Deretan Tempat Wisata di Buton Tengah Yang Paling Hits Terbaru

Deretan Tempat Wisata di Buton Tengah Yang Paling Hits Terbaru

Bangnanda.com - Buteng Atau Buton Tengah merupakan salah satu kabupaten yang terletak di pulau buton provinsi sulawesi tenggara. Ibuokat sekaligus pusat pemerintahan dari kabupaten ini yaitu Labungkari. Sama halnya kabupaten buton selatan, kabupaten buton tengah juga merupakan hasil pemekaran dari kabupaten buton. Luas wilayah dari kabupaten buton tengah sendiri yaitu sekitar 958 km2. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan kabupaten muna, kabupaten bombana, selat buton, laut flores, dan teluk bone. Perlu sobat ketahui, kabupaten buton tengah sendiri sebagian wilayahnya merupakan bekas wilayah Kerajaan dan Kesultanan Buton yang telah eksis sejak zaman dulu.

Selain menjadi bekas bekas kerajaan, kabupaten buton tengah juga menyimpan banyak wisata alam yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi saat musim liburan. Setiap minggunya beberapa tempat wisata yang ada di buton tengah selalu dikunjungi oleh wisatawan, baik itu dari dalam daerah maupun luar daerah. Hal ini tentunya sangat bagus karena sektor pariwisata bisa menjadi penghasil devisa terbesar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Maka dari itu sektor pariwisata harus di kelola dengan baik agar bisa mengundang banyak wisatawan dari luar negeri. Di Buton Tengah juga terdapat beberapa tempat wisata yang tidak kalah indah dan populer dari tempat-tempat wisata lainnya. Berikut ini beberapa tempat wisata di buton tengah yang paling hits terbaru.

Deretan Tempat Wisata di Buton Tengah Yang Paling Hits Terbaru

1. Pantai Tanjung Buaya

Pantai yang berlokasi di Lasori, Kecamatan Mawasangka Timur, Kabupaten Buton Tengah ini menjadi tempat yang wajib sobat kunjungi ketika berada di buton tengah. Ada yang kurang rasanya jika sobat melewatkan tempat wisata yang satu ini. Pantai Tanjung Buaya sendiri merupakan jenis pantai batu karang dengan ombak yang cukup besar. Karena memiliki ombak yang cukup besar sobat tidak dianjurkan berenang ketika di pantai ini. Namun yang membuat pantai ini unik dan menarik ialah Suasana pantainya yang masih sangat alami karena dipenuhi dengan pepohonan rindang yang membuat Pantai ini dikenal sebagau tempat terbaik untuk bersantai di akhir pekan.

2. Gua Koo

Dari sekian banyak gua yang ada di buton tengah hanya gua koo lah yang menurut mimin terbaik dan wajib untuk sobat kunjungi. Mengapa? karena gua ini memiliki panorama yang cukup eksotis dan gua ini juga memiliki telaga yang berisi air jernih berwarna kebiru-biruan yang terlihat mempesona dan membuat mata terpana. Namun untuk bisa mencapai tempat yang satu ini dibutuhkan perjuangan yang cukup keras karena akses jalannya yang masih buruk. Lokasi Gua Koo sendiri berada di Lantongau, Kecamatan Mawasangka Tengah, Kabupaten Buton Tengah.

3. Benteng Lasayidewa

Seperti yang disebutkan di atas bahwa dulunya buton tengah merupakan daerah bekas kerajaan dan kesultanan buton, maka akan ada banyak sekali jejak sejarah di buton tengah yang bisa ditemukan salah satunnya yaitu Benteng Lasayidewa yang berlokasi di Gumanano, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah. Dulunya benteng ini dijadikan sebagai tempat untuk berlindung dari bajak laut Tobelo. kini benteng ini menjadi tempat wisata favorit karena menawarkan pemandangan indah dari atas bukit.

4. Permandian Gumanano

Tempat wisata berikutnya yang wajib sobat kunjungi adalah Permandian Gumanano. Permaindian yang satu ini terletak di Gumanano, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah dan menjadi salah satu tempat wisata terfavorit di buton tengah. Salah satu daya tarik dari pemandian ini adalah warna airnya yang jernih yang berwarna kehijau-hijauan dengan pemandangan alam sekitar yang sangat asri. Suasana nyaman akan sobat rasakan ketika berada di pemandian ini, sobat juga akan dibuat betah dan ingin berlama-lama ketika berada di tempat yang satu ini.

5. Pantai Katembe

Selain pantai tanjung buaya, pantai lainnya yang wajib sobat kunjungi ketika sedang di buton tengah adalah Pantai Katembe. Untuk lokasinya sendiri pantai katembe berada di Madongka, Kec. Lakudo, Kab. Buton Tengah. Yang menjadi unik dari pantai ini yaitu terdapat sebuah sumur air tawar yang terletak di sudut pantai. Tidak hanya itu saja, daya tarik lainnya dari pantai ini yaitu terdapat pada pasir pantainya yang berwarna putih yang terbentang hingga 1,5 km. Suasana di pantai ini juga begitu segar dan sejuk karena ditumbuhi banyak pohon kelapa. Beberap aktifitas yang bisa teman-teman lakukan saat berada di pantai katembe diantaranya memancing, berenang, dan snorkeling.

Komentar