7 Klub Sepakbola Indonesia Terbaik dan Paling Populer 2023

7 Klub Sepakbola Indonesia Terbaik dan Paling Populer 2023

Bangnanda.com - Seperti yang kita ketahui, sepakbola sudah menjadi salah satu olahraga terfavorit dan paling populer di dunia ini. Olahraga ini disukai oleh berbagai kalangan usia baik itu anak-anak, remaja, dan orang dewasa, selain itu olahraga yang satu ini tidak hanya disukai oleh kaum laki-laki saja, bahkan perempuan sekalipun bisa sangat menyukai sepakbola lebih dari laki-laki. Saat ini memang liga inggris menjaedi salah satu liga terbaik di dunia di urutan pertama, banyak klub-klub dari liga tersebut difavoritkan oleh banyak orang, cpontohnya Manchester United, Chelsea, Arsenal, Liverpool, dan Manchester City. Klub-Klub tersebut selalu konsisten berada di peringkat atas setiap musimnya.

Sepakbola di penjuru dunia memang sangat populer, namun bagaiman dengan sepkbola di tanah air kita? Sepakbola di indonesia sendiri juga tidak kalah populer bahkan beberapa fansnya bisa sangat antusias melebihi fans sepakbola yang ada di luar negeri. Mereka tidak pernah lelah untuk memberikan dukungannya ketika ke stadion dengan bernyanyi sepanjang pertandingan berlangsung, selain itu mereka juga selalu menyiapkan koreografi yang kreatif yang bahkan bisa menjadi pusat perhatian dunia.

Liga indonesia menjadi salah satu liga terketat di asia tenggara karena untuk menebak juaranya sangat sulit bahkan selalu tidak disangka-sangka. Ada banyak sekali tim-tim superior di indonesia, tim-tim tersebut pastinya sudah memiliki banyak gelar dan memiliki sejarah yang sangat panjang. Maka tidak heran jika para pengemar sepakbola tanah air mengidolakan tm-tim tersebut bahkan beberapa diantaranya menjadi salah satu tim yang paling populer di asia tenggara. Berikut ini daftar klub sepakbola indonesia terbaik dan paling populer di tahun 2023.

7 Klub Sepakbola Indonesia Terbaik dan Paling Populer 2023

1. Persib Bandung

Di peringkat pertama klub sepakbola indonesia terbaik dan paling populer di tahun 2023 di tempati oleh Persib Bandung. Persib Bandung merupakan salah satu klub paling bersejarah di Indonesia, Persib memiliki basis pendukung yang sangat fanatik dan loyal, yang dikenal dengan sebutan Bobotoh. Bobotoh selalu memberikan dukungan penuh kepada klub dalam setiap pertandingan, baik di kandang maupun tandang. sebuah klub sepak bola profesional yang berbasis di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Klub ini didirikan pada 14 Maret 1933, dan merupakan salah satu klub sepak bola terbesar dan paling populer di Indonesia.

2. Persija Jakarta

Jika ada Persib Bandung maka ada juga rival sejatinya yaitu Persija Jakarta. Persija Jakarta adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Klub ini didirikan pada 28 November 1928 dan merupakan salah satu klub sepak bola tertua di Indonesia. Persija dikenal dengan julukan Macan Kemayoran dan memiliki basis pendukung yang fanatik yang disebut Jakmania. Sepanjang sejarahnya, Persija Jakarta telah mencetak banyak pemain berbakat yang juga berkontribusi bagi timnas Indonesia. Klub ini memiliki sejarah yang kaya dan menjadi salah satu kekuatan utama dalam sepak bola Indonesia.

3. Arema

Arema FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Malang, Jawa Timur, Indonesia. Klub ini didirikan pada tanggal 11 Agustus 1987 dengan nama Arema Malang. Arema FC dikenal dengan julukan Singo Edan yang berarti Singa Gila. Arema FC memiliki basis pendukung yang sangat fanatik dan setia yang dikenal dengan sebutan Aremania. Sebagai salah satu klub sepak bola paling populer di Indonesia, Arema FC memiliki persaingan rivalitas yang kuat dengan klub-klub lain, terutama dengan Persebaya Surabaya, klub lain dari Jawa Timur. Pertandingan antara Arema dan Persebaya, yang disebut Derby Indonesia, selalu menjadi pertandingan yang penuh gengsi dan semarak, serta dinantikan oleh banyak orang dari penjuru indonesia.

4. Persebaya Surabaya

Di posisi keempat klub sepakbola indonesia terbaik dan paling populer di tahun 2023 yaitu Persebaya Surabaya. Persebaya Surabaya adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Klub ini didirikan pada 18 Juni 1927 dan merupakan salah satu klub sepak bola tertua di Indonesia. Nama Persebaya sendiri merupakan singkatan dari Persatuan Sepakbola Surabaya. Persebaya memiliki basis pendukung yang sangat fanatik dan militan yang dikenal dengan sebutan Bonek (Bondho Nekat), yang terkenal karena loyalitasnya yang tinggi terhadap klub. Bonek selalu memberikan dukungan yang luar biasa dalam setiap pertandingan timnya, baik di kandang maupun tandang.

5. Bali United

Klub berikutnya yang masuk dalam daftar klub sepakbola indonesia terbaik dan paling populer 2023 adalah Bali United. Sebenarnya klub yang satu ini bisa dibilang klub baru karena baru terlahir pada tahun 2015. Sebelum dikenal dengan nama Bali United dulunya klub ini bernama Putra Samarinda dan Persisam Putra Samarinda. Bali United merupakan salah satu klub di indonesia yang memiliki fasilitas terbaik saat ini dimana klub ini memiliki tempat latihannya sendiri dan juga fasilitas lainnya yang sudah mulai dilengkapi. Tidak butuh waktu lama untuk klub yang satu ini bisa menjadi juara, karena dalam 6 tahun terakhir klub ini berhasil memenagkan 2 trofi.

6. Sriwijaya FC

Meskipun saat ini Sriwijaya FC bermain di liga 2 namun klub ini masih sangat populer bahkan beberapa orang juga berharap agar klub yang satu ini bisa segara naik kasta lagi ke liga 1 indonesia. Sriwijaya FC merupakan klub sepak bola profesional yang berbasis di Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Klub ini mempunyai segudang prestasi baik itu di indonesia maupun di kompetisi asia. Sriwijaya FC memiliki basis pendukung yang fanatik dan setia yang dikenal dengan sebutan Laskar Wong Kito. Laskar Wong Kito selalu memberikan dukungan yang besar dalam setiap pertandingan timnya, baik di kandang maupun tandang.

7. PSM Makasar

Untuk diposisi ketujuh atau posisi terakhir klub sepakbola indonesia terbaik dan paling populer 2023 adalah PSM Makasar. PSM merupakan klub sepak bola profesional yang berbasis di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Klub yang didirikan pada tahun 1915 ini menjadi salah satu klub sepak bola tertua di Indonesia. PSM Makassar merupakan satu-satunya klub dari Pulau Sulawesi yang telah berkompetisi di level tertinggi sepak bola Indonesia selama beberapa dekade. Terbaru klub ini berhasil menjadi juara liga indonesia dengan statistik yang sangat gemilang.

Komentar