Indonesia Salah Satunya, Berikut 5 Negara Dengan Pemeluk Agama Hindu Terbanyak di Dunia

Indonesia Salah Satunya, Berikut 5 Negara Dengan Pemeluk Agama Hindu Terbanyak di Dunia

Bangnanda.com - Semua agama di dunia tujuannya sama yaitu mengajarkan kebaikan hanya yang membedakannya ialah cara dari ibadahnya. Sama halnya Kristen dan Islam, Hindu juga menjadi salah satu agama yang memiliki banyak pengikutnya di dunia, tepatnya di posisi ketiga setelah Kristen dan Islam. Jumlah pemeluk agama hindu selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya meskipun perkembangannya tidak secepat agama islam. Ada beberapa faktor mengapa orang-orang masuk ke agama hindu, salah satunnya yaitu faktor pernikahan. Seseorang bisa memilih agama apapun tanpa ada paksaan, semua tergantung diri pribadi masing-masing.

 Agama Hindu sendiri berasal dari india dan di sebarkan oleh bangsa arya pada waktu 1500 sebelum masehi. Selain menyebarkan agama hindu, kedatangan bangsa arya juga memengaruhi tatanan kehidupan sosial masyarakat di India pada saat itu. Selain menjadi salah satu agama terbesar di dunia hindu juga menjadi salah satu agama tertua di dunia. Diketahui penganut agama hindu di dunia saat ini yaitu 1,16 milliar jiwa yang tersebar di beberapa negara. Nah bagi teman-teman yang ingin tahu negara dengan pemeluk agama hindu terbanyak di dunia bisa teman-teman simak dibawah ini.

Berikut 5 Negara Dengan Pemeluk Agama Hindu Terbanyak di Dunia

1. India

India sendiri merupakan salah satu negara yang terletak di benua asia tepatnya di asia selatan. Negara ini dikenal oleh banyak orang karena salah satu keajaiban dunianya yaitu Taj Mahal. Sudah tidak aneh jika india menjadi negara dengan pemeluk agama hindu terbanyak di dunia saat ini karena india sendiri menjadi titik awal dimana agama hindu mulai berkembang. Hampir 80% populasi penduduk india memeluk agama hindu. Jumlah penduduk india yang beragama hindu yaitu 1,09 milliar jiwa.

2. Nepal

Di posisi kedua, negara dengan pemeluk agama hindu terbanyak di dunia ditempati oleh negara nepal. Letak negara nepal sama dengan india yaitu di benua asia tepatnya di asia selatan. Hanya saja negara nepal negara terkurung daratan. Diketahui total penduduk negara nepal sendiri yaitu 30 juta jiwa lebih, dan sekitar 28 jutwa jiwa penduduk nepal memeluk agama hindu itu artinya lebih dari 85% penduduk nepa beragama hindu.

3. Bangladesh

Bangladesh menjadi negara berikutnya yang masuk dalam daftar negara dengan pemeluk agama hindu terbanyak di dunia. Sama halnya denga india dan nepal, negara bangladesh juga terletak di asia selatan dan berbatasan dengan negara india, myanmar, dan telauk benggala. Islam memang menjadi agama mayoritas di negara ini namun bukan berrati di banglades tidak ada orang yang memeluk agam lainnya. Diketahui bahwa penduduk rakyat banglades yang memeluk agama hindu yaitu sebanyak 13,79 juta jiwa.

4. Indonesia

Negara berikutnya yang masuk dalam daftar negara dengan pemeluk agam hindu terbanyak di dunia ditempati oleh negara kita yaitu indonesia. Agama hindu memang bukan agama mayoritas di indonesia, namun hindu menjadi agama yang diakui oleh indonesia. Agama hindu di indonesia sudah cukup lama, masuknya agama hindu ke indonesia ditandai dengan berdirinya kerajaan Kutai dan Tarumanegara sekitar abad ke-4. Dari 270 jutwa jiwa lebih penduduk indonesia, hanya 4,21 juta jiwa yang memeluk agama hindu.

5. Pakistan

Negara kelima sekaligus menjadi negara terakhir yang masuk dalam daftar negara dengan pemeluk agama hindu terbanyak di dunia yaitu negara pakistan. Pakistan sendiri merupakan salah satu negara yang terletak di asia selatan dan berbatsan dengan negara afganistan, iran, tiongkok, dan india. Sama seperti indonesia, mayoritas penduduk negara pakistan juga memeluk agama islam. Meskipun begitu di negara ini juga terdapat penduduk agama hindu yang jumlahnya tidak sedikit. Sekitar 3,99 juta jiwa penduduk pakistan memeluk agama hindu.

Komentar