6 Negara Dengan Biaya Haji Termahal di Dunia Tahun 2023

6 Negara Dengan Biaya Haji Termahal di Dunia Tahun 2023

Bangnanda.com - Melaksanakan haji merupakan salah satu impian terbesar setiap umat muslim di seluruh dunia agar bisa memenuhi rukun islam yang terakhir yaitu menunaikan ibadah haji. Perlu teman-teman perharikan, pada saat akan melaksanakan ibadah haji, teman-teman harus bisa mengukur kemampuan teman-teman terlebih dahulu agar teman-teman sadar diri dan sadar kondisi. Perlu teman-teman ketahui bahwa jika teman-teman daftar haji di tahun sekarang maka teman-teman akan diberangkatkan dalam beberapa tahun kedepan bahkan bisa 20 tahun lagi. Hal tersebut lantaran antrian yang panjang dan kuota haji yang terbatas. Meskipun begitu kita harus bersyukur karena indonesia memiliki kuota haji tertinggi dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Biaya haji di setiap negara berbeda-beda, ada yang murah dan juga ada mahal. Kita harus bersyukur karena indonesia masuk dalam daftar negara dengan biaya haji termurah di dunia, bersama dengan arab saudi, pakistan, malaysia, india, dan inggris. Memang untuk biaya haji di indonesia sendiri selalu mengalami peningkatan, namun kita tetap harus bersyukur karena biaya haji di indonesia masih bisa dikatakan murah jika dibandingkan dengan negara lainnya. Jika teman-teman pensaran dengan negara mana sajakah yang memiliki biaya haji termahal di dunia tahun 2023 bisa teman-teman simak dibawah ini.

6 Negara Dengan Biaya Haji Termahal di Dunia Tahun 2023

1. Brunei Darussalam

Brunei yang merupakan negara tetangga indonesia berada di posisi pertama sebagai salah satu negara dengan biaya haji termahal di dunia. Biaya haji di negara brunei mencapai Rp 176 juta per orangnya. Tentu jumlah tersebut merupakan angka yang cukup fantastis, jika tinggap di indonesia teman-teman bisa sampai mengajak 4 sampai 5 orang. Negara brunei sendiri dikenal sebagai negara yang kaya akan tambang emas dan minyaknya, selain itu brunei juga dikenal sebagai salah satu kerajaan Islam tertua di Asia Tenggara

2. Qatar

Qatar sendiri merupakan salah satu negara arab dengan biaya ongkos haji paling mahal. Negara yang terletak di timur tengah ini terkenal sebagai salah satu negara terkaya di dunia dan negara pengekspor minyak bumi terbesar. Qatar bisa mendistribusikan minyak bumi hingga 457.573 barel setiap harinya.Jika ingin melaksanakan haji, maka penduduk qatar harus menyiapkan uang sekitar 165,3 juta. 

3. Uni Emirat Arab

Setelah brunei dan qatar, negara yang memiliki biaya haji termahal di dunia yaitu uni emirat arab. Uni Emirat Arab dan Arab Saudi bukanlah negara yang sama. Sama Halnya seperti qatar, uni emirat arab juga merupakan salah satu negara terkaya di dunia. Sebagian dari teman-teman mungkin ada yang sudah tahu mengenai mewahnya kota dubai, ya dubai sendiri merupakan salah satu kota di negara ini. Mayoritas penduduk dubai beragama islam, sekitar 85% Islam Sunni dan 15% lainnya Islam Syi'ah. Untuk biaya haji di negara ini yaitu 163,1 juta per orangnya.

4. Tunisia

Tunisia merupakan salah satu negara yang terletak di benua afrika berbatasan langsung dengan Aljazair, Libya, dan Laut Mediterania. Sekitar 98% penduduk tunisia beragama islam maka tidak heran jika bahasa arab menjadi bahasa resmi dari negara ini. Tunisia menjadi salah satu negara dengan biaya haji termahal di dunia menempati urutan keempat setelah brunei, qatar, dan uni emirat arab. Per orangnya jika orang tunisia ingin melaksanakan haji, maka harus menyiapkan uang sekitar 149 juta.

5. Amerika Serikat

Di posisi kelima negara dengan biaya haji termahal adalah amerika serikat. Amerika sendiri dikenal sebagai negara adidaya dan kaya, bahkan negara ini terkenal dengan kekuatan militernya. Muslim di negara ini memang minoritas, namun terdapat masjid-masjid yang dibangun di negara ini dan memiliki ukuran yang lumayan besar. Umat muslim amerika serikat jika ingin pergi melaksanakan haji, maka harus menyiapkan uang sekitar 141,4 juta per orangnya.

6. Lebanon

Lebanon berada di posisi keenam atau terakhir sebagai negara dengan biaya haji termahal di dunia. Biaya haji di negara lebanon sendiri mencapai angka 135,6 juta per orangnya. Negara yang terletak di timur tengah ini berbatasan langsung dengan suriah dan palestina. Islam di negara lebanon tidak terlalu tinggi hanya diangka 29% dari populasi. Selain itu islam di negara ini juga terbagi dalam beberapa sekte seperti Syiah, Sunni, Druze, Alawi, dan Ismaili.

Komentar