6 Provinsi Penghasil Durian Terbesar di Indonesia Tahun 2022

6 Provinsi Penghasil Durian Terbesar di Indonesia Tahun 2022

Bangnanda.com - Durian merupakan salah satu buah-buah yang cukup digemari oleh banyak orang karena rasanya yang manis dan juga baunya yang harum. Namun ada juga beberapa orang yang tidak menyukai durian dikarekan sensitif dengan baunya, bahkan ketika orang tersebut mencium bau durian bisa mengakibatkan orang tersebut muntah-muntah. Durian sendiri merupakan salah satu ymbuhan trofis yang berasal dari asia tenggara bentuk buahnya dilapisi dengan duri-duri yang tajam yang dimana membukannya membutuhkan uasaha yang lebih. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara penghasil durian terbesar di asia tenggara.

Perlu teman-teman ketahui bahwa durian setiap negara berbeda-beda, mulai dari bentuk rasa dan juga pohonya semua tergantung dari kondisi geografis tertentu. Begitupun di indonesia, di indonesia terdapat berbagai macam durian diantaranya yaitu Durian Montong, Durian Petruk, Durian bawor, Durian Musang King, Durian Bokor, dan masih banyak lagi jenis-jenis durian lainnya. Setiap daerah di indonesia menghasilkan sekali durian dengan ciri khasnya tertentu, durian-durian tersebut nantunya akan ada yang di ekspor ke luar negeri danada juga yang di jual di pasar lokal. Setiap tahunnya Badan Pusat Statistik selalu mengumpulkan segala jenis data, salah satunya adalah data tentang provinsi penghasil durian di indonesia. Bagi teman-teman yang ingin mengetahui tentang daftar provinsi penghasil durian terbesar di indonesia bisa teman-teman simak dibawah ini.

6 Provinsi Penghasil Durian Terbesar di Indonesia Tahun 2022

1. Jawa Timur

Menurut BPS atau Badan Pusat Statistik Jawa Timur menjadi provinsi penghasil durian terbesar di indonesia dengan total 419.849 ton. Angka tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan data tahun sebelumnya. Banyak daerah di jawa timur yang menghasilkan durian berkualitas diantaranya yaitu Jombang, Banyuwangi, Malang, Jember, Pasuruan. Probolingo, Trenggelek, dan Madiun. Jenis durian yang ada di jawa timur juga bervariasi ada durian Durian Rindu, Durian Merah, Durian Kembang, dan Durian Kawuk.

2. Sumatera Barat

Di Posisi kedua ada sumatera barat sebagai salah satu provinsi penghasil durian terbesar di indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik total durian yang dihasilkan dari provinsi ini yaitu sekitar 304.119 ton. Kabupaten Agam tercatat sebagai daerah penghasil durian terbanyak di sumatera utara, selain itu daerah-daerah lainnya di sumatera barat yang juga menghasilkan cukup banyak durian diantaranya yaitu Kabupaten Padang pariaman, Kabupaten padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok, dan Kabupaten Lima Puluh Kota.

3. Jawa Tengah

Urutan ketiga provinsi penghasil durian terbesar di indonesia di tempati oleh provinsi jawa tengah dengan total durian sebanyak 211.898 ton. Angka tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kabupaten semarang menjadi kabupaten dengan penghasil durian terbanyak di jawa tengah, selain kabupaten semarang daerah lainnya yang menghasilkan banyak durian yaitu Purworejo, Magelang, Tegal, Wonosobo, Wonogiri, dan Pekalongan.

4. Sumatera Utara

Sumatera utara juga masuk dalam daftar provinsi penghasil durian terbesar di indonesia tahun 2022. Total durian yang dihasilkan dari provinsi ini yaitu sekitar 109.944 ton. Jika dibandingkan dengan angka tahun sebelumnya sedikit terjadi penurunan namun durian yang dihasilkan dari provinsi ini sangat berkualitas. Beberapa daerah penghasil durian terbsari di sumatera utara diantaranya yaitu kabupaten tapanuli, Tapanuli Utara, Langkat, Mandailing Natal, Medan, Tapanuli tengah, dan Dairi.

5. Jawa Barat

Tidak hanya jawa timur dan jawa tengah saja yang masuk dalam daftar provinsi penghasil durian terbesar di indonesia, jawa barat juga masuk dalam daftar tersebut menempati urutan kelima. Jumlah panen durian dalam satu tahun menurut BPS adalah 80.334 ton buah durian. Daerah penghasil durian terbanyak di jawa barat adalah kabupaten cianjur, kemudian diikuti dengan daerah-daerah lainnya seperti kabupaten tasikmalaya, Kabupaten Majalengka, Kabupaten garut, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Bogor.

6. Sulawesi Tengah

Di urutan keenam provinsi penghasil durian terbesar di indonesia ditempati oleh provinsi sulawesi tengah. Menurut badan pusat statistik, total durian yang di panen pada tahun 2022 di provinsi ini yaitu sebanyak 63.387 ton buah durian. Durian dari sulawesi tengah juga sangat berkualitas, ada yang di ekspor ke luar negeri dan ada juga yang dikirim ke setiap pulau di indonesia.

Komentar