Ada Kampusmu? Berikut 7 Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2023

Ada Kampusmu? Berikut 7 Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2023

Bangnanda.com - Bagi teman-teman yang sedang berada di kelas 3 sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan pastinya harus sudah mempunyai tujuan kedepannya, apakah akan langsung kerja atau ingin melanjutkannya ke perguruan tinggi. Untuk teman-teman yang ingin melanjutkan belajarnya ke perguruan tinggi maka teman-teman harus memilih kampus dengan akreditasi bagus karena tentunya kampus dengan akreditasi bagus memiliki fasilitas dan lingkungan yang bagus. Namun tentunya jika teman-teman ingin memasuki kampus dengan kualitas yang baik teman-teman harus bersaing dengan banyak orang, karena mereka juga memiliki keinginan yang sama yaitu diterima di kampus yang memiliki akreditasi yang baik.

Beberapa waktu yang lalu salah satu lembaga pemeringkatan perguruan tinggi yang cukup kredibel di dunia akademik yaitu QS World University Rangkings merilis daftar mengenai kampus terbaik yang ada di indonesia tahun 2023. Penilauan tersebut didasarkan pada beberapa indikator seperti Academic Reputation, Employer Reputation, Faculty Student Ratio, Citation Per Faculty, International Faculty Ratio, International Student ratio, International Research network, Employment Outcomes, dan Sustainablity. Bagi teman-teman yang penasaran dengan daftar kampus terbaik indonesia saat ini, berikut ini daftar kampus terbaik di indonesia tahun 2023.

Ada Kampusmu? Berikut 7 Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2023

1. Universitas Indonesia

Nama Universitas Indonesia sendiri atau yang lebih dikenal dengan sebutan UI memang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Selain mempunyai lingkungan yang luas, fasilitas di universitas ini juga cukup lengkap. Universitas Indonesia berdiri di tahun 1849 dan menjadi salah satu universitas tertua yang ada di indonesia. Untuk bisa masuk ke universitas yang satu ini membutuhkan nilai yang cukup tinggi selain itu teman-teman juga harus bersainga dengan pendaftar lainnya yang pastinya tidak kalah pintar. Lokasi dari universitas indonesia berada di Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat.

2. Universitas Gadjah Mada

Pada awalnya rangking dari universitas gadjah mada berada di urutan ketiga dan sekarang peringkatnya naik menjadi kedua mengusur Institute Teknologi Bandung. Universitas yang satu ini didirikan oleh pemerintah indonesia setelah indonesia merdeka tepatnya di tahun 1949. UGM atau Universitas Gadjah mada menjadi salah satu universitas terfavorit di wilayah jawa tengah. Setiap tahunnya banyak mahasiswa yang mendaftar ke universitas ini karena memiliki reputasi yang baik dan juga fasilitas yang dimilikinya cukup lengkap. Lokasi UGM berada di Bulaksumur, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Institut Teknologi Bandung

Menurut data QS World University Rangkings Institute Teknologi Bandung mengalami penurunan satu peringkat yaitu ke peringkat ketiga di geser oleh Universitas Gadjah Mada sebagai salah satu universitas terbaik di indonesia. Institute Teknologi Bandung atau ITB juga merupakan kampus yang cukup bergensi dan menjadi impian banyak orang. Kampus yang satu ini berlokasi di Jalan Ganesa No.10, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat dan didirikan pada tahun 1959.

4. Universitas Airlangga

UNAIR atau Universitas Airlangga merupakan universitas yang terletak di surabaya, jawa timur. Universitas yang satu ini didirikan pada tahun 1954 yang dimana bertepatan dengan hari pahlawan yang ke sembilan. Hingga saat ini universitas airlangga memiliki 15 fakultas yang dimana diantaranya yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keperawatan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Fakultas Vokasi, Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin, dan Fakultas Sains dan Teknologi.

5. Institut Pertanian Bogor

Beberapa orang mengatakan jika ada ITB maka akan ada IPB hal tersebut faktanya memang selalu benar. IPB atau Institute Pertanian Bogor berada di posisi kelima sebagai salah satu kampus terbaik yang ada di indonesia tahun 2023. Perguruan tinggi yang satu ini berlokasi di bogor, jawa barat. IPB memiliki sejarah yang cukup panjang, awalnya IPB merupakan fakultas pertanian dari universitas indonesia akan tetapi di tahun 1963 IPB lepas dari Universitas Indonesia dan berdiri menjadi sebuah institut pertanian.

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS merupakan salah satu kampus yang terletak di surabaya jawa timur. Universitas yang satu ini didirikan pada tahun 1957 oleh 2 orang yaitu Angka Nitisastro dan Soedjasmono. ITS memiliki 7 fakultas, 1 sekolah dengan 45 program studi. Kampus ini juga menjadi salah satu impian mahasiswa khususnya mahasiswa yang ingin bergelut dengan dunia teknologi.

7. Universitas Padjajaran

Di posisi ketujuh universitas terbaik di indonesia tahun 2023 ditempati oleh universitas padjajaran atau yang lebih biasa dikenal dengan sebutan UNPAD. Lokasi dari universitas yang satu ini berada di Jalan Raya Bandung Sumedang KM.21, Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. UNPAD menjadi salah satu universitas bergensi di jawa barat yang banyak sekali diminati oleh orang, untuk bisa masuk ke universitas yang satu ini cukup ketat karena membutuhkan nilai yang lumayan tinggi.

Komentar