Wajib Kamu Ketahui! 6 Negara Boneka Yang Dibentuk Belanda Selama Menjajah Indonesia

Wajib Kamu Ketahui! 6 Negara Boneka Yang Dibentuk Belanda Selama Menjajah Indonesia

Bangnanda.com - Kemerdekaatn indonesia diraih secara penuh perjuangan dan susah payah, banyak sekali pengorbanan dan juga drama yang terjadi di ketika kemerdekaan akan berlangsung, salah satunya adalah perbedaan pendapat antara golongan tua dan muda. Namun pada akhirnya hal tersebut terselesaikan dengan baik. Indonesia sendiri dijajah oleh bangsa asing selama 300 tahun lebih. Bhkan ketika merdeka pun indonesia hampir kembali dijajah. Kita haru bersyukur kepada tuhan yang maha esa dan juga harus mengenang jasa para pahlawan karena peran tuhan dan juga para pejuang indonesia merdeka dan terbebas dari penjajah.

Indonesia sendiri dijajah oleh beberapa negara namun yang paling terkenal dan banyak dibicarakan adalah belanda, jepang, dan portugis. Belanda menjadi negara yang paling lama menjajah indonesia yaitu 350 tahun. Salah satu alasan mengapa indonesia dijajah oleh belanda adalah karena indonesia kaya akan rempah-rempah dan sumber daya alamnya yang melimpah, belanda berencana menguasai indonesia agar bisa mengarap semua kakayaan alam tersebut. Selama menjajah indonesia belanda juga mendirikan negara boneka. Tujuan dari didirikannya negara boneka adalah untuk kembali menguasai Indonesia dan mempertahankan kekuasaan tersebut dengan memecah Indonesia. Berikut ini daftar negara boneka yang dibentuk oleh belanda selama menjajah indonesia.

Wajib Kamu Ketahui! 6 Negara Boneka Yang Dibentuk Belanda Selama Menjajah Indonesia

1. Negara Indonesia Timur

Negara Indonesia Timur adalah negara boneka pertama yang dibentuk oleh belanda selama menjajah indonesia. Negara ini dibentuk pada tahun 1946 dan berakhir di tahun 1950, presidennya sendiri bernama Tjokorda Gde Raka Soekawati. Pembentukan dari negara indonesia timur didasarkan pada Konferensi Malino dan Konferensi Denpasar. Wilayah dari negara indonesia timur yaitu meliputi Sulawesi, Sunda Kecil (Nusa Tenggara), dan Kepulauan Maluku. Pada awalnya negara ini loyal terhadap belanda karena sering mendapat asupan dana, namun hal tersebut berubada ketika agresi militer kedua terjadi.

2. Negara Sumatra Timur

Tujuan dari dibentuknya Negara Sumatra Timur adalah untuk  melindungi ladang minyak, kebun karet, dan tembakau. Jika ingin kembali menjajah indoneis membutuhkan dana yang besar maka belanda memanfaatkan kekayaan alam ini dengan cara menghasut para penduduk dan bangsawan agar mendirikan negara baru. Negara Sumatra Timur terbentuk di tahun 1947 dan yang menjadi presidennya yaitu Tengku Mansur.

Sebetulnya pembentukan dari Negara Sumatra Timur mendapatkan pro dan kontra, Pihak Pro menganggap pembentukan negara ini akan melindungi mereka dari gerakan anti kemapanan. Sedangkan pihak kontra tidak menginginkan kembali di bawah kekuasaan Belanda. Negara ini hanya berjalan sekitar tiga tahun karena ada banyak sekali tekanan. Pada tahun 1950 pihak presiden NST kemudian memutuskan untuk kembali menjadi bagian dari NKRI.

3. Negara Sumatra Selatan

Negara Sumatra Selatan terbentuk akibat agresi militer pertama, pada tanggal 21 Juli 1947, tentara Belanda melancarkan sebuah serangan di seluruh daerah di Sumatra Selatan. Serangan ini mengakibatkan banyak daerah runtuh. Belanda kemudian memanfaatkan situasi tersebut dengan mendirikan sebuah negara baru yang bernama negara sumatra selatan dan menunjuk abdul malik sebagai presidennya. Alasan mengapa belanda mendirikan negara sumatra selatan adalah karena untuk melindungi sumber daya alam yang ada di sini. Mereka ingin mengeruk semua keuntungan dari Negara Sumatra Selatan dengan membuat mereka sebagai sekutu. Negara Sumatra Selatan kemudian menjadi bagian dari indonesia di tahun 1950.

4. Negara Jawa Timur

Negara boneka berikutnya yang dibentuk oleh belanda adalah Negara Jawa Timur. Pembentukan Negara Jawa Timur adalah buntut panjang Serangan 10 November 1945 yang dilakukan oleh arek-arek Surabaya, kemudian pada tahun 1948 terbentuklah negara jawa timur. Berkat pembentukan negara inilah jawa timur kemudian dikuasai oleh belanda dan beberapa pemerintahan di jawa timur haru dipindahkan. R.T.P Achmad Kusumonegoro menjadi presiden dari negara jawa timur sendiri. 

5. Negara Pasundan

Tujuan dari dibentuknya negara pasundan berbeda dengan negara boneka lainnya. Negara Pasundan dibentuk secara politik untuk membela indonesia. Negara Pasundan memang dibentuk oleh belanda, bahkan mereka juga memberikan segala fasilita. Presiden dari negara pasundan adalah Wiranataskusuma. Saat itu Wiranataskusuma sangat pro republik hingga kemenangannya atas Negara Pasundan adalah kemenangan Indonesia. Wiranatakusumah berjuang menjadi presiden Negara Pasundan agar Jawa Barat tetap jadi bagian dari Indonesia.

6. Negara Madura

Negara Boneka keenam yang dibentuk belanda selama menjajah indonesia adalah Negara Madura. Negara Madura terbentuk di tahun 1948 atas perintah Van der Plas dan dibentuk melalui pemungutan suara palsu karena Belanda melakukan intimidasi kepada semua pihak. Sebenarnya negara madura hanyalah rekayasa yang dibuat belanda agar wilayah Jawa Timur mudah ditaklukkan. Wilayah negara ini meliputi Pulau Madura dan juga pulau kecil di sekitarnya. 

Komentar