10 Kabupaten/Kota Dengan UMR Terendah Tahun 2023, Ada Daerahmu?

10 Kabupaten/Kota Dengan UMR Terendah Tahun 2023, Ada Daerahmu?

Bangnanda.com - Pernah dengar UMR? UMR atau Upah Minumin Regional merupakan gaji atau upah bulanan paling rendah yang diberikan perusahaan untuk karyawannya. UMR setiap daerah di indonesia ditetapkan oleh Pemerintah suatu negara atau wilayah tertentu dengan melibatkan akademisi, birokrat, pengusaha dan buruh. Setiap tahunnya UMR setiap daerah di indonesia mengalami kenaikan dan penurunan hal tersebut dipengaruhi oleh kebutuhan dan perkembangan ekonomi dan sosial yang terjadi. UMR dibuat dengan tujuan untuk menjamin tingkat hidup minimin para pekerja, artinya dengan UMR yang diperoleh warga bisa mengidupi dirinya dan keluarga susuai dengan kondisi daerah tersebut.

Sebagian besar orang pada saat akan merantau akan melihat UMR daerah yang akan dituju apakah besar atau kecil. Dan daerah UMR dengan angka besar menjadi pilihan utama karena angka gaji yang besar. Namun dibalik UMR yang besar teman-teman juga harus bersiap dengan pengeluaran kebutuhan sehari-hari yang juga besar. Intinya teman-teman harus pandai dalam mengetaur keuangan agar teman-teman bisa tetap menabung. Umumnya kota-kota besar memiliki angka UMR yang tinggi, kota-kota tersebut contohnya adalah jakarta, bandung, karawang, bekasi, dan surabaya.

Namun ada juga lho kota yang mungkin menurut teman-teman UMR nya tinggi namun kenyataanya rendah. Salah satunya ialah D.I. Yogjakarta. Yogjarta sendiri terkenal sebagai daerah yang serba murah, maka dari itu banyak anak muda yang memilih pergi ke yogjakarta untuk kuliah dan bekerja. Namun disamping biaya hidupnya yang murah angka UMR di yogjakarta juga pastinya rendah. Selain Yogjakarta ada juga beberapa kota dan kabupaten lainnya yang masuk dalam daftar kabupaten atau kota dengan UMR terendah di indonesia. Bagi teman-teman yang ingin tahu daerah mana saja dengan UMR terendah di indonesia, bisa teman-teman simak berikut ini daftar kabupaten atau kota dengan UMR terendah tahun 2023.

10 Kabupaten/Kota Dengan UMR Terendah Tahun 2023, Ada Daerahmu?

1. Kabupaten Banjarnegara

Kabupaten Banjarnegara menjadi kabupaten dengan UMR terendah di tahun 2023. Untuk letak kabupaten banjarnegara sendiri berada di pulau jawa tepatnya di provinsi jawa tengah. Total Luas Wilayah dari kabupaten banjarnegara ialah 1.070 km² serta jumlah populasi sebanyak 980 ribu jiwa lebih. Nilai UMR kabupaten banjarnegara yaitu Rp. 1.958.169.

2. Kabupaten Wonogiri

Masih di letak yang sama dan provinsi yang sama, yaitu pulau jawa dan provinsi jawa tengah. Kabupaten Wonogiri menjadi kabupaten atau kota berikutnya yang masuk dalam daftar daerah dengan UMR terendah di indonesia saat ini. Luas wilayah dari kabupaten wonogiri lebih besar jika dibandingkan dengan kabupaten banjarnegara yaitu sekitar 1.904 km². Nilai UMR dari kabupaten Wonogiri yaitu sekitar Rp. 1.968.448.

3. Kabupaten Sragen

Kabupaten Sragen menjadi kabupaten ketiga dengan UMR terendah di tahun 2023. Kabupaten ini terletak di Solor Raya, Provinsi Jawa Tengah. Untuk Luas wilayah dari kabupaten sragen sendiri lebih kecil jika dibandingkan dengan kabupaten banjarnegara dan hampir dua kali lipat dari kabupaten wonogiri, luas kabupaten sragen yaitu sekitar 994,6 km². UMR dari kabupaten sragen sendiri yaitu Rp. 1.969.569.

4. Kota Banjar

Kota Banjar menjadi satu-satunya kota di indonesia yang masuk dalam daftar kabupaten atau kota dengan UMR terendah di indonesia tahun 2023. Untuk letak kota banjar sendiri berada di provinsi jawa barat. Meskipun Kota Banjar memiliki UMR yang rendah namun kota tersebut sangat rapi dan nyaman untuk ditinggali. Awalnya kota banjar masuk dalam daerah kabupaten ciamis namun memilih untuk memisahkan diri dengan alasan tertentu. Bagi teman-teman yang ingin mengetahui berapa UMR kota banjar, UMR kota banjar sendiri yaitu Rp. 1.998.119.

5. Kabupaten Rembang

Setelah sebelumnya dipisahkan oleh kota banjar yang terletak di jawa barat, berikutnya kembali lagi ke daerah jawa tengah yaitu Kabupaten Rembang. Kabupaten Rembang menjadi kabupaten atau kota berikutnya yang masuk dalam daftar daerah dengan UMR terendah di indonesia. UMR dari kabupaten rembang yaitu sekitar Rp. 2.015.927.

6. Kabupaten Pangandaran

Apa yang pertama kali terlintas ketika mendengar kata pangandaran ? mimin tebak pastinya teman-teman akan memikirkan pantai dan wisata lainnya saat mendengar nama tersebut. Namun tahukahn teman-teman, kabupaten pangandaran masuk dalam daftar kabupaten atau kota dengan UMR terendah di tahun 2023. Maka dari itu banyak penduduk pengandaran yang memilih untuk pergi ke kota besar yang memiliki nilai UMR lebih tinggi, namun ada juga beberapa orang memilih untuk tinggal dan hidup diu kabupaten pangandaran. UMR kabupaten pangandaran yaitu Rp. 2.018.389.

7. Kabupaten Kuningan

Kabupaten Kuningan menjadi daerah jawa barat berikutnya yang masuk dalam daftar daerah dengan umr terendah di indonesia tahun 2023. Luas wilayah dari kabupaten ini yaitu 1.194 km² dan berbatasan langsung dengan cirebon. Sementara itu untuk UMR kabupaten kuningan sendiri yaitu sekitar Rp. 2.018.836.

8. Kabupaten Brebes

Kabupaten Brebes berada du urutan kedelapan sebagai kabupaten atau kota dengan UMR terendah di indonesia. Untuk letak dari kabupaten brebes sendiri berada di provinsi jawa tengah. Jumlah penduduk di kabupaten ini terbilang cukup banyak dibandingkan dengan kabupaten banjarnegara, wonogiri, sragen, dan rembang. UMR kabupaten Brebes yaitu sekitar Rp. 2.018.836.

9. Kabupaten Ciamis

Setelah Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, dan Kabupaten Kuningan, daerah lainnya di jawa barat yang masuk dalam daftar kabupaten atau kota dengan UMR terendah di indonesia tahun 2023 yaitu kabupaten ciamis. Luas wilayah dari kabupaten ciamis sendiri yaitu sekitar 1.598 km² dengan jumlah populasi sebanyak 1,3 juta jiwa. Untuk teman-teman yang penasaran dengan UMR kabupaten ciamis, UMR kabupaten ciamis yaitu Rp. 2.021.657.

10. Kabupaten Tumanggung

Kabupaten Tumanggung menjadi daerah berikutnya yang masuk dalam daftar kabupaten/kota dengan umr terendah di indonesia tahun 2023. Letak dari kabupaten tumanggung berada di provinsi jawa tengah dengan luas wilayah sekitar 870,6 km². Untuk UMR dari kabupaten tumanggung sendiri yaitu Rp. 2.027.569.

Komentar