Ingin Membuat Game ? Berikut ini Rekomendasi Game Engine Terbaik Yang Wajib Kamu Gunakan

Ingin Membuat Game ? Berikut ini Rekomendasi Game Engine Terbaik Yang Wajib Kamu Gunakan

Bangnanda.com - Siapa sih di dunia ini yang tidak suka dengan game. Bermain game merupakan salah satu aktifitas mengasikan dan menyenangkan, aktifitas yang bisa membuat orang lupa waktu ini biasanya disukai oleh anak-anak, orang dewasa bermain game hanya untuk melupakan masalahnya sekaligus menghibur diri. Namun perlu teman-teman katahui bahwa bermain game juga bisa menjadi salah satu pekerjaan yang menghasilkan lho, yaitu dengan cara menjadi seorang gamers profesional dan streamer game di saluran-saluran tertentu. Namun tentu saja hal tersebut tidaklah mudah karena harus mempersiapkan segala hal dan juga mengorbankan waktu yang lumayan banyak.

Kembali ke masa kecil dan remaja, pernahkah teman-teman terpikirkan untuk membuat sebuah game ? jika teman-teman pernah berpikir untuk membuat sebuah game maka hal tersebut bukan sebuah hal yang mustahil karena dizaman sekarang ini ada banyak sekali tutorial dan platform untuk membuat sebuah game atau istilah lainnya game engine. Coba teman-teman berpikir, jika bermain game saja sudah bisa menghasilkan banyak uang ? bagaimana dengan seorang pembuat game ? tentu saja seorang pembuat game juga akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Bagi teman-teman yang berkeinginan untuk membuat sebuah game, berikut ini rekomendasi game engine terbaik yang bisa kamu coba.

Berikut ini Rekomendasi Game Engine Terbaik Yang Wajib Kamu Gunakan

1. Unreal Engine
Berikut ini Rekomendasi Game Engine Terbaik Yang Wajib Kamu Gunakan

Sampai saat ini unreal engine menjadi salah satu game engine terbaik dan terpopuler di kalangan para pembuat game. Aplikasi yang satu ini dirilis pada tahun 1998 dan dibuat oleh epic games. Saat ini unreal engine sudah memasuki versi kelimanya atau yang biasa dikenal dengan Unreal Engine 5. FFitur pada Unreal Engine 5 terbilang cukup lengkap untuk seorang game maker, karena dengan aplikasi yang satu ini tercipta game-game terkenal seperti Fortnite, Senua's Saga: Hellblade 2, Project Athia, Black Myth: Wukong, Kingdom Hearts IV, The Witcher 4, dan masih banyak lagi. Jika teman-teman ingin menggunakan aplikasi yang satu ini, maka teman-teman harus paham bahasa pemrograman C++ dan Blueprint.

2. Unity
Berikut ini Rekomendasi Game Engine Terbaik Yang Wajib Kamu Gunakan

Jika ada Unreal Engine, pastinya ada Unity. Aplikasi yang satu ini diluncurkan pada bulan Juni 2005 di Apple Inc dan dikembangkan oleh Unity Technologies. Sama halnya dengan Unreal Engine, Unity juga sering digunakan oleh para pembuat game khususnya game-game ponsel. Dengan aplikasi ini teman-teman bisa membuat game 3D, 2D, VR, AR, simulasi dan game-game lainnya yang teman-teman terpikirkan. Tentunya semakin bagus sebuah game, maka semakin sulit juga untuk membuatnya. Jika teman-teman ingin menggunakan Unity dalam membuat sebuah game, maka teman-teman harus paham bahasa pemrograman C Sharp dan C++. Beberapa game terkenal yang dibuat dengan Unity antara lain Pokemon Go, Temple Run Trilogy, dan Assassin's Creed : Identity.

3. Godot
Berikut ini Rekomendasi Game Engine Terbaik Yang Wajib Kamu Gunakan

Rekomendasi game engine berikutnya yang bisa teman-teman gunakan untuk membuat sebuah game yaitu godot. Berbeda dengan Unreal Engine dan Unity, aplikasi yang satu ini tergolong aplikasi baru karena baru dirilis pada bulan februari tahun 2014. Diindonesia sendiri Godot kurang begitu terkenal karena rata-rata orang indonesia menggunakan Unreal Engine dan Unity dalam membuat sebuah game. Meskipun begitu game maker yang satu ini cukup populer diluar sana dan banyak digunakan oleh pengembang game. Beberapa game yang dibuat dengan godot diantaranya Kivano Games, Bytten Studio, dan 2Dynamic Games.

4. GameMaker Studio 2
Berikut ini Rekomendasi Game Engine Terbaik Yang Wajib Kamu Gunakan

GameMaker Studio menjadi rekomendasi game engine berikutnya yang bisa teman-teman coba. Beberapa game maker menggunakan aplikasi ini untuk membuat game-game yang bertema RPG. Aplikasi yang satu ini bisa teman-teman gunakan di PC, Laptop, ataupun Ponsel. Selain itu dalam segi tampilan, aplikasi yang satu ini juga ramah untuk pemula dan sangat direkomendasikan. Beberapa game yang dibuat dengan gamemaker studio yaitu Katana ZERO, Chicory: A Colorful Tale, dan Toodee and Topdee. 

Komentar