Deretan Tempat Wisata Terbaru dan Paling Hits di Buru Selatan Yang Wajib Dikunjungi

Deretan Tempat Wisata Terbaru dan Paling Hits di Buru Selatan Yang Wajib Dikunjungi

Bangnanda.com - Buru Selatan adalah salah satu kabupaten di indonesia yang terletak di provinsi maluku tepatnya di pulau buru. Pulau buru sendiri merupakan salah satu pulau besar yang ads di kepulauan maluku dengan luas sekitar 8.473,2 km². Sementara itu untuk luas dari kabupaten buru selatan sendiri yakni 3.781 km². Kabupaten Buru Selatan sendiri merupakan pemekaran dari kabupaten buru, kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2008. Meskipun kabupaten ini memiliki wilayah yang cukup luas, namun jumlah penduduknya masih sedikit. Pada tahun 2020 lalu jumlah penduduk kabupaten buru selatan yaitu 76.900 jiwa dengan kepadatan 20,34 jiwa/km².

Sama seperti dengan kabupetan buru, kabupaten buru selatan juga memiliki pesona alam yang tidak kalah indah dan menarik untuk dikunjungi. Bahkan beberapa tempat wisata di buru selatan tidak kalah indah dengan tempat-tempat wisata lainnya. Pesona dan daya tarik wisata yang ditawarkan kabupaten buru selatan memdatangkan banyak sekali wisatawan setiap harinnya.

Sobat bisa memasukan buru selatan kedalam list tempat yang ingin sobat tuju karena siapapun yang datang ke kabupaten ini, akan merasa betah dengan suasana alamnya dan keramahan penduduknya. Saat liburan di buru selatan ada beberapa tempat yang wajib sobat kunjungi, berikut ini deretan tempat wisata terbaru dan paling hits di buru selatan yang wajib dikunjungi.

Deretan Tempat Wisata Terbaru dan Paling Hits di Buru Selatan Yang Wajib Dikunjungi

1. Pantai Wamsoba

Liburan sobat akan kurang rasanya jika sobat melewatkan tempat yang satu ini. Pantai Wamsoba merupakan salah satu pantai terindah di pulau buru. Lokasi dari Pantai Wamsoba sendiri berada di Wali, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan. Saat berkunjung ke pantai ini, sobat akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa yaitu hamparan pasir pantainya yang bersih serta air laut yang jernih berwarna kebiru-biruan. Suasana di sekitar pantai ini juga masih alami dan bersih karena baru beberapa orang saja yang mengetahui keindahan pantai yang satu ini. Jika sobat merasa penat dan jenuh, datang ke tempat ini merupakan pilihan yang tepat.

2. Air Terjun Babunyi

Wisata air yang menarik di buru selatan tidak hanya pantai, sobat bisa mencoba mendatangi beberapa air terjun di buru selatan, salah satu air terjun yang rekomended untuk dikungungi di buru selatan adalah Air Terjun Babunyi yang berlokasi di Leksula, Namrole, Kecamatan Leksula, Kabupaten Buru Selatan. Untuk bisa mencapai air terjun ini membutuhkan sedikit perjuangan karena lokasinya yang jauh dengan perumahan warga, meskipun akan melelahkan namun ketika sampai rasa lelah tersebut akan terbayarkan dengan keindahan alam yang disajikan. Suasana di air terjun ini sangat asri karena banyak sekali pepohonan berukuran besar yang sudah menyatu dengan batu.

3. Pulau Tomoho

Perlu sobat ketahui bahwa pulau tomoho masuk kedalam jajaran pulau indah yang ada di negara Indonesia. Pulau yang satu ini terletak di Kecamatan Kepala Madan, Kabupaten Buru Selatan. Sobat akan disuguhkan dengan panorama alam yang menakjubkan ketika berlibur di pulau ini. Selain itu sobat bisa melakukan banyak aktifitas seru ketika berada di pulau tomoho salah satunya adalah memotret berbagai pemandangan. Untuk bisa sampai ke pulau ini sobat bisa menggunakan sebuah perahu kecil atau speedboat.

4. Air Babunyi

Tempat wisata berikutnya yang wajib sobat kunjungi ialah Air Babunyi. Air Babunyi terletak di Leksula, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan. Selain disebut air babunyi, warga sekitar juga menyebut tempat ini dengan sebutan wae gogon. Air Babunyi merupakan salah satu tempat wisata menarik di buru selatan. Untuk bisa sampai ke tempat ini, sobat harus menggunakan speed boat yang telah disediakan oleh pihak pengelola, sobat hanya perlu membayar biaya sewa yang cukup terjangkau.

5. Pantai Masnana

Selain Pantai Wamsoba, ketika berlibur di buru selatan sobat juga harus berkunjung ke Pantai Masnana. Untuk lokasinya sendiri, Pantai Masnana terletak di Labuang, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan. Sobat bisa mengajak teman, keluarga, ataupun pasangan ketika berlibur ke pantai yang satu ini. Banyak aktifitas seru dan menarik yang bisa sobat lakukan selama berada di pantai ini, diantaranya yaitu bermain pasir, menelusuri gari pantai, berjemur, melakukan diving, melakukan snorkling, berenang, dan menjelajahi kuliner yang ada di sekitar pantai.

Komentar