6 Negara Dengan Biaya Haji Termurah di Dunia 2023

6 Negara Dengan Biaya Haji Termurah di Dunia 2023

Bangnanda.com - Setiap muslim di seluruh dunia pastinya ingin melaksanakan haji karena merupakan bagian dari rukun islam yang kelima. Namun ada juga beberapa orang yang tidak bisa melaksanakan haji dikarenakan beberapa hal seperti faktor usia, pikun, dan sakit parah. Orang yang tidak melakukan haji dengan tiga alasan tersebut maka wajib meminta orang lain untuk melaksanakan haji sebagai ganti dirinya jika ia memiliki harta cukup. Melaksanakan haji tentunya tidaklah mudah dan harus memiliki kondisi fisik dan badan dalam keadaan sehat. Maka dari itu sebelum haji akan ada pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu dan beberapa pertanyaan.

Bagi teman-teman yang saat ini sudah terpikirkan untuk melaksanakan ibadah haji, maka cobalah untuk menabung mulai dari sekarang karena biaya haji tidak sedikit. Dibandingkan dengan negara-negara muslim lainnya di seluruh dunia, indonesia menjadi negara dengan kuota haji terbanyak di dunia lho, tak hanya itu saja, indonesia juga masuk dalam daftar negara dengan biaya haji termurah di dunia di tahun 2023 bersama dengan negara muslim lainnya. Tentunya hal ini menjadi kebangaan yang patut kita syukuri. Bagi teman-teman yang penasaran dan ingin tahu mengenai negara mana saja dengan biaya haji termurah di dunia saat ini bisa teman-teman simak dibawah ini.

6 Negara Dengan Biaya Haji Termurah di Dunia 2023

1. Saudi Arabia

Arab Saudi menempati posisi pertama sebagai salah satu negara dengan biaya haji termurah di dunia saat ini. Bahkan menurut laporan terbaru kementrian haji dan umrah arab saudi menurunkan biaya haji di tahun ini sekitar 30% dibandingkan dengan tahun lalu. Arab saudi menyediakan 4 paket layanan dengan harga yang berbeda, di paket pertama Rp. 53,6 juta, paket kedua Rp. 43-48 Juta, paket ketiga Rp. 33-34,5 juta, dan paket keempat sekitar Rp. 16 juta.

2. Inggris

Islam merupakan agama minoritas di negara ratu elizabeth ini, namun islam dapat diterima dengan baik di negara ini dan teman-teman bisa melihat sendiri di internet masjid-masjid besar yang terdapat di negara yang satu ini. Jika dibandingkan dengan 6 tahun yang lalu, biaya haji di negara ini masih sangat mahal, namun untuk saat ini biaya haji di negara ini merupakan salah satu yang termurah di dunia. Kisaran biaya haji di inggris yaitu Rp. 69 juta. Namun paket tersebut cukup langka untuk ditemukan.

3. India

Di india hindu measih menjadi agama mayoritas dan terbesar dengan persentase 78%. Sementara islam di india hanya sekitar 10% saja. Kita sering kali mendegra perlakukan yang tidak mengenakan terhadap umat muslim di india, namun tidak sedikit juga masyarakat india yang menerima umat islam dengan baik. Kita sebagai umat muslim harus tetap mendoakan saudara seiman kita agar tetap di jaga dan lancar dalam ibadahnya. Setiap tahunnya selalu ada masyarakat muslim dari negara ini yang melaksanakan haji, umat muslim di india jika ingin melaksanakan haji harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 70-99 juta per orangnya.

4. Pakistan

Selain indonesia, pakistan juga merupakan negara dengan populasi umat muslim terbanyak di dunia. Jumlah umat muslim di negara ini hampir sama jumlahnya dengan indonesia. Pakistan juga masuk dalam daftar negara dengan kuota haji terbanyak di dunia saat ini. Jika ingin melaksanakan haji, umat muslim pakistan harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 19-20 juta per orangnya.

5. Indonesia

Baru-Baru ini kementrian agama indonesia berencana untuk menaikan biaya haji dari yang asalnya Rp. 90,05 juta per jamaahnya menjadi Rp. 98,8 juta per jamaah. Angka 90 juta memanglah tidak sedikit namun masyarakat indonesia hanya perlu menanggung 53% saja. Jika biaya haji di indonesia saat ini Rp. 90,05 Juta maka para jamaah harus menanggung biaya sebesar Rp49,812 juta, yang meliputi biaya penerbangan, biaya hidup dan sebagian biaya paket layanan masyair.

6. Malaysia

Di posisi keenam negara dengan biaya haji termahal jatuh kepada negara malaysia yang tak lain dan tak bukan merupakan negara tetangga kita. Pemerintah malaysia mengungkapkan biaya haji per jamaahnya yaitu mencapai Rp. 100,64 juta. Biaya tersebut sudah memenuhi semua kebutuhkan seperti penerbangan, transportasi, akomodasi di Makkah dan Madinah, makan dan pembayaran ke Pemerintah Arab Saudi.

Komentar