6 Tempat Wisata di Bondowoso Jawa Timur Terhits dan Terpopuler

6 Tempat Wisata di Bondowoso Jawa Timur Terhits dan Terpopuler

Bangnanda.com - Bondowoso merupakan salah satu kabupaten di pulau jwa yang terletak di provinsi jawa timur. Ibukota dari kabupaten ini yaitu kecamatan bondowoso yang terletak di persimpangan jalur dari Kecamatan Besuki dan Kabupaten Situbondo. Luas wilayah dari kecamatan bondowoso sendiri yaitu sekitar 1.560 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 776.151 jiwa. Wilayah dari bondowoso sendiri terbagi kedalam tiga bagian, yaitu bagian barat dan timur berupa pegununggan dan bagian tengah berupa dataran tinggi bergelombang. Perlu sobat ketahui, bondowoso menjadi satu-satunya kabupaten yang tidak memiliki wilayah pesisir laut di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur.

Bagi sobat yang sudah pernah ke bondowoso pastinya sobat sudah mengetahui betapa indahnya kabupaten yang satu ini. Meskipun tidak memiliki wilayah pesisir laut, kabupaten ini memiliki banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa sobat dan keluarga eksplor. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara selalu saja berdatangan ke kabupaten ini setiap tahunnya karena penasaran dengan keindahan alam yang ada di bondowoso, maka dari itu sobat tidak perlu berpikir dua kali pada saat akan liburan ke kabupaten yang satu ini. Dari sekian banyaknya tempat wisata yang ada di bondowoso, berikut ini tempat wisata terhits dan terpopuler di bondowoso jawa timur yang wajib untuk dikunjungi.

6 Tempat Wisata di Bondowoso Jawa Timur Terhits dan Terpopuler

1. Kawah Ilalang

Tempat wisata terhits pertama yang wajib sobat kunjungi ilah Kawah Ilalang. Kawah Ilalang sendiri merupakan tempat yang cukup luas dan bentuknya menyerupai kawah namun di penuhi oleh tanaman ilalang. Alasan mengapa tempat ini cukup ramai dikunjungi adalah karena tempatnya yang sangat asri sehingga membuat keadaan sekitar menjadi tenang dan nyaman. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi sobat yang sedang mencari ketenangan dan juga gemar akan fotografi. Di tempat ini sobat akan mendapatkan banyak sekali tempat yang indah untuk difotret. Namun tetap harus diperhatikan juga agar tidak merusak alam sekitar. Lokasi dari Kawah Ilalang berada di Curah Macan, Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso.

2. Kawah Gunung Ijen
Wisata Kawah Gunung Ijen

Bagi teman-teman yang suka membaca artikel tentang pariwisata pastinya sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata yang satu ini. Wisata Kawah Gunung Ijen menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan mancanegara berdatangan ke wonosobo. Mereka datang ke kawah ijen adalah untuk bisa melihat keindahan dari blue fire yang sangat jarang di temui dimanapun. Keindahan kawah ijen sendiri bisa sobat saksikan di ketinggian 2.443 meter diatas permukaan laut. Selain itu fakta menarik lainnya mengenai kawah ijen sendiri yaitu menjadi danau kawah terbesar seluruh dunia, yakni dengan luas 5.446 hektar. Letak dari kawah ijen berada di Curah Macan, Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso.

3. Pohon Pelangi

Tempat wisata berikutnya yang wajib sobat kunjungi adalah Pohon Pelangi. Sama halnya seperti kawah ilalang, tempat wisata yang satu ini juga ramai dikunjungi terutama yang hobi dengan fotografi. Lokasi dari pohon pelangi sendiri berada di Sumberwringin, Kecamatan Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso. Pohon pelangi sendiri terbntuk secara alami, yang dimana pada awalnya hanyalah pohon biasa. Pohon pelangi tercipta dari getah-getah pohon yang menetes keluar dan mengenai permukaan pohon sehingga membentuk sebuah lapisan dengan warna yang berbeda-beda yakni merah, biru, ungu, dan jingga.

4. Alun-Alun Bondowoso

Alun-Alun Bondowoso menjadi pusat bermain anak-anak muda yang ada di bondowoso. Alun-alun ini memiliki lapangan yang cukup luas sehingga bisa digunakan untuk aktifitas apapun misalnya olahraga. Tak hanya olahraga saja, sobat juga bisa nongkrong sembari bersantai dan menikmati kuliner setempat. Beberapa aktifitas lainnya yang dapat sobat lakukan selama berada di kawasan alun-alun diantaranya bersepeda dan jongging. Waktu yang paling tepat untuk bisa menikmati keindahan alun-alun ini yaitu pada pagi, sore, dan malam hari, sobat bisa mengajak teman, keluarga, atapun pasangan saat akan berkunjung ke tempat yang satu ini. Lokasi dari Alun-Alun bondowoso berada di Kauman, Kotakulon, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso.

5. Pemandian Tasnan

Terletak di Desa Taman, Pasnan, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso, Pemandian Tasnan menjadi salah satu destinasi wisata keluarga terfavorit. Untuk harga tiket masuknya pun cukup terjangkau dan sobat akan dibuat takjub dengan fasilitas yang lumayan cukup lengkap. Bukan hanya hari libur saja, Pemandian Tasnan selalu ramai akan pengunjung setiap harinya, mereka yang datang pastinya ingin bersantai sembari berendam dan tak lupa juga berfoto di sekitar pemandian yang memiliki pemandangan cukup bagus.

6. Bosamba Rafting

Tempat wisata terhits dan terpopuler yang terakhir di bondowoso adalah Bosamba Rafting. Wisata yang satu ini memang cukup ekstrem dan memicu adrenalin namun sangatlah seru untuk dicoba, bagi sobat yang berminat untuk mengunjungi wisata yang satu ini pastikan untuk mengajak kawan-kawan karena keseruannya akan lebih terasa dan bisa menjadi momen yang tidak terlupakan selama hidup. Letak dari tempat wisata yang satu ini berada di Desa Koanyar, Taman, Kecamatan Taman Krocok, Kabupaten Bondowoso.

Komentar