Rekomendasi Tempat Wisata di Bungo Jambi Yang Indah dan Menawan

Rekomendasi Tempat Wisata di Bungo Jambi Yang Indah dan Menawan

Bangnanda.com - Bungo merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi jambi. Kabupaten ini dulunya merupakan bagian dari kabupaten bungo tebo hingga akhirnya kemudian dimekarkan menjadi kabupaten bungo di tahun 1999. Luas wilayah dari kabupaten ini yaitu 4.659 km² dengan jumlah populasi sebanyak 300 ribu jiwa lebih. Kabupaten bungo sendiri dikenal sebagai salah satu wilayah yang memiliki kekayaan alam yang cukup melimpah khusunya sektor perkebunan dan pertembangan. kekayaan alam yang dimaksud berupa karet, kelapa sawit, batu bara, dan emas.

Tak hanya terkenal oleh kekayaan alamnya saja, bungo juga cukup terkenal di bidang pariwisatanya. Meskipun di daerah ini tidak terdapat pantai, namun wisata-wisata yang terdapat di kabupaten ini cukup menarik banyak perhatian wisatawan. Untuk sobat yang berada di pulau sumatera maupun luar pulau sumatera dan memiliki rencana liburan, maka sobat bisa menjadikan bungo sebagai tujuan utama, karena sobat akan mendapatkan pengalaman seru dan berharga saat liburan di kabupaten ini. Saat berkunjung ke bungo, ada beberapa tempat wisata yang direkomendasikan untuk sobat kunjungi, bisa sobat simak dibawah ini rekomendasi tempat wisata di bungo jambi yang indah dan menawan.

Rekomendasi Tempat Wisata di Bungo Jambi Yang Indah dan Menawan

1. Taman Kota Muara Bungo

Jika sobat berada di pusat kota bungo, maka sobat harus berkunjung ke Taman Kota Muara Bungo yang terletak di Bungo Barat, Kecamatan Pasar Muara Bungo, Kabupaten Bungo. Sobat bisa menikmati leluasa keindahan taman ini tanpa dikenakan biaya, gimana cukup hebat bukan. Tempat wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi baik itu oleh anak-anak maupun orang dewasa. Pagi dan sore menjadi waktu yang tepat untuk berkunjung ke taman ini karena taman ini selalu ramai di dua waktu tersebut. Fasilitas di taman ini juga terbilang cukup lengkap, ada warung makan, area bermain anak-anak, hingga jogging track.

2. Taman Pusparagam

Selain Taman Kota Muara Bungo, Taman Pusparagam juga menjadi salah satu tempat yang wajib sobat kunjungi bersama keluarga. Taman ini juga tidak kalah indah dan tenar, sama halnya di Taman Kota Muara Bungo, di taman ini juga terdapat area bermain untuk anak-anak. Akses menuju taman ini juga terbilang cukup mudah karena lokasinya yang berdekatan dengan pusat kota. Taman ini selalu ramai di sore hari, karena banyak orang khsusnya anak muda bersantai di taman ini sembari melihat pepohonan rindang di sore hari. Lokasi dari Taman Pusparagam berada di Jalan Baharudin, Jaya Setia, Kecamatan Pasar Muara Bungo, Kabupaten Bungo.

3. Dam Semagi

Tempat wisata indah dan menawan berikutnya di bungo adalah Dam Semagi yang berlokasi di Pelayang, Kecamatan Bathin II Pelayang, Kabupaten Bungo. Mungkin sebagian teman-teman tahu, bahwa Dam itu merupakan sejenis bangunan, namun untuk tempat yang satu ini bukan. Dam Semagi merupakan sebuah sebuah aliran sungai yang berisi bebatuan besar. Suasana di sekitar Dam Semagi juga masih sangat asri karena ditumbuhi dengan pepohonan hijau. Banyak pengunjung yang berkunjung ke tempat ini untuk mencari ketenangan dan menghilangkan kepenatan dari suasana perkotaan.

4. Air Terjun Renah Sungai Besar

Banyak sekali wisata air terjun yang terdapat di bungo, namun salah satu air terjun yang wajib untuk sobat kunjungi adalah Air Terjun Renah Sungai Besar. Air Terjun Renah Sungai Besar terletak di Renah Sungai Besar, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo. Wisata yang satu ini juga akhri-akhir ini jadi ramai diperbincangkan karena menyajikan keindahan alam yang tidak biasa. Air Terjun Renah Sungai Besar memiliki ketingian 30 meter dengan debit air yang lumayan deras. Untuk menuju ke air terjun ini jika sobat berada di pusat kota membutuhkan waktu 1,5 jam, memang cukup jauh namun sobat tidak akan dibuat kecewa dengan wisata yang satu ini.

5. Lubuk Beringin

Lubuk Beringin menjadi salah satu tempat wisata terfavorit bagi penduduk lokal. Letak dari Lubuk Beringin sendiri berada di Lubuk Beringin, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo. Lubuk Beringin sendiri hanyalah sebuah aliran sungai dengan bebatuan di sekitarnya, namun yang membuat tempat ini terlihat istimewa adalah aliran air sungainya yang bersih dan keindahan alam disekitarnya. Jika sobat ingin berlibur di tempat ini, maka disarankan untuk mengajak keluarga ataupun teman karena agar terasa lebih menyenangkan.

6. Gua Alam

Rekomendasi tempat wisata berikutnya sekaligus terakhir adalah Gua Alam. Memang untuk bisa sampai ke Gua Alam jika sobat berada dari pusat kota membutuhkan waktu yang lumayan lama. Namun hal tersebut bukanlah sebuah masalah besar bagi wisatawan yang penasaran dengan tempat ini. Penduduk sekitar menyebut Gua Alam sebagai Gua Kelelawar karena merupakan tempat tinggal ratusan kelelawar. Kelelawar-kelelawar tersebut akan keluar pada sore dan malam hari untuk mencari mangsa. Di sini sobat akan disuguhkan dengan keindahan stalaktit dan stalakmit yang terlihat seperti kristal karena basah terkena tetesan air. Lokasi gua alam sendiri berada di Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo.

Komentar