Daftar Tempat Wisata Terbaik dan Terhits di Ciamis 2023

Daftar Tempat Wisata Terbaik dan Terhits di Ciamis 2023

Bangnanda.com - Ciamis menjadi salah satu daerah yang cukup terkenal di provinsi jawa barat, hal tersebut dikarenakan adat dan budaya yang ada di sekitar ciamis, selain itu faktor lainnya yang membuat ciamis terkenal adalah karena ciamis pernah menjadi tempat yang bersejarah yang dimana dulunya kerajaan galuh berpusat di kabupaten ini. Kabupaten yang berlokasi di bagian tenggara Jawa Barat ini memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 1.598 km² serta jumlah populasi sebanyak 1,3 juta jiwa lebih. Kabupaten ini juga berbatasan dengan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Majalengka.

Karena wilayahnya yang cukup strategis maka kabupaten ini sering dilewati dan dikunjungi oleh banyak orang untuk bersantai dan menikmati keindahan yang tersimpan di kabupaten yang satu ini.  Seperti yang kita ketahui bahwa jawa barat memiliki sederet destinasi wisata indah yang sangat sayang untuk dilewatkan sah satunya ialah di kabupaten ciamis. Kabupaten ciamis memiliki sederet destinasi wisata terbaru dan hits untuk dikunjungi bersama keluarga, teman, atau pasangan. Tanpa berlama-lama lagi berikut daftar tempat wisata terbaik dan terhits di ciamis 2023 yang wajib dikunjungi.

Daftar Tempat Wisata Terbaik dan Terhits di Ciamis 2023

1. Situ Lengkong Panjalu

Tempat wisata yang satu ini begitu populer dan banyak dibicarakan oleh penduduk lokal. Situ Lengkong Panjalu terletak di Maparah, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis dan menjadi salah satu wisata andalan di ciamis. Salah satu daya tarik dari wisata yang satu ini adalah banyak kisah yang tersimpan dan adatnya yang masih dijaga ketat hingga saat ini. Situ ini memiliki luas kurang lebih sekitar 57 hektar dan memiliki pulau kecil di tengah situnya dengan luas sekitar 9 hektar. Pulau tersebut digunakan untuk melindungi peninggalan purba. Tak hanya itu saja di pulau ini juga terdapat sebuah maka penyebar agama islam bernama Mbah Panjalu. Makam tersebut biasa didatangi oleh para penjiarah yang datang dari berbagai daerah sembari menikmati keindahan hutan lindung.

2. Kampung Adat Kuta

Nama Kuta umunya identik dengan bali, namun kampung yang satu ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan bali. Naman Kuta sendiri berasal dari bahasa sunda yang artinya pagar tembok. Selain memiliki keterkaitan erat dengan kerajaan galuh, kampung ini juga masih mempertahankan adat-adat setempat hingga masa kini. Tentu jika sobat datang ke tempat ini sobat bisa belajar banyak hal dan mengetahui lebih dalam mengenai kerajaan galuh. Selain itu sobat juga bisa bertegur sapa dengan penduduk kampung ini yang ramah dan sopan. Lokasi dari kampung Adat Kuta berada di Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis.

3. Curug Tujuh Cibolang

Lokasi tempat wisata yang satu ini cukup berdekatan dengan Situ Lengkong Panjalu sehingga sobat bisa mengunjungi keduanya di hari yang sama. Curug Tujuh Cibolang terletak di Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis dan menjadi salah satu tempat wisata terpopuler. Curug sendiri sama halnya air terjun namun nama curug biasa digunbakan oleh orang sunda. Masing-Masing air terjun yang ada di tempat ini memiliki nama yaitu curug satu, dua, tiga, cibolang, simantaja, cileutik, dan cibuluh. Tempat ini sangat cocok dikunjungi untuk sobat yang ingin merasakan ketenagan sambil menikmati pemandangan alam yang masih asri.

4. Cukang Taneuh

Jika sobat terpukau dengan keindahan green canyon di amerika dan berharap suatu saat bisa mengunjunginya maka itu harapan yang bagus. Untuk saat ini teman-teman bisa merasakan sensasi berwisata seperti di green canyon amerika tanpa harus pergi ke amerika, wisata tersebut bernama Cukang Taneuh dan berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Saat pertama kali menginjakan kaki di tempat wisata yang satu ini sobat akan dibuat terpukau dengan pemandangan alam yang lengkap dengan jernihnya air sungai serta pepohonan yang rindang. Tak lupa saat berkunjung ke tempat wisata ini untuk mengabadikan momen karena ada banyak sekali spot foto instagramable.

5. Alun-Alun Ciamis & Masjid Agung Ciamis

Alun-Alun Ciamis dan Masjid Agung Ciamis merupakan dua tempat yang berdekatan. Jika ingin berkunjung ke tempat wisata yang satu ini maka cobalah datang pada sore, malam, atau pagi hari jangan pada siang hari karena akan terasa panas. Pada saat pagi, sore, dan malam, tempat ini selalu ramai pengunjung terutama ketika libur sekolah. Di Sepanjang area alun-alun dan masjid juga terdapat kuliner dan jajanan yang bisa sobat coba saat perut lapar. Untuk lokasinya sendiri Alun-Alun Ciamis dan Masjid Agung Ciamis berada di Jalan Jend. Sudirman, Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis.

Komentar