Ini Dia 6 Rekomendasi Tempat Wisata di Buol Paling Hits dan Instagramable

Ini Dia 6 Rekomendasi Tempat Wisata di Buol Paling Hits dan Instagramable

Bangnanda.com - Kabupaten Buol merupakan salah satu kabupaten di pulau sulawesi tepatnya di provinsi sulawesi tengah. Luas wilayah dari kabupaten buol sendiri yaitu sekitar 4.043,57 km² yang dimana topografi wilayahnya terdiri dari pantai, dataran rendah, perbukitan dan pergunungan. Kota Buol menjadi ibukota sekaligus pusat pemerintahan dari kabupaten ini sendiri. Kabupaten Buol juga berbatasan langsung dengan Lau Sulawesi di sebelah utara, Provinsi Gorontalo di sebelah timur dan selatan, Kabupaten Parigi Moutong di sebelah selatan, dan Kabupaten Tolitoli di sebelah barat. Untuk jumlah penduduk kota buol sendiri di tahun 2020 sebanyak 145,254 jiwa dengan kepadatan penduduk sebanyak 36,49 jiwa/km².

Salah satu yang menjadikan kabupaten buol tak lain dan tak bukan adalah karena memiliki banyak sekali tempat wisata yang memanjakan mata dan instagramable, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga di akhir pekan dan saat libur panjang. Liburan di Buol di jamin puas karena sobat akan dimanjakan dengan beragam pemandangan indah yang dimana setiap tempat wisata di buol memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri. Tentunya ada banyak sekali tempat wisata di buol dan sobat jadi binggung harus pilih yang mana, namun sobat tidak perlu khawatir karena kami sudah merangkumnya, berikut ini rekomendasi tempat wisata di buol sulawesi tengah paling hits dan instagramable yang wajib dikunjungi.

Ini Dia 6 Rekomendasi Tempat Wisata di Buol Paling Hits dan Instagramable

1. Puncak Pulau Panjang Paleleh

Terletak di Paleleh, Kecamatan Paleleh, Kabupaten Buol, Puncak Pulau Panjang Paleleh menjadi tempat wisata yang paling rekomended untuk dikunjungi. Di tempat ini sobat akan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan hijau yang indah dan memanjakan mata. Tak hanya pemandangannya saja, suasana di bukit ini juga sangat menenangkan dan membuat siapapun enggan untuk pulang. Sobat bisa mengajak keluarga ataupun kawan-kawan saat berkunjung ke tempat ini agar perjalanan terasa mengasikan.

2. Pulau Boki

Untuk sobat yang suka dengan wisata laut, maka wajib banget bagi sobat beserta keluarga berkunjung ke Pulau Boki. Pulau Boki sendiri terletak di Lunguto, Kecamatan Paleleh Barat, Kabupaten Buol. Untuk bisa sampai ke pulau ini jika sobat berada di pusat kota maka membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok banget dikunjungi bagi sobat yang merasa penat dan ingin mencari ketenangan. Siapapun yang berkunjung ke pulau ini akan betah dan enggan untuk pulang karena disajikan dengan pemandangan yang luar biasa serta kondisi alam yang masih terjaga., tak lupa jika berkunjung ke tempat ini untuk melihat terumbu karangnya yang juga masih alami.

3. Pulau Busak

Tidak jauh berbeda dengan Pulau Boki, Pulau Busak juga menjadi salah satu tempat wisata favorit di buol. Pulau yang terletak di Busak, Kecamatan Karamat, Kabupaten Buol ini terkenal dengan keindahan terumbu karangnya di tambah dengan pasir pantainya yang putih dan jernihnya air laut. Berbeda dengan Pulau Boki yang membuthkan waktu sekitar 3 jam perjalanan, untuk bisa sampai ke pulau ini hanya memakan waktu sekitar 1 jam saja bahkan kurang dari 1 jam. Di pulau ini sobat bisa melakukan beragam aktifitas seru seperti berenang, snorkling, dan juga diving.

4. Bendungan Air Terang

Beberapa orang mungkin beranggapan jika bendungan merupakan wisata yang membosankan. Namun berbeda dengan bendungan yang satu ini, Bendungan Air Terang memiliki arsitektur yang sangat cantik yang bisa membuat sobat terpukau. Tempat ini bahkan selalu memiliki pengunjung terutama di pagi dan sore hari. Sobat bisa melihat arsitektur cantik bendungan ini melalui jembatan gantung. Untuk lokasinya sendiri, Bendungan Air Terang berada di Air Terang, Kecamatan Tiloan, Kabupaten Buol.

5. Wisata Laut Batu Tiga

Destinasi wisata berikutnya yang wajib untuk sobat dan keluarga kunjungi adalah Wisata Laut Batu Tiga yang terletak di Leok I, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol. Tempat ini selalu memiliki pengunjung dan tidak pernah sepi, salah satu keunikan dari tempat ini yaitu terdapatnya tiga batu karang yang memiliki bentuk mirip dan juga berdiri dengan kokoh di tepi pantai. Ketiga batu karang tersebut biasa pengunjung gunakan untuk latar belakang foto agar terlihat indah dan unik. Selain berfoto, di tempat ini sobat juga bisa melakukan aktifitas lainnya seperti berenang, bermain pasir dan air, serta bersantai.

6. Air Terjun Bunsel

Rekomendasi terakhir tempat wisata di buol yang paling hits dan instagramable ialah Air Terjun Bunsel. Lokasi dari Air Terjun ini berada di Bunobogu, Kecamatan Bunobogu, Kabupaten Buol. Air Terjun Bunsel sendiri merupakan salah satu air terjun paling eksotis di buol dibandingkan dengan air terjun lainnya. Meskipun aliran air pada air terjun ini tidak begitu deras, namun View sekitar air terjun ini sangat memanjakan mata. Beberapa pengunjung yang datang ke air terjun ini mengabdikan momen mereka dengan berfoto berlatar belakang air terjun ini.

Komentar