Simak Tempat Wisata di Brebes Jawa Tengah Yang Lagi Hits dan Indah

Simak Tempat Wisata di Brebes Jawa Tengah Yang Lagi Hits dan Indah

Bangnanda.com - Kabupaten Brebes atau Brebes dikenal sebagai salah satu daerah penghasil bawang merah terbesar di indonesia. Selain itu brebes juga terkenal dengan julukannya yaitu kota telur asin. Kabupaten yang terletak di provinsi jawa tengah ini memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 1.769,62 km² serta jumlah penduduk sebanyak 1.978.759 jiwa. Dengan luas dan jumlah penduduknya tersebut kabupaten brebes menjadi kabupaten paling luas di jawa tengah nomor dua dan menjadi kabupaten dengan jumlah penduduk paling banyak di jawa tengah. Kabupaten brebes juga berbatasan langsung dengan laut jawa tepatnya di sebelah utara.

Selain terkenal sebagai salah satu daerah penghasil bawang merah terbesar di indonesia, brebes juga terkenal dengan pariwisata alamnya yang menawan dan indah yang sangat sayang apabola dilewatkan. Rasa jenuh dan penat akan hilang seketika saat sobat berkunjung ke brebes untuk berlibur dan menghabiskan waktu selama beberapa hari. Dari sekian banyak tempat wisata yang ada di brebes hanya ada beberapa saja yang menjadi rekomendasi utama dan wajib untuk sobat kunjungi bersama keluarga. berikut ini merupakan tempat wisata di brebes jawa tengaj yang lagi hits dan indah.

Simak Tempat Wisata di Brebes Jawa Tengah Yang Lagi Hits dan Indah

1. Candi Pangkuan

Selain menjadi salah satu tempat wisata hits dan indah, candi pangkuan juga menjadi tempat wisata yang cukup unik. Candi yang sudah berusia selama ratusan tahun ini memiliki bentuk lonjong dan panjang sekitar 10 meter dan luas 4 hektar. Tak hanya melihat candi saja, di tempat ini teman-teman juga bisa melihat gerombolan kera yang turun dari pohon dan mencari makan, sobat tidak perlu khawatir karena kera-kera tersebut sudah jinak. Fasilitas yang tersedia di candi pangkuan sendiri diantaranya yaitu area parkir, mushola, toilet, serta warung makan. Untuk lokasinya sendiri, candi pangkuan berada di Karanggandul, Cilibur, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes.

2. Air Terjun Ranto Canyon

Air Terjun Ranto Canyon merupakan salah satu wisata tersembunyi di brebes yang wajib untuk dikunjungi. Lokasinya sendiri berada di Gunungtajem, Winduasri, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Beberapa orang yang pernah tempat ini mengatakan bahwa wisata yang satu ini menyerupai Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. Tak heran jika wisata yang satu ini menjadi salah satu tempat wisata yang cukup hits di brebes.

Tempat ini sangat cocok dikunjungi bagi sobat yang suka kegiatan fotografi dan penjelajahan karena di tempat ini ada banyak sekali spot foto menarik dan juga keren yang sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja. Selain berfoto di tempat ini sobat juga bisa melakukan aktifitas seru lainnya seperti river treking, snorkenling, body rafting dan cliff diving.

3. Waduk Malahayu Brebes

Tempat wisata hits dan indah berikutnya di brebes ialah Waduk Malahayu Brebes yang terletak di Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes. Waduk Malahayu sendiri merupakan salah satu wisata buatan. Saat berkunjung ke waduk ini sobat akan disambut dengan pemandangan sekitar yang menakjubkan berupa perbukitan dan pepohonan yang membuat udara di waduk ini terasa sejuk. Perlu sobat ketahui bahwa Waduk Malahayu sendiri merupakan salah satu waduk terbesar yang ada di brebes. Waduk ini seringkali digunakan untuk tempat perkemahan oleh orang-orang sekitar. Untuk fasilitas yang tersedia di tempat ini juga terbilang cukup lengkap sehingga sobat tidak perlu khawatir lagi.

4. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan menjadi tempat wisata berikutnya yang wajib sobat kunjungi saat liburan di brebes. Tempat wisata yang satu ini terletak di Wanoja, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Meskipun terbolong tempat wisata baru, namun keeksotisan dan kepopuleran tempat ini cukup dikenal oleh banyak orang karena menyajikan pemandangan yang cukup indah yaitu hamparan perbukitan hijau yang juga seringkali dijadikan latar belakang foto oleh banyak orang. Tak hanya itu saja, di tempat ini sobat juga bisa menikmati pemandangan indah sunrise dan sunset melalui gardu pandang yang terdapat di bukit ini bersama keluarga maupun pasangan.

5. Agrowisata Kebun Teh Kaligua
Agrowisata Kebun Teh Kaligua

Melihat hamparan kebun teh yang tersusun secara rapi dari dekat merupakan hal yang menyenangkan dan bisa membuat kepenatan dan stress yang sobat alami hilang. Beberapa tempat di indonesia memiliki wisata kebun teh salah satunya yaitu dibrebes yang dinamai Agrowisata Kebun Teh Kaligua. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Kaligua, Kaliguwa, Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Sobat tidak perlu khawatir jika sobat enggan untuk pulang karena di tempat ini juga terdapat penginapan. Penginapan tersebut juga sudah dilengkap dengan berbagai fasilitas seperti kafe, ruang pertemuan, area outbond, mushola, dan juga lapangan olahraga.

Komentar