7 Gunung Tertinggi di Jawa Timur Yang Wajib Kamu Ketahui

7 Gunung Tertinggi di Jawa Timur Yang Wajib Kamu Ketahui

Bangnanda.com - Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan alam yang cukup melimpah. Tentunya hal tersebut menjadi kebangaan tersendiri untuk kita sebagai masyarakat indonesia. Nama indonesia sendiri sudah cukup mendunia, karena selain memiliki kakayaan yang melimpah indonesia juga dikenal karena pariwisatanya yang mendunia. Sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, indonesia memiliki 17 ribu pulau, mulai dari pulau kecil hingga pulau besar. Pulau-pulau tersebut juga da yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni. Beberapa pulau yang tidak berpenghuni dijadikan sebagai objek wisata indah bahkan terkenal hingga ke penjuru dunia.

Pulau jawa menjadi salah satu pulau yang jumlah penduduknya banyak di indonesia, bahkan beberapa penduduk yang bukan dari pulau jawa berdatangan ke pulau jawa karena berbagai alasan, contohnya pekerjaan. Selain terkenal dengan kepadatanya, pulau jawa juga terkenal dengan gunung-gunungnya yang memukau dan indah, terutama di wilayah jawa timur dan jawa tengah. Untuk sekarang ini mimin akan membahas gunung-gunung tertinggi yang ada di jawa timur dahulu, bisa sobat simak dibawah ini merupakan urutan gunung tertinggi yang ada di jawa timur.

7 Gunung Tertinggi di Jawa Timur Yang Wajib Kamu Ketahui

1. Gunung Semeru
7 Gunung Tertinggi di Jawa Timur Yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi teman-teman yang hobi mendaki gunung pastinya sudah tidak asing lagi ketika mendengar gunung yang satu ini. Ya gunung yang dijuluki sebagai atapnya pulau jawa ini memiliki ketinggian 3676 meter diatas permukaan laut dan menjadikanya sebagai gunung tertinggi di jawa timur dan pulau jawa serta masuk dalam daftar gunung tertinggi di indonesia. Gunung semeru merupakan sebuah gunung berapi kerucut yang terbentuk akibat subduksi Lempeng Indo-Australia kebawah Lempeng Eurasia. Gunung semeru juga masuk dalam daftar gunung berapi tertinggi di posisi ketiga setelah gunung kerinci dan gunung rinjani. Letak gunung semeru berada diantara dua kabupaten yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang

2. Gunung Arjuna
7 Gunung Tertinggi di Jawa Timur Yang Wajib Kamu Ketahui

Gunung tertinggi berikutnya yang ada di jawa timur adalah gunung arjuna atau biasa juga disebut dengan sebutan gunung arjuno. Sama halnya seperti gunung semeru, gunung arjuna juga merupakan sebuah gunung berapi kerucut, gunung ini memiliki ketinggian 3339 meter diatas permukaan laut. Gunung arjuna terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten pasuruan, dan Kabupaten malang. Gunung arjuna juga menjadi salah satu gunung favorit para pendaki, meskipun membutuhkan waktu yang lumayan lama dan rasa lelah untuk bisa mencapai puncaknya, namun hal tersebut bukan sebuah alasan gunung ini sepi pendaki.

3. Gunung Raung
7 Gunung Tertinggi di Jawa Timur Yang Wajib Kamu Ketahui

Gunung raung menjadi gunung tertinggi ketiga yang ada di jawa timur. Letak gunung raung sendiri berada di ujung timur pulau jawa. Ketinggian gunung raung sendiri yaitu kurang lebih sekitar 3332 meter diatas permukaan laut. Gunung raung sendiri terkenal dengan kaldera keringnya yang besar bahkan menempati posisi pertama sebagai gunung dengan kaldera terbesar di pulau jawa dan menempati posisi kedua di indonesia setelah gunung tambora. Bagi teman-teman yang sedang memiliki rencana untuk mendaki gunung yang satu ini, teman-teman harus menentukan puncak mana yang akan dikunjungi karena gunung ini memiliki 4 titik puncak, yaitu Puncak Bendera, Puncak 17/Puncak Bendera, Puncak Tusuk Gigi, dan Puncak Sejati.

4. Gunung Lawu
7 Gunung Tertinggi di Jawa Timur Yang Wajib Kamu Ketahui

Saat mendengar nama gunung yang satu ini, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah cerita seram dan hal-hal mistis lainnya. Memang banyak sekali cerita menyeramkan mengenai gunung yang satu ini, namun hal tersebut tidak membuat nyali pendaki menciut, bahkan setiap hari-hari libur gunung ini selalu ramai dikunjungi oleh pendaki dari luar daerah bahkan dari luar pulau jawa. Gunung lawu memiliki ketinggian 3265 meter diatas permukaan laut dan terletak diantara tiga kabupaten yaitu Karanganyar, Ngawi, dan Magetan. Perlu teman-teman ketahui bahwa gunung lawu merupakan gunung berapi aktif namun statusnya istirahat.

5. Gunung Welirang
7 Gunung Tertinggi di Jawa Timur Yang Wajib Kamu Ketahui

Ketinggian dari gunung welirang sendiri yaitu sekitar 3156 meter diatas permukaan laut dan menempati posisi kelima sebagai gunung tertinggi di jawa timur. Gunung welirang sendiri bersebelahan dengan Gunung Arjuno, Gunung Kembar I, dan Gunung Kembar II. Jadi pada saat teman-teman mencapai puncak gunung ini, teman-teman akan melihat jelas gunung-gunung tinggi lainnya di sekitaran gunung welirang ini. Untuk letaknya sendiri, gunung welirang berada di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Mojokerto. Perlu teman-teman ketahui bahwa gunung welirang berada dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

6. Gunung Argopuro

Sama halnya dengan gunung lawu- gunung arjuna, dan gunung semeru, nama gunung argopuro juga cukup terkenal di telingga para pendaki bahkan di berbagai media-media sosial juga banyak yang memamerkan keindahan gunung yang satu ini. Gunung argopuro menempati posisi keenam sebagai gunung tertinggi yang ada di jawa timur dengan ketinggian kurang lebih 3088 meter diatas permukaan laut. Pada awalnya gunung argopuro merupakan gunung berapi, namun saat ini statusnya menjadi tidak aktif lagi. Gunung argopuro sendiri terletak diperbatasan kabupaten Probolinggo, Situbondo, dan Bondowoso

7. Gunung Suket
7 Gunung Tertinggi di Jawa Timur Yang Wajib Kamu Ketahui

Gunung tertinggi ketujuh atau yang terakhir di jawa timur adalah gunung suket. Ketinggian dari gunung suket sendiri yaitu sekitar 2950 meter diatas permukaan laut. Gunung suket sendiri terletak berdampingan dengan gunung raung dan masuk dalam kawasan pegunungan ijen.

Komentar