hal tersebut tidak membuat para wisatanan menyerah, mereka justru semakin tertarik. Salah satu air terjun indah yang ada di buton yang wajib sobat datangi ialah Air Terjun Kandawu Ndawuna yang berlokasi di Waondo Wolio, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton. Air terjun ini memiliki ketinggian 30 hingga 50 meter dan dikelilingi oleh pepohonan besar yang membuat udara di sekitar air terjun ini terasa dingin. Air Terjun Kandawu Ndawuna sering kali dijadikan latar belakang dalam foto oleh beberapa orang karena terlihat indah dan menawan.

4. Mata Air Pocuncui

Tempat wisata terbaik dan terhits berikutnya di buton yang wajib untuk dikunjungi adalah Mata Air Pocuncui. Mata Air Pocuncui sendiri terletak di Awainulu, Kecamatan Pasar Wajo, Kabupaten Buton dan menjadi tempat terbaik untuk menenangkan diri karena tempatnya masih sangat asri dan terawat. Air yang terdapat di mata air pocuncoi ini begitu jernih ditambah dengan bebatuan karang yang membuatnya terlihat indah.

Alasan mengapa banyak bebatuan karang di tempat ini adalah karena lokasinya yang berdekatan dengan pantai, meski berdekatan dengan pantai namun air yang ada di sumber mata air ini tidak asin. Dulunya tempat ini merupakan tempat pemandian warga lokal, Namun karena kini setiap rumah warga sudah memiliki akses MCK yang baik, Mata Air Pocuncui dijadikan sebagai tempat wisata.

5. Wisata Kampung Bajo

Tempat wisata yang satu ini cukup menarik dan unik, di tempat ini sobat bisa melihat pemukiman warga yang berupa rumah apung. Suasana di sekitar tempat ini juga sangat nyaman dan sejuk sehingga bisa membuat sobat lupa akan waktu. Warga yang tinggal di perkampungan bajo mengandalkan hasil laut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Disini sobat bisa bertegur sapa dengan warga sekitar sembari belajar banyak hal mengenai teknik menagkap ikan ala warga suku Bajo dan  juga bisa melihat cara pengolahan bulu babi. Untuk letak tempat wisata yang satu ini berada di Holimombo, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton.

6. Wisata Kali Biru

Saat berlibur di buton tidak lupa juga untuk berkunjung ke wisata kali biru yang terletak di Jalan Pangeran Limboro, Banabungi, Kecamatan Pasar Wajo, Kabupaten Buton. Wisata kali biru sendiri merupakan sebuah telaga alami yang dibuat dan direnovasi seperti sebuah danau dan menjadi salah satu tempat wisata populer. Air di tempat ini juga begitu jernih dan bersih sehingga sobat bisa melihat langsung dasar dari telaga ini yang dipenuhi dengan bebatuan karang yang sudah mati. Salah satu aktifitas yang wajib sobat lakukan ketika berada di tempat ini adalah bermain sepeda air.

Komentar