6 Tempat Wisata di Boyolali Yang Lagi Hits dan Wajib Untuk Dikunjungi

6 Tempat Wisata di Boyolali Yang Lagi Hits dan Wajib Untuk Dikunjungi

Bangnanda.com - Boyolali merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi jawa tengah sekitar 25 km sebelah barat kota surakarta. Kabupaten boyolali berbatasan dengan kabupaten Kabupaten Sragen, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Surakarta di timur, Kabupaten Semarang dan Kabupaten Grobogan di utara, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang di barat, dan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sleman di sebelah selatan. Luas wilayah dari kabupaten boyolali sendiri yaitu sekitar 1.015 km² dan sebagian wilayah dari kabupaten ini sendiri terdiri dari dataran tinggi dan tidak memiliki wilayah peraiaran (laut).

Sama halnya dengan daerah-daerah lainnya yang ada di jawa tengah, boyolali juga terkenal dengan wisata dataran tingginya. Meskipun tidak memiliki wilayah peraiaran atau laut, namun kabupaten ini cukup menarik untuk dikunjungi karena terdapat banyak wisata yang menarik terutama argowisatanya. Ada banyak sekali argowisata yang bisa sobat temukan saat berlibur di jawa tengah terutama di boyolali. Argowisata merupakan tempat liburan yang cocok untuk keluarga, selain melihat pemandangan alam yang indah saat berkunjung ke argowisata sobat juga bisa belajar tentang tumbuhan dan tanaman.

Perlu sobat ketahui, selain terdapat banyak argowisata, di boyolali juga ada sederet tempat menarik lainnya yang wajib dikunjungi lho. Nah tanpa basa-basi lagi ini dia deretan tempat wisata di boyolali yang lagi hits dan wajib untuk dikunjungi.

6 Tempat Wisata di Boyolali Yang Lagi Hits dan Wajib Untuk Dikunjungi

1. Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu menjadi tempat wisata yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi terutama bagi sobat yang suka kegiatan fotografi. Tempat wisata yang satu ini terkenal dengan pesona dan keindahan alamnya yang sangat cantik yang dapat membuat pengunjungnya enggan untuk pulang. Lembah Gunung Madu juga menjadi salah satu tempat yang cukup bersejarah bagi masyarakat indonesia karena dulunya tempat ini digunakan sebagai tempat persembunyian masyarakat indonesia dari jajahan jepang. Lokasi dari Lembah Gunung Madu sendiri berada di Jalan Raya Simo-Klego KM. 5, Gunung Madu, Tanjung, Klego, Kedunglengkong, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali.

2. Taman Air Tlatar

Objek wisata berikutnya yang wajib sobat kunjungi saat berlibur di boyolali adalah Taman Air Tlatar. Taman Air Tlatar menjadi tempat yang paling rekomended untuk dikunjungi bersama keluarga karena suasananya yang tenang dan nyman serta adanya wahana-wahana permainan tertentu. Fasilitas yang tersedia di tempat ini juga terbilang cukup lengkap, ada rumah makan lesehan, pemancingan, kios cinderamata hingga klam renang anak dan dewasa. Untuk lokasinya sendiri, taman air tlatar berada di Desa Kebonbimo, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali.

3. Bukit Gancik

Bukit Gancik menjadi destinasi wisata selanjutnya yang lagi hits dan populer di boyolali dan wajib untuk sobat kunjungi. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Dukuh Selo Nduwur, Desa Selo, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Di tempat ini sobat akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang hijau dan menyegarkan, serta kabut-kabut tipis yang menambahkan keindahan dan keeksotisan tempat ini. Sobat bisa mengajak pasangan atau keluarga saat akan berkunjung ke tempat ini karena suasananya yang begitu romantis. Saat berkunjung ke tempat ini tidak lupa untuk berfoto di menara gardu pandang yang memiliki latar belakang pegunungan dan perbukitan.

4. Waduk Cengklik
6 Tempat Wisata di Boyolali Yang Lagi Hits dan Wajib Untuk Dikunjungi

Waduk yang sudah dibangun sejak tahun 1926-1928 oleh Pemerintahan Kolonial Belanda dan Keraton Mangkunegara ini menjadi salah satu tempat wisata yang lagi hits di boyolali setiap tahunnya. Hamparan airnya yang terbentang luas serta dikelilingi oleh pepohonan hijau menjadikanya tempat ini nyaman dan cocok untuk menghilangkan kepenatan. Selain itu danau ini juga memiliki latar belakang pegunungan dan perbukitan yang menjadikanya tambah indah dan cocok untuk dijadikan sebagai spot foto. Banyak anak-anak mudah berkunjung ke waduk ini untuk berfoto dan menikmati keindahan dari waduk yang satu ini. Lokasi dari waduk cengklik berada di Area Waduk, Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

5. Alun-Alun Boyolali

Hampir setiap daerah di indonesia baik itu kota maupun kabupaten memiliki alun-alun, alun-alun sendiri sering kali disebut sebagai taman kota. Luas alun-alun di setiap daerah pastinya berbeda-beda, ada yang sangat luas dan ada juga yang terbilang sempit. Jika berkunjung ke suatu daerah tak akan lengkap rasanya jika sobat tidak berkunjung ke alun-alunnya dan mengadikan beberapa momen di sana dengan berfoto, hal tersebut juga berlaku jika sobat berada di boyolali, sobat bisa berkunjung ke alun-alun boyolali yang berlokasi di Wonosari, Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali.

Disini sobat akan menemukan banyak sekali spot foto keren, mulai dari Pendopo Gede, patung sapi Lembu Sura, tulisan besar Alun-Alun Kidul, kantor bupati yang dibuat mirip istana merdeka, dan gedung DPRD yang dibangun menyerupai gedung DPR/MPR di Jakarta. Selain itu alun-alun boyolali juga menyediakan fasilitas lainnya yaitu wahana permainan anak-anak.

6. Pemandian Kedung Goro

Bagi sobat yang menyukai wisata air, sobat bisa coba untuk berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Pemandian Kedung Goro berlokasi di Jalan Raya Wonosegoro, Bolo, Wonosegoro, Dusun II, Kauman, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali.  Jika sobat berada di pusat kota boyolali dan berencana untuk datang ke tempat ini, sobat harus menempuh waktu sekitar satu jam. Lokasinya yang berada di balik hutan serta jauh dari pemukiman menjadikan suasana di tempat ini sangat nyaman dan tenang. Udara dingin segar juga menyelimuti tempat ini karena dikelilingi oleh pepohonan yang lumayan lebat.

Komentar