Wajib Diketahui! Ini Dia 7 Gunung Tertinggi Yang Ada di Pulau Jawa

Wajib Diketahui! Ini Dia 7 Gunung Tertinggi Yang Ada di Pulau Jawa

Bangnanda.com - Bagi teman-teman yang suka dengan penjelajahan dan petualangan, bisa disimpulkan bahwa teman-teman pastinya sudah pernah mendaki gunung. Beberapa tahun kebelakang ini mendaki gunung menjadi salah satu hobby dan aktifitas yang cukup ramai diperbincangkan. Banyak orang yang tertarik untuk mendaki gunung karena ingin melihat berbagai pemandangan dari atas puncak seperti lautan awan dan pemandangan matahari terbit ataupun terbenam. Meskipun terdengar mengasikan akan tetapi mendaki gunung tidak semudah dan semenyenangkan yang teman-teman pikirkan, banyak hal yang harus di persiapkan dan pertimbangkan saat akan memulai pendakian, terutama untuk pemula.

Bagi teman-teman yang masih awam mengenai pendakian dan sedang memiliki rencana untuk mendaki, hal yang perlu teman-teman perisapkan ialah mental dan juga fisik yang baik. Jika teman-teman melakukan pendakian saat kondisi fisik teman-teman buruk nantinya teman-teman akan menghambat kawan-kawan dan akan memakan waktu lama untuk bisa sampai ke puncak. Diharapkan agar teman-teman memiliki jam tidur yang cukup saat beberapa hari menuju pendakian.

Selain itu teman-teman juga harus memperhatikan ketinggian dari sebuah gunung, agar bisa mengetahui batasan yang teman-teman miliki. Saran kami untuk yang masih awam dalam pendkian cobalah untuk mendaki gunung yang memiliki ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut, jika teman-teman berhasil melewatinya tanpa kesusahan maka teman-teman bisa coba untuk mendaki gunung yang lebih tinggi.

Setiap pulau di indonesia memiliki gunung yang jadi andalan untuk didaki, di pulau jawa sendiri ada sekitar puluhan gunung yang bisa didaki, baik itu gunung berapi ataupun non-berapi. Untuk ketinggian gunung yang ada di pulau jawa sendiri sangat beragam. Mungkin sebagian dari teman-teman ada yang bertanya-tanya tentang gunung tertinggi yang ada di pulau jawa, pertanyaan tersebut memang cukup ramai di tanyakan, maka dari itu untuk mengetahuinya langsung bisa teman-teman simak dibawah ini daftar gunung tertinggi yang ada di pulau jawa.

Wajib Diketahui! Ini Dia 7 Gunung Tertinggi Yang Ada di Pulau Jawa

1. Gunung Semeru
Gunung Semeru

Gunung Semeru menempati posisi pertama sebagai gunung tertinggi di pulau jawa. Letak gunung semeru berada di provinsi jawa timur tepatnya di antara dua kabupaten yaitu kabupaten malang dan kabupaten lumajang. Ketinggian dari gunung ini yaitu 3.676 meter diatas permukaan laut dengan nama puncaknya yaitu puncak mahameru. Nama gunung semeru sendiri sudah tidak asing lagi di telinga pendaki indonesia karena banyak pendaki dari luar pulau jawa yang rela datang ke sini untuk menikmati pemandangan indah dari puncak mahameru. Perlu teman-teman ketahui juga bahwa gunung semeru merupakan gunung berapi yang masih aktif dan juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di indonesia setelah gunung kerinci dan rinjani.

2. Gunung Slamet
Gunung Slamet

Gunung tertinggi berikutnya adalah gunung slamet. gunung ini memiliki ketinggian kurang lebih 3.432 meter diatas permukaan laut dan merupakan gunung berapi kerucut tipe A. Letak gunung slamet berada di jawa tengah tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Brebes. Gunung Slamet dikenal sebagai gunung dengan suhu rata-rata paling dingin di pulau Jawa. Sama halnya gunung semeru, gunung slamet juga cukup populer di kalangan para pendaki. Pastikan bawa air yang cukup dan pandai menghemat air pada saat akan mendaki gunung ini karena selama pendakian sangat jarang ditemukan air.

3. Gunung Sumbing
Gunung Sumbing

Menurut sumber yang terpercaya, gunung sumbing merupakan salah satu gunung berapi tertinggi di pulau jawa. Ketinggian dari gunung sumbing yaitu 3.371 meter diatas permukaan laut. Letak gunung sumbing sendiri berada di tiga wilayah kabupaten yaitu kabupaten temanggung, kabupaten magelang, dan kabupaten wonosobo, provinsi jawa tengah. Gunung sumbing juga berdekatan dengan gunung sindoro, bahkan beberapa orang menyebutnya gunung kembar seperti gunung merapi dan gunung merbabu.

4. Gunung Arjuno
Gunung Arjuno

Gunung Arjuno atau Arjuna merupakan salah satu gunung yang terletak di provinsi jawa timur di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Nama gunung arjuno diambil dari salah satu tokoh perwayangan mahabrata yaitu arjuna. Gunung arjuno merupakan salah satu gunung berapi bertipe Stratovolcano dan berada dibawah pengelolaan tahunan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Ketinggian dari gunung arjuno sendiri yaitu 3.339 meter diatas permukaan laut menjadikanya sebagai gunung tertinggi kedua di jawa timur dan gunung tertinggi keempat di pulau jawa.

5. Gunung Raung
Gunung Raung

Sama halnya seperti gunung-gunung sebelumnya, gunung raung juga termasuk gunung berapi kerucut berjenis Stratovolcano. Gunung ini berada di provinsi jawa timur yang dimana letaknya berada di ujung timur pulau jawa diantara tiga kabupaten yaitu jember, bondowoso, dan banyuwangi. Ketinggian dari gunung raung sendiri yaitu 3.332 meter diatas permukaan laut. Selain itu ciri khas dari gunung ini yaitu memiliki sebuah kaldera.

6. Gunung Lawu
Gunung Lawu

Pastinya teman-teman sudah tidak asing lagi dengan gunung yang satu ini karena selain memiliki keindahan yang memukau gunung lawu juga terkenal akan cerita mistisnya yang cukup seram. Gunung lawu merupakan salah satu gunung berapi istirahat. Terakhir kali gunung ini menunjukan aktifitas vulkaniknya yaitu pada tahun 1855 sebelum indonesia merdeka. Letak gunung lawu sendiri berada di perbatasan jateng dan jatim. Gunung lawu sendiri memiliki tiga puncak, jadi saat akan melakukan pendakian teman-teman harus menentukan puncak mana yang akan dituju, selain itu selama diperjalanan menuju puncak teman-teman akan melihat berbagai pemandangan indah dan sejumlah tempat wisata.

7. Gunung Welirang
Gunung Welirang

Diposisi terakhir ada gunung welirang sebagai gunung tertinggi yang ada di pulau jawa. Gunung welirang sendiri termasuk dalam gunung berapi aktif. dengan ketinggian kurang lebih sekitar 3.156 meter diatas permukaan laut. Letak gunung welirang berada di perbatasan antara malang dan mojokerto. Welirang atau walirang diambil dari bahasa jawa yang memiliki arti belerang. Sama hanlnya gunung arjuno gunung welirang juga berada dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Komentar