Inilah 5 Pernikahan Adat Termahal di Indonesia, Mulai Dari Bugis Hingga Batak

Inilah 5 Pernikahan Adat Termahal di Indonesia, Mulai Dari Bugis Hingga Batak

Bangnanda.com - Seperti yang telah kita ketahui bahwa indonesia merupakan salah satu negara terbesar di asia dan dunia. Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau, tercatat ada sekitar 17.508 pulau baik itu yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni. Selain menjadi salah satu negara terbesar di asia, indonesia juga menjadi salah satu negara yang cukup kaya, kekayaan indonesia meliputi kekayaan alam dan kekayaan budaya. Kekayaan alam yang indonesia miliki diantaranya hutan, laut, minyak bumi, gas, batu bara, rempah-rempah, hingga emas. Semua kekayaan alam tersebut dimiliki oleh setiap provinsi di indonesia, mulai dari sumatera hingga papua.

Sama halnya dengan kekayaan alam, kekayaan budaya indonesia juga terdapat di setiap daerahnya dan menjadi ciri khas dari daerah itu sendiri. Setiap daerah di indonesia memiliki suku, budaya, dan adat yang berbeda-beda. Kita sebagai masyarakat indonesia yang baik harus bisa menjaga adat dan budaya tersebut agar tidak ditelan oleh zaman (terlupakan). Tak heran jika saat ini banyak artis-artis di indonesia menggunakan adat tanah kelahirnya dalam melangsungkan pernikahan. Umumnya untuk melakukan pernikahan adat memerlukan biaya yang tidak sedikit karena ada banyak sekali yang harus dipersiapkan. Bagi teman-teman yang ingin mengetahui mengenai pernikahan adat termahal yang ada di indonesia bisa teman-teman simak ulasanya dibawah ini.

Inilah 5 Pernikahan Adat Termahal di Indonesia, Mulai Dari Bugis Hingga Batak

1. Adat Bugis

Perlu teman-teman ketahui, saat ini adat bugis menjadi pernikahan adat termahal di indonesia. Suku Bugis sendiri merupakan kelompok etnis terbesar yang berasal dari tanah Sulawesi Selatan. Salah satu alasan mengapa pernikahan adat bugis jadi yang termahal adalah karena memiliki persiapan dengan proses yang begitu panjang dan melibatkan banyak orang, serta uang panai dan mahar yang harus dikeluarkan juga cukup besar tergantung dari tingkat pendidikan mempelai wanita dan harus dalam bentuk emas. Bagi teman-teman yang belum tahu apa itu uang panai, uang panai merupakan tradisi yang dilakukan sebelum pernikahan berlangsung. Sama halnya seperti mahar, uang panai juga ditentukan dari tingkat pendidikan mempelai wanita.

2. Adat Nias

Pernikahan adat termahal di indonesia berikutnya yaitu adat nias. Suku Nias sendiri merupakan salah satu suku terbesar di daerah sumatera utara. Alasan mengapa adat nias menjadi pernikahan paling mahal adalah karena mahar dalam pernikahan yang terbilang tinggi (mahal). Semakin tinggi tingkat pendidikan mempelai wanita, maka semakin tinggi pula mahar yang harus diberikan. Sebagai contoh mahar ketika proses lamaran berlangsung harus membawa 25 ekor babi. Jika 1 ekor babi dibandrol seharga 1 juta maka uang yang harus dikeluarkan yaitu 25 juta. Jika sanga pria tidak dapat atau sanggup membayar mahar yang dijanjikan maka sang pria harus mengabdi kepada mertua hingga mahar tersebut dianggap lunas.

3. Adat Minangkabau

Alasan mengapa adat minangkabau menjadi pernikahan adat termahal adalah karena panjangnya prosesi pernikahan. deretan proses pernikahan adat minangkabau yang harus dilalui yaitu marasek, maminang, batimbang tando, mahanta siri, babako-babiki, malam bainai, manjapuik marapulai, dan penyambutan dirumah anak daro. Tak hanya itu saja, setelah menikah pun masih ada tradisi usai akad nikah, yaitu memulangkan tenda. Perkiraan biaya yang dikeluarkan hingga tradisi akada nikah yaitu mencapai ratusan juta bahkan bisa saja lebih.

4. Adat Sasak

Bagi teman-teman yang belum tahu suku sasak, suku sasak merupakan suku yang berada di lombok. Yang menjadikan pernikahan adat nias mahal yaitu salah satunya terletak pada maharnya. Mahar yang harus diberikan yaitu tergantung dari tingkat pendidikan dan pekerjaan wanita. Sebagai contoh, jika mempelai wanita tersebut bekerja sebagai pegawai negeri maka kisaran mahar yang harus diberikan antara 10 juta bahkan bisa saja lebih. Tak hanya itu saja, ada tradisi unik dari pernikahan adat sasak yaitu kawin culik. Jika pada saat prosesi kawin culik terjadi keributan maka si pria harus membayar biaya keributan tersebut.

5. Adat Batak

Pernikahan adat termahal yang terakhir yaitu adat batak. Suku batak sendiri merupakan salah satu kelompok etnis terbesar di indonesia yang asalnya dari sumatera utara. Alasan yang menjadikan pernikahan adat batak mahal yaitu sinamot atau mahar. Mahar yang diberikan tergantung dari pendidikan dan pekerjaan mempelai wanita. Selain itu kain ulos juga merupakan hal yang sangat penting dalam pernikahan adat batak. Harga ulos sendiri tergantung ada yang ratusan ribu hingga jutaan.

Komentar