5 Kampus Terbaik di Asia Tenggara Menurut QS World University 2023

5 Kampus Terbaik di Asia Tenggara Menurut QS World University 2023

Bangnanda.com - Setelah lulus sekolah menengah atas atau sekolah kejuruan terkadang kita bimbang dengan pilihan apakah ingin melanjutkan pendidikan dengan berkuliah atau memilih untuk langsung bekerja. Pilihan tersebut berada di tangan teman-teman, jika teman-teman suka belajar maka mimin sarankan untuk berkuliah, sementara itu jika teman-teman ingin langsung bekerja maka teman-teman bisa langsung bekerja karena lowongan pekerjaan sangat banyak diindonesia, tapi hal yang harus teman-teman pikirkan ialah persaingan yang ketat, dimana mungkin sebagian dari saingan teman-teman ada yang memiliki gelar dan hal itu sangat dibutuhkan dan lebih di perharikan oleh perusahaan. Namun, Jika teman-teman memiliki skill yang baik maka mungkin teman-teman akan lebih diperharikan oleh perusahaan.

Untuk teman-teman yang ingin berkuliah dan tidak ingin mengeluarkan biaya yang lebih maka teman-teman bisa mengambil jalur beasiswa namun tentu saja persaingan yang harus teman-teman lewati juga cukup sulit terutama untuk teman-teman yang ingin berkuliah di luar negeri, baik itu di eropa ataupun di asia. Jika teman-teman ingin berkuliah di luar negeri tapiingin dekat dengan indonesia maka teman-teman bisa memilih kampus-kampus yang ada di kawasan asia tenggara yang juga tidak kalah bagus dan bergensi.

Beberapa waktu lalu Quacquarelli Symonds University Ranking merilis tentang universitas terbaik yang ada di asia tenggara. Penilaian tersebut ditinjau dari beberapa aspek seperti Academic Reputation, Employer Reputation, International Student Ratio & International Faculty Ratio, Citations per faculty, and Faculty/Student Rtion. Berikut ini daftar kampus terbaik di asia tenggara menurut QS World University tahun 2023.

5 Kampus Terbaik di Asia Tenggara Menurut QS World University 2023

1. National University of Singapore

National University of Singapore berada di peringkat pertama sebagai universitas atau kampus terbaik yang ada di asia tenggara. Universitas atau Kampus ini selalu berada di peringkat teratas setiap tahunnya bahkan kampus ini menempati posisi kedua sebagai universitas terbaik di wilayah asia. Letak dari kampus yang satu ini berada di Kent Ridge, barat daya Singapura. Universitas ini memiliki luas 1,5 km² dan merupakan salah satu universitas terbesar di Singapura. Universitas ini berdiri sejak tahun 1980 dan telah menghasilkan banyak mahasiswa yang berkualitas. Banyak pelajar dari berbagai negar yang ingin masuk ke universitas ini karena secara kualitas memang baik.

2. Nanyang Technological University

Selain National University of Singapore, Nanyang Technological of University juga menjadi salah satu universitas terbaik yang ada di singapura. Selain menjadi salah satu universitas terbaik di asia tenggara dan di singapura, Nanyang Technological of University juga merupakan salah satu universitas tertua dan terbesar di singapura. Luas dari Nanyang Technological of University sendiri yaitu sekitar 2 km². Usia universitas yang satu ini lebih muda dibandingkan dengan National University of Singapore, universitas ini didirikan pada tahun 1991. Letak Nanyang Technological of University berada di kawasan Jurong, bagian barat daya Singapura.

3. Universiti of Malaya

Universiti of Malaya merupakan salah satu universitas tertua yang ada di malaysia karena merupakan universitas pertama yang didirikan di malaysia. Letak dari universitas ini berada di ibukota malaysia yaitu kuala lumpur, tepatnya di pinggir kota kuala lumpur. Banyak mahasiswa dari berbagai negara khusunya indonesia masuk ke universitas ini karena kualitasnya yang cukup baik. Universitas ini juga memiliki moto yang sangat keren yaitu Ilmu Punca Kemajuan yang artinya Ilmu Sumber Kemajuan. Universitas ini memiliki 12 fakultas yang diantaranya Fakultas Bahasa Linguistik, Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Pembangunan Lingkungan, Fakultas Pendidikan, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Fakultas IPA, Fakultas Sastra dan Ilmu Sosial, dan Fakultas Teknik.

4. Universiti Putra Malaya

Di posisi keempat universitas terbaik di kawasan asia tenggara adalah universiti putra malaya. Universitas ini juga terletak di negara malaysia tepatnya di selangor. Universitas Putra Malaysia didirikan pada tahun 1971 melalui penggabungan antara Fakultas Pertanian Universiti Malaya dan Kolej Pertanian Malaya Serdang. Pada awalnya di universita ini hanya terdapat 3 fakultas saja yaitu Pertanian, Perhutanan dan Kedokteran Hewan. Namun kini universitas ini sudah memiliki banyak fakultas.

5. Universiti Kebangsaan Malaysia

Masih berada di negara yang sama yaitu malasyia, universitas berikutnya yang masuk dalam daftar kampus terbaik di asia tenggara tahun 2023 adalah universiti kebangsaan malaysia. Lokasi dari universitas ini berada di selanggor. Universiti Nasional Malaysia juga merupakan salah satu dari lima universitas yang mengoordinasikan penelitian di Malaysia. Universitas ini memiliki banyak sekali fakultas dengan mahasiswa yang lumayan cukup banyak.

Komentar