Pendaki Wajib Tahu! Inilah 7 Gunung Tertinggi Yang Ada di Pulau Sulawesi

Pendaki Wajib Tahu! Inilah 7 Gunung Tertinggi Yang Ada di Pulau Sulawesi

Bangnanda.com - Sangat kurang rasanya jika orang yang suka mendaki tidak mengenal nama-nama gunung yang ada di indonesia terutama saat mendapat pertanyaan mengenai gunung tertinggi di indonesia. Indonesia sendiri dikenal sebagai negara kepulauan, setiap pulau di indonesia memiliki ciri khas dan keindahannya masing-masing, sulawesi menjadi satu diantaranya banyaknya pulau di indonesia yang menyimpan sejuta keindahan di dalamnya terutama lautan dan pantainya yang dimana cukup terkenal hingga ke mancanegara.

Meskipun pulau sulawesi terkenal akan keindahan pantai dan lautnya namun di pulau ini juga terdapat sedert gunung yang tinggi dan memiliki panorama indah dan menawan tersebut para pendaki harus bisa menaklukan setiap gunungnya yang dimana memiliki ketinggian berbeda-beda.Selain memiliki ketinggian yang berbeda-beda gunung-gunung yang terdapat di pulau sulawesi juga terkenal memiliki medan yang cukup sulit sehingga pada saat melakukan pendakian harus ekstra hati-hati. Bagi teman-teman yang pensaran dan ingin tahu akan gunung-gunung tertinggi yang ada di pulau sulawesi, bisa teman-teman simak dibawah ini daftar gunung tertinggi yang ada di pulau sulawesi.

Pendaki Wajib Tahu! Inilah 7 Gunung Tertinggi Yang Ada di Pulau Sulawesi

1. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong menjadi gunung tertinggi di pulau sulawesi dengan ketinggian kurang lebih sekitar 3.478 meter diatas permukaan laut. Beberapa orang menyebut gunung latimojong sebagai atapnya sulawesi. Titik tertinggi dari gunung ini bernama Rante Mario. Bila teman-teman naik ke gunung ini sangat disarankan untuk melihat tanaman endemik bernama bunga rododendron karena merupakan tanaman langka yang hanya ada 7 di dunia ini.

Keindahan dan daya tarik dari gunung latimojong sendiri memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi, namun tahukah teman-teman, ada beberapa daya tarik lainnya di gunung latimojong, yaitu Agrowisata Kopi Arabica, Wisata Tirta River Tubbing, serta Wisata Alam Air Terjun yang begitu memikat mata. Letak gunung latimojong berada di tengah-tengah sulawesi selatan tepatnya di kabupaten enrekang.

2. Gunung Simbolong

Terletak di desa batu ke'de, kecamatan masalle, kabupaten enrekang, gunung simbolong atau buntuk simbolong sangat berdekatan dengan gunung latimojong. Gunung tertinggi kedua di pulau sulawesi ini memiliki ketinggian sekitar 3.054 meter diatas permukaan laut. Pemandangan yang disajikan di puncak gunung ini sangat luar biasa indah dan dapat membuatmu enggan untuk pulang. Beberapa pemandangan indah bisa teman-teman saksikan selama berada di gunung ini yaitu pemandangan lautan awan yang indah, serta pemandangan sunset dan sunrise yang memanjakan mata. Gunung simbolong sendiri cukup sering didaki oleh komunitas pecinta alam.

3. Gunung Tolangi

Dengan ketinggian yang lumayan tinggi yaitu 3.016 meter diatas permukaan laut, gunung tolangi menempati posisi ketiga sebagai gunung tertinggi di pulau sulawesi. Letak gunung tolangi berada di Desa Bantimurung, Kecamatan Bone-Bone, Kabupaten Luwu Utara. Gunung Tolangi atau Tolangi Balease dikenal oleh banyak pendaki karena jalur pendakian yang panjang dan beberapa tanjakan yang sulit, tak hanya itu saja gunung ini juga sangat minim air bersih, sehingga bagi teman-teman yang berendana untuk mendaki gunung ini pastikan untuk membawa banyak persediaan air bersih.

4. Gunung Sikolong

Ketinggian dari gunung sikolong sendiri yaitu 2.754 meter diatas permukaan laut. Gunung sikolong sendiri berada di sekitaran pegunungan latimojong atau lebih tepatnya di perbatasan kabupaten luwu dan kabupaten tana toraja. Para pendaki yang naik ke gunung ini, kebanyakan dari mereka merupakan pendaki yang terbilang mahir, bagi pendaki pemula yang baru naik gunung akan terkejut dengan jalur pendakian gunung sikolong yang terbilang cukup ekstrem. Namun disamping jalurnya yang ekstrem terdapat keindahan yang luar biasa di atas puncaknya, sehingga kerja keras teman-teman terbayarkan.

5. Gunung Bawakaraeng
Gunung Bawakaraeng

Gunung Bawakaraeng merupakan gunung tertinggi kelima yang ada di pulau sulawesi, ketinggian dari gunung ini yaitu 2.700 meter diatas permukaan laut. Selain dikenal sebagai salah satu puncak tertinggi di sulawesi, gunung bawakaraeng juga dikenal sebagai titik terdingin di sulawesi selatan. Sama halnya dengan gunung tolangi dan sikolong, gunung bawakareang juga memiliki jalur pendakian yang terjal dan tidak mudah untuk ditaklukan, namun hal tersebutlah yang justru menjadi kesukaan dari pendaki. Di gunung ini teman-teman akan menemukan lembah ramma yang dimana merupakan dataran luas dengan pemandangan bukit hijau. Letak gunung bawakareang berada di kabupaten gowa.

6. Gunung Bulusaraung

Bagi teman-teman yang pemula dan ingin mendaki gunung, gunung yang satu ini menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk didaki. Ketinggian dari gunung bulusaraung sendiri yaitu sekitar 1.535 meter diatas permukaan laut. Meskipun memiliki ketinggian yang cukup rendah akan tetapi keindahan yang disajikan oleh gunung ini sangat luar biasa. Perlu teman-teman ketahui bahwa gunung bulusaraung menjadi salah satu gunung favorit bagi para pendaki di sulawesi.

7. Gunung Bambapuang

Selain gunung bulusaraung, gunung bambapuang juga merupakan salah satu gunung yang ramah bagi pendaki pemula. Ketinggian gunung ini yaitu sekitar 1021 meter diatas permukaan laut, lebih rendah dari gunung bulusaraung. Letak gunung bambapuang berada di desa bambapuang, kabupaten enrekang. Keindahan yang tersaji di puncak gunung bambapuang sama indahnya dengan gunung-gunung tinggi lainnya.

Komentar